Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal - Sebenarnya daftar isi dibentuk untuk memudahkan pembaca menemukan sub-sub belahan dalam sebuah dokumen baik itu dokumen skripsi, tesis, makalah, proposal, buku bacaan, karangan ataupun dokumen lainnya, sebuah dokumen yang mempunyai banyak halaman sangat penting sekali untuk dibuatkan daftar isi supaya lebih gampang untuk di navigasi.
Isi dari daftar isi intinya ialah judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya biasanya terstruktur, judul menjorok paling kiri, lalu sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.
Di microsoft word versi terbaru baik itu ms word versi 2007, 2013, maupun 2016, bersama-sama sudah disediakan kemudahan otomatis untuk menciptakan daftar isi, dengan kemudahan ini anda dapat menciptakan daftar isi hanya dalam hitungan detik dengan beberapa kali klik saja, sayangnya fitur ini kadang terlewat untuk dipakai dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada akibatnya mereka menentukan cara-cara manual atau cara kurang praktis, contohnya saja memakai tabulasi untuk menampilkan titik-titik, atau ditulis pribadi secara manual.
Nah di kesempatan kali ini aku akan coba share ihwal cara menciptakan daftar isi dengan sangat cepat, hanya dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibentuk dengan struktur yang rapi tentunya.
Persiapan menciptakan daftar isi otomatis ialah sebagai berikut:
1. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter supaya si text pindah ke baris berikutnya, alasannya ialah kalau menekan enter saja, maka akan kuat ke daftar isi yang tidak rapi.
Misal aku ingin menciptakan judul BAB I PENDAHULAN, tapi aku ingin goresan pena BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal menyerupai di bawah ini
BAB I
PENDAHULUAN
Biasanya supaya pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)
2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus memakai Format Heading
Memang pada umumnya judul-judul yang dibentuk biasanya memakai ukuran font besar lalu ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan memakai heading.
Untuk judul belahan memakai format heading 1, dan sub-sub belahan memakai heading 2 kalau sub-sub judul mempunyai sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.
Cara supaya text judul dan sub-sub judul memakai format heading ialah sebagai berikut:
Pilih goresan pena judul yang ingin diformat lalu blok (seleksi), lalu Tekan menu home, lalu klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, menyerupai gambar di bawah ini:
Dengan menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.
Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, kalau sub judul mempunyai sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.
3. Modifikasi format Heading
Heading secara default mempunyai warna text biru muda, supaya warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum heading tersebut dipakai untuk format judul dan sub-sub judul.
Caranya pilih menu home, lalu lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi dulu format heading-heading yang tersedia supaya sesuai dengan yang kita inginkan.
Misal heading 1, aku ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih hidangan modify, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur supaya heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat goresan pena sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.
Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul belahan dan sub-sub judul belahan sudah diformat memakai heading1,2,3....
1. Ingat daftar isi yang dibentuk harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin menciptakan halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut lalu tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.
2. Pilih menu preferensece lalu pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada hidangan yang tersedia.
Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat menyerupai ilustrasi gambar di bawah ini (hanya sekedar contoh):
Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan contohnya Daftar Isi.
Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan goresan pena dan lain sebagainya, maka sesudah selesai dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibentuk sebelumnya, lalu tekan tombol Update Table... yang muncul. ini supaya daftar isi melaksanakan perubahan sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.
Daftar isi yang dibentuk dengan cara ini maka, setiap daftar isi dapat diklik, dan kalau diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.
Itulah artikel tentang Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, proposal, semoga bermanfaat.
Isi dari daftar isi intinya ialah judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya biasanya terstruktur, judul menjorok paling kiri, lalu sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.
![]() |
Daftar isi ms words |
Di microsoft word versi terbaru baik itu ms word versi 2007, 2013, maupun 2016, bersama-sama sudah disediakan kemudahan otomatis untuk menciptakan daftar isi, dengan kemudahan ini anda dapat menciptakan daftar isi hanya dalam hitungan detik dengan beberapa kali klik saja, sayangnya fitur ini kadang terlewat untuk dipakai dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada akibatnya mereka menentukan cara-cara manual atau cara kurang praktis, contohnya saja memakai tabulasi untuk menampilkan titik-titik, atau ditulis pribadi secara manual.
Nah di kesempatan kali ini aku akan coba share ihwal cara menciptakan daftar isi dengan sangat cepat, hanya dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibentuk dengan struktur yang rapi tentunya.
Persiapan Sebelum menciptakan daftar isi otomatis di ms Word
Berikut ialah persiapan untuk menciptakan daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang dapat anda gunakan untuk daftar isi makalah, proposal, skripsi ataupun dokumen lainya.Persiapan menciptakan daftar isi otomatis ialah sebagai berikut:
1. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter supaya si text pindah ke baris berikutnya, alasannya ialah kalau menekan enter saja, maka akan kuat ke daftar isi yang tidak rapi.
Misal aku ingin menciptakan judul BAB I PENDAHULAN, tapi aku ingin goresan pena BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal menyerupai di bawah ini
BAB I
PENDAHULUAN
Biasanya supaya pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)
2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus memakai Format Heading
Memang pada umumnya judul-judul yang dibentuk biasanya memakai ukuran font besar lalu ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan memakai heading.
Untuk judul belahan memakai format heading 1, dan sub-sub belahan memakai heading 2 kalau sub-sub judul mempunyai sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.
Cara supaya text judul dan sub-sub judul memakai format heading ialah sebagai berikut:
Pilih goresan pena judul yang ingin diformat lalu blok (seleksi), lalu Tekan menu home, lalu klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, menyerupai gambar di bawah ini:
Dengan menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.
Silahkan format judul dan sub-sub judul memakai heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, kalau sub judul mempunyai sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.
3. Modifikasi format Heading
Heading secara default mempunyai warna text biru muda, supaya warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum heading tersebut dipakai untuk format judul dan sub-sub judul.
Caranya pilih menu home, lalu lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi dulu format heading-heading yang tersedia supaya sesuai dengan yang kita inginkan.
Misal heading 1, aku ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih hidangan modify, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur supaya heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat goresan pena sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.
Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul belahan dan sub-sub judul belahan sudah diformat memakai heading1,2,3....
Langkah-langkah menciptakan daftar isi Otomatis secara cepat
Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun proposal), judul belahan dan sub-sub judul belahan sudah memakai format heading. langkah selanjutnya ialah menciptakan daftar isi otomatis.1. Ingat daftar isi yang dibentuk harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin menciptakan halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut lalu tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.
2. Pilih menu preferensece lalu pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada hidangan yang tersedia.
Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat menyerupai ilustrasi gambar di bawah ini (hanya sekedar contoh):
Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan contohnya Daftar Isi.
Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan goresan pena dan lain sebagainya, maka sesudah selesai dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibentuk sebelumnya, lalu tekan tombol Update Table... yang muncul. ini supaya daftar isi melaksanakan perubahan sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.
***
Daftar isi yang dibentuk dengan cara ini maka, setiap daftar isi dapat diklik, dan kalau diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.
Itulah artikel tentang Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, proposal, semoga bermanfaat.