5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) | - Gasskeun 5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) | | Gasskeun

5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) |


Fakta seputar Perang Badar akan saya jelaskan pada artikel kali ini. Sebagaimana yang kita ketahui, Perang Badar merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah berdirinya Islam. Perang ini terjadi pada 13 Maret 624 Masehi antara Umat Muslim dan juga Kaum Quraisy. Menghabiskan waktu 2 jam di medan pertempuran alhasil peperangan ini dimenangkan oleh umat muslim walaupun mempunyai pasukan yang jauh lebih sedikit. Perang ini juga menyajikan beberapa fakta unik diantaranya sebagai berikut :
 akan saya jelaskan pada artikel kali ini 5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) |
fakta perang badar
Fakta Seputar Perang Badar

1. Terjadi di Bulan Ramadhan
Perang Badar terjadi pada bulan Ramadhan, tepatnya tanggal 17 Ramadhan atau 13 Maret 624 M. Kala itu Nabi Muhammad SAW telah berhijrah ke Madinah dua tahun yang lalu

2. Lokasi Perang Badar
Lokasi daerah terjadinya peperangan Badar ini sekitar 70 mil dari Madinah dan sekitar 100 mil jikalau ditempuh melalui jalan darat. Untuk hingga tiba di lokasi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit memakai mobil. Dahulu tidak ada mobil, tentu sanggup anda bayangkan berapa jam perjalanan untuk sanggup hingga ke sana. Pasukan Rasulullah menjadi pasukan terakhir yang tiba di lokasi.

3. Pasukan Umat Muslim Lebih Sedikit
Dari segi jumlah pasukan, umat muslim kalah jauh dengan pasukan Quraisy. Kaum muslimin hanya berjumlah 313 orang dengan persenjataan seadanya melawan pasukan Quraisy yang mempunyai jumlah pasukan mencapai hampir seribu orang. Sahabat-sahabat Rasulullah menyerupai AbuBakar, Ali, Hamzah, Umar, Mus'ab IBN 'Umair, Ammar ibn Yasir, dan Abu Dzar al-Ghifari Radhiyallahu ‘anhum juga ikut serta dalam peperangan itu kecuali Utsman Radhiyallahu 'ainhu yang diperintahkan oleh Rasulullah supaya menjaga istrinya yang tengah jatuh sakit.

4. Malaikat Membantu Pasukan Muslim Saat Pertempuran
Allah SWT menawarkan sumbangan kepada umat muslim melalui para malaikatnya yang berjumlah 5.000 dalam melaksanakan pertempuran melawan orang Quraisy yang mempunyai persenjataan yang lebih lengkap. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 125 yang artinya :

Ya (cukup), jikalau kita bersabar dan bertakwa dan mereka tiba menyerang Ki ketika itu juga, pasti Allah menolong kau dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.

5. Diceritakan di Dalam Al Qur'an
Pertempuran besar ini diceritakan pada Al-Qur'an dan telah disebutkan tiga kali di dalamnya yakni pada Surah Ali Imran Ayat 123, Surah Ali Imran Ayat 124, dan juga Surah Ali Imran ayat 125 dan 126.

Penutup
Itulah beberapa fakta seputar Perang Badar yang harus kau ketahui sebagai umat muslim, supaya kita sanggup memetik pelajaran dari apa yang sudah terjadi dan dilakukan oleh pemimpin-pemimpin Islam yang terlebih dahulu mendahului kita.
Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar

Sumber https://www.situsislami.net/

Related Posts