5 Fakta Mengenai Masjidil Haram Yang Luar Biasa | - Gasskeun 5 Fakta Mengenai Masjidil Haram Yang Luar Biasa | | Gasskeun

5 Fakta Mengenai Masjidil Haram Yang Luar Biasa |


Masjidil Haram merupakan sebuah masjid yang terletak di sentra kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid yang juga menjadi tujuan umat Islam ketika melakukan ibadah haji ini mempunyai luas mencapai 356.800 m2 (3.841.000 sq ft) dengan daya tampung sebanyak 800 ribu jamaah. Imam besar masjid ini yaitu Abdurrahman As-Sudais. Tak hanya itu saja, masjid megah yang satu ini mempunyai beberapa fakta unik diantaranya sebagai berikut : 
Masjidil Haram merupakan sebuah masjid yang terletak di sentra kota Mekkah 5 Fakta Mengenai Masjidil Haram yang Luar Biasa |
masjidil harom
1. Ada 129 Pintu
Di Masjidil Haram mempunyai total 129 pintu. Dimana untuk memasuki pintu Masjidil Haram anda bisa melewati 4 pintu utama dan 45 pintu biasa yang buka 24 jam sehari. Masing-masing pintu tersebut mempunyai namanya masing masing yang berada di sekeliling masjid tersebut. Ada lampu penunjuk berwarna merah dan hijau, jikalau lampu berwarna merah berarti di dalam daerah sudah penuh. Selain itu, ada pintu masuk khusus kepada para penyandang cacat sehingga tidak harus berdesakan dengan orang lain.

2. Letak Air Zam-zam
Di Masjidil Haram terdapat sumur Zamzam yang terletak 11 meter dari Ka'bah. Sumur tersebut bisa menyedot air hingga sebanyak 11 liter per detik sehingga bisa menghasilkan cairan 660 liter permenitnya. Dari mata air zam-zam tersebut terdapat beberapa cerah ke arah Hajat Aswad dengan panjang 75 cm dan tinggi 30 cm.

3. Agama Bukanlah Komoditas
Di Masjid yang indah nan megah tersebut jemaah haji sanggup memperoleh buku agama tanpa dipungut biaya sepeserpun. Buku tersebut berisi kumpulan-kumpulan doa dengan banyak sekali macam Bahasa. Jika anda menginginkan buku dengan bahasa Indonesia, katakan saja kepada petugas maka mereka akan memberikannya. Lokasi pembagiannya berada di sekitar gate 74.

4. Khutbah dengan Bahasa Isyarat
Melaksanakan Sholat Jumat di Masjidil Haram tentunya merupakan hal yang terbaik dan sulit untuk dilupakan oleh umat muslim. Khutbah di sana sudah barang tentu memakai bahasa Arab. Sudah tentu tidak semua orang memahami bahan khutbah yang disampaikan. Maka dari itu pihak petugas Masjidil Haram menyiapkan sebuah aplikasi yang berfungsi menerjemahkan bahasa arab ke banyak sekali bahasa di dunia. Selain itu ada akomodasi yang disediakan untuk jemaah haji dengan kebutuhan khusus.

5. Tempat Wudhu di Masjidil Haram
Tempat wudhu di Masjidil Haram banyak diketahui oleh para jamaah berada di area luar sehingga mereka harus berdesakan dengan jemaah lain untuk mengambil wudhu di sana. Namun tak banyak yang tau jikalau ada lokasi daerah pengambilan wudhu yang tidak terlalu jauh dari Ka'bah. Tepatnya berada dibalik tangga lebar dari lantai satu yang dipakai untuk turun menuju pelataran Ka'bah.


Bagaimana, sudah tau bukan? Semoga suatu ketika kelak anda mendapat kesempatan berkunjung ke sana guna melakukan Haji yang mabrur. Demikian pembahasan fakta mengenai Masjidil Haram, agar bermanfaat.


Sumber https://www.situsislami.net/

Related Posts