5 Fakta Perihal Masjid Nabawi Yang Harus Anda Ketahui | - Gasskeun 5 Fakta Perihal Masjid Nabawi Yang Harus Anda Ketahui | | Gasskeun

5 Fakta Perihal Masjid Nabawi Yang Harus Anda Ketahui |


Membahas fakta wacana Masjid Nabawi tentu saja menjadi hal yang harus anda ketahui. Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Berlokasi di sentra kota Madinah, masjid yang satu ini didirikan pribadi oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi daerah ibadah paling suci kedua sesudah Masjidil Haram. Selain itu ada beberapa hal mengenai Masjidil Haram yang mungkin belum anda ketahui. Apa saja?
 tentu saja menjadi hal yang harus anda ketahui 5 Fakta Tentang Masjid Nabawi yang Harus Anda Ketahui |
masjid nabawi
Fakta Tentang Masjid Nabawi

1. Tempat Pertama di Jazirah Arab yang Teraliri Listrik
Jika anda beranggapan bahwa kota Mekkah ialah daerah pertama yang mendapat pasokan listrik, maka anggapan itu ialah salah. Nyatanya, kota Madinah yang mendapatkannya pertama kali, tepatnya di Masjid Nabawi pada tahun 1999 dan diperkenalkan oleh Kerajaan Ottoman.

2. Lebih Luas Dari Kota Madinah Masa Lampau
Dahulunya masjid ini hanya mempunyai luas sekitar 50 meter x 50 meter dikala pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan juga semakin banyaknya jumlah jamaah yang datang, membuat Masjid Nabawi terus diperluas sampai sekarang luasnya mencapai 100 ribu meter per segi. Lhas tersebut bahkan lebih besar dan lipat luas berlipat-lipat kali daripada kota Madinah di masa lampau.

3. Mihrab
Jika biasanya masjid mempunyai 1 mihrab saja, berbeda dengan Masjid Nabawi yang justru mempunyai 3 mihrab. Mihrab pertama dipakai imam untuk memimpin sholat. Mihrab lainnya yakni berjulukan Suleymaniye yang dibangun atas perintah dari Sultan Suleymaniye  dan dipakai Imam Hanafi mengimami sholat. Mihrab yang satu lagi sebagai daerah Imam Maliki yang dahulu sering ditempati Rasulullah untuk memimpin shalat berjamaah.

4. Masjid Ini Pernah Terbakar Api
Dahulunya, masjid yang satu ini sempat pernah terbakar sesudah beberapa ratus tahun didirikan. Api tersebut menghancurkan seluruh atap, tiang sampai dinding pembatas makam Rasulullah SAW. Namun sesudah itu masjid ini segera di renovasi oleh pemimpin negara Muslin di dunia ini.

5.  Terdapat Payung Raksasa
Di bab pelataran Masjid yang indah dan mega ini terdapat payung raksasa yang secara otomatis terbuka sebelum adzan subuh dan juga otomatis tertutup dikala menjelang magrib tiba. Payung tersebut pertama kali dipasang pada tahun 2010 sebagai bentuk proyek yang melibatkan arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi, pabrik payung asal Jerman, dan juga perusahaan Jepang Taiyo Kogyo.


Masih banyak fakta-fakta lainnya yang tentunya saja tidak kalah menarik dengan kelima fakta diatas. Semoga suatu dikala kita semua sanggup untuk mengunjungi salah satu masjid terbesar di dunia ini. Itulah beberapa fakta wacana Masjid Nabawi, biar bermanfaat bagi anda.
Baca Juga : 5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) |

Sumber https://www.situsislami.net/

Related Posts