Biografi Matthew Charles Mullenweg — Pendiri Wordpress - Gasskeun Biografi Matthew Charles Mullenweg — Pendiri Wordpress | Gasskeun

Biografi Matthew Charles Mullenweg — Pendiri Wordpress


Matthew Charles Mullenweg atau yang dikenal dengan Matt Mullenweg lahir pada tanggal 11 Januari 1984 di Texas Amerika Serikat. Ia yaitu pendiri perangkat lunak Wordpress. WordPress yaitu sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat terkenal dipakai sebagai mesin blog (blog engine).

Saat menjalankan pendidikan Sekolah Menengan Atas di bidang Seni Visual dan pertunjukan. Ia jago dalam memainkan musik saksofon. Matt Mullenweg ketika berusia 18 tahun beliau mulai berbagi Wordpress, ketika itu Matt gres memulainya dengan akomodasi blog yaitu b2cafelog. Ia memakai blog b2 (bbpress.org) untuk memublikasikan foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Pada tahun 2003 beliau berfikir dan mewujudkan inspirasi kreatifnya berbagi blog b2 sehingga sesuai dengan standar web ketika itu.

Matt bersama Mike Little mulai berbagi coding Wordpress berbasis b2. Mereka berdua bersama Michel Valdrighi mulai aktif berbagi Wordpress sampai ketika ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis.

Matt pernah di Drop Out (DO) dari kampusnya, kemudian pindah ke San Fransisco California dan bekerja di CNET. CNET yaitu perusahaan terakhir kawasan Matt bekerja, pada usia 21 tahun Matt pensiun dari perusahaan, alasannya yaitu Matt ingin fokus dan menghabiskan waktunya untuk berbagi Wordpress.

Di masa SMA, beliau terjun dalam bidang seni. Melanjutkan pendidikannya di bidang ilmu politik. Walaupun demikian, motivasi dan minat yang beliau berikan pada blog membawa dirinya sukses dalam dunia software dan teknologi informasi.

Jiwa entrepreneur dalam berbagi WordPress dan Akismet telah menghantarkan usahanya masuk ke bisnis profesional. Pada tahun 2006 ketika Matt berusia 22 tahun, beliau bisa merekrut mantan CEO Oddpost dan Senior Manager Yahoo!, Tony Schneider sebagai CEO Automattic. Beberapa bulan sehabis Tony Schneider berada di Automattic, Akismet (anak perusahaan) yang gres berusia kurang 2 tahun berhasil meraup USD 1.1 juta pada April 2006.



Matt yaitu orang yang pantang mengalah dan itu menciptakan dirinya sebagai jutawan di usia muda. Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 2007.

Setelah menerima layanan Gravatar pada tahun 2007, beredar informasi bahwa perjuangan yang didirikan Matt, Automattic, ditawari sampai USD 200 juta, alasannya yaitu Wordpress sudah sangat canggih dengan fitur – fitur di dalamnya antara lain berbasis open source, desainnya gampang dimodif, pengoperasiannya gampang namun Matt menolak untuk menjualnya.

Matt pernah berkunjung ke Indonesia yaitu dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam program Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

Itulah Biografi Matthew Charles Mullenweg Pendiri Wordpress yang berhasil memikat jutawan pengguna, dan membuatnya berhasil masuk dalam 30 situs teraktif di dunia.

Related Posts