Hacking Games Memakai Cheat Engine - Gasskeun Hacking Games Memakai Cheat Engine | Gasskeun

Hacking Games Memakai Cheat Engine

Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan, contohnya untuk menuntaskan game dengan mudah, memberi imbas berbeda dalam permainan sampai memberi laba pada pemain tertentu.

Untuk bermain curang, pemain membutuhkan suatu cara yang disebut cheat. Cheat sendiri sanggup dilakukan dengan memakai aktivitas special (game trainer), hardware ataupun cheat yang telah disediakan oleh game itu sendiri.

Untuk melaksanakan cheating, ada 4 metode yang biasa dilakukan, yaitu :

1.       Memodifikasi Memory
Memory merupakan daerah yang sering digunakan oleh game untuk menyimpan warta yang sedang dan akan dibutuhkan pada suatu game. Dengan mengubah warta inilah, cheating sanggup dilakukan.

Untuk melaksanakan modifikasi pada memory, ada banyak aktivitas memory editor yang tersedia, salah satunya yaitu Cheat Engine. Program ini sanggup mencari nilai tertentu pada memory, dimana nilai inilah yang akan diubah sehingga warta pada game pun berubah. Informasi yang diedit pun bermacam-macam tergantung jenis game, contohnya jumlah nyawa, jumlah skor ataupun jumlah emas.

Game trainer merupakan jenis aktivitas cheat yang memodifikasi memory, dimana aktivitas ini telah difokuskan untuk game tertentu saja. Program ini sudah bersifat tinggal pakai alias menu-menu yang terdapat pada aktivitas sudah ditujukan untuk melaksanakan cheat tertentu.

2.       Code Injection
Salah satu cara untuk mengubah cara kerja suatu aktivitas yaitu dengan melaksanakan Code injection. Code injection dilakukan dengan aneka macam cara contohnya dengan memakai perintah CreateRemoteThread ataupun menginjeksikan file DLL ke proses game.

3.       Memodifikasi File
Selain memodifikasi data game di memory atau memodifikasi cara kerja game, memodifikasi file game sanggup dilakukan untuk melaksanakan cheating pada suatu game. File yang sering dijadikan sasaran untuk dimodifikasi yaitu file utama game dan file hasil save-an dari game. Program menyerupai hex editor sanggup digunakan untuk memdifikasi suatu file game.

4.       Memodifikasi Trafik Jaringan
Teknik memodifikasi trafik jaringan ini digunakan pada jenis game online. Umumnya, game-game besar menyimpan warta pada server sehingga tidak efektif dalam melaksanakan ketiga cara sebelumnya untuk melaksanakan cheating.

Apa Itu Cheat Engine?
Jika Anda ingin meng-hack suatu game, ini ialah suatu aktivitas yang layak untuk dipelajari. Cheat Engine merupakan aktivitas open source yang digunakan untuk memodifikasi warta yang terletak pada memory. Program ini dilengkapi dengan memory scanner, debugger, disassembler, assembler, speedhack, trainer maker, direct 3D manipulation tools dan lainnya. Program ini sanggup didapatkan melalui situs http://www.cheatengine.org/.

 Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan Hacking Games Menggunakan Cheat Engine
Gambar 1. Tampilan Program Cheat Engine.
Selesai menginstall program, Anda akan diminta untuk mengikuti tutorial dalam memakai Cheat Engine, dimana tutorial ini mengajarkan teknik-teknik yang digunakan untuk hacking game. Tutorial ini juga sanggup diaktifkan dengan menjalankan file Tutorial-i386.exe atau Tutorial-x86_64.exe dimana pilihan file tergantung jenis arsitektur komputer pada sistem operasi. Setiap level dalam tutorial ini disediakan petunjuk untuk mengerjakannya, namun berikut langkah- langkah secara detil dalam mengerjakan semua level :

Level 1
Pada level 1, Anda hanya diminta untuk me-load proses tutorial memakai Cheat Engine. Hanya itu saja yang harus dilakukan. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke level 2.

 Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan Hacking Games Menggunakan Cheat Engine
Gambar 2. Tampilan Tutorial Level 1.
Level 2
Di level 2 ini, Anda dibutuhkan sanggup mengubah suatu nilai tertentu pada memory. Contoh implementasi penggunaan teknik ini yaitu contohnya untuk mencari nilai Health dan menggantinya. Di tutorial ini, Anda harus mengubah nilai Health dari 100 menjadi 1000. Setelah nilai Health menjadi 1000, tombol Next sanggup aktif dan Anda sanggup lanjut ke level 3.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan mengetik 100 di isian Value pada Cheat Engine. Klik tombol First Scan. First Scan merupakan tombol yang berfungsi untuk mencari nilai 100 di proses tutorial. Tombol ini digunakan untuk pertama kali melaksanakan scan variable (nilai) pada memory. Setelah First Scan, muncul daftar alamat memory yang ditemukan beserta nilainya. Silahkan melihat Gambar 3.

 Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan Hacking Games Menggunakan Cheat Engine
Gambar 3. Tampilan Daftar Alamat Memory dan Nilainya.
Nilai pada kolom Value akan berisi nilai 100 alasannya ialah nilai inilah yang dicari. Untuk menentukan dimana alamat nilai yang tepat, maka klik tombol Hit me. Nilai Health pada tampilan level 2 akan berkurang menjadi 99 atau nilai yang lebih rendah lainnya. Kembali perhatikan daftar alamat memory dan nilainya, jikalau diperhatikan secara keseluruhan, maka ada nilai yang berkembang menjadi 99 sehingga Anda sanggup memastikan alamat memory yang akan dimodifikasi. Namun, bayangkan jikalau ada ratusan alamat yang bernilai 99, oleh alasannya ialah itu Anda sanggup kembali mengklik tombol Hit me dan ganti nilai di isian Value menjadi nilai tersebut serta gunakan tombol Next Scan untuk melanjutkan scan variable.

Setelah Anda menemukan alamat yang berisi nilai yang Anda dapatkan, klik 2x pada alamat tersebut sehingga alamat tersebut muncul di daftar detil pada bab bawah. Pada daftar gres tersebut, klik 2x pada nilai yang digunakan dan ganti dengan nilai 1000. Setelah itu tombol Next pun menjadi aktif. Lanjut ke level 3.

Level 3
Ada game yang hanya menampilkan nilai Health berupa bar.Di level 3 ini, Anda dihadapkan dengan kafetaria yang berisi penuh dan jikalau tombol Hit me diklik, nilai kafetaria akan berkurang. Berbeda dengan level 2, pada level 3 ini Anda tidak mengetahui nilai yang akan dicari di memory. Yang diketahui hanya nilai minimum yaitu 0 dan nilai maksimum yaitu 500.

Klik tombol New Scan untuk memulai scan baru. Pada Scan Type, pilih Unknown initial value kemudian klik tombol First Scan. Klik tombol Hit me pada aktivitas tutorial sehingga nilai pada kafetaria berkurang. Pada Cheat Engine, pilih Scan Type menjadi Decreased value alasannya ialah nilai dari kafetaria akan semakin berkurang jikalau tombol Hit me diklik. Klik tombol Next Scan untuk menampilkan alamat memory beserta nilainya.

Lakukan secara terus menerus (klik tombol Hit me dan Next Scan), sampai nilai yang terdapat pada alamat memory berada dalam rentang 0 sampai 500. Klik 2x pada alamat yang ditemukan sampai muncul daftar detil di bab bawah dan klik 2x lagi nilai di bab bawah tersebut untuk mengubah nilai tersebut dengan nilai 5000. Tombol Next pun aktif.

Level 4
Setiap nilai mempunyai tipe data tertentu. Dengan memfilter tipe data ini, pencarian nilai di memory pun semakin praktis. Pada level 4 ini terdapat dua nilai yaitu Health dan Ammo. Tipa data dari Health yaitu float sedangkan tipe data dari Ammo yaitu double. Misi pada level ini bertujuan untuk mengubah kedua nilai menjadi 5000.

Pertama yaitu mencari alamat Health di memory. Isi isian Value dengan nilai 100 dan Value Type menjadi Float serta klik tombol First Scan sampai muncul beberapa alamat di memory yang bernilai 100. Klik tombol Hit me sehingga nilai Health berkurang. Perhatikan bahwa ada alamat yang nilainya berkembang menjadi nilai yang berkurang tersebut. Lakukan hal yang sama untuk mencari alamat memory Ammo, yaitu ubah Value Type menjadi Double serta lakukan First Scan. Ubah kedua nilai pada alamat tersebut menjadi 5000. Pastikan sebelum melaksanakan First Scan, opsi Fast Scan di-non aktifkan.

Level 5
Tutorial pada level ini akan mengajarkan bagaimana Anda memanfaatkan debugger untuk mencari alamat mana yang ditulis nilai tertentu. Kenapa memakai debugger? Hal ini dikarenakan terkadang alamat dari nilai ini berubah-ubah dalam suatu game tertentu. Level ini bertujuan supaya menghilangkan fungsi dari tombol Change value yang mengubah suatu nilai.

Nilai inisial pada level ini yaitu 100. Isi Value dengan nilai 100 dan klik tombol First Scan. Klik tombol Change value sampai nilainya berubah serta isi nilai tersebut di Value dan lakukan Next Scan. Muncul alamat nilai tersebut di bab kiri. Lakukan 2x klik untuk menampilkan daftar detil. Klik kanan pada daftar detil dan pilih Find out what writes to this address. Ada konfirmasi untuk mengizinkan debugger mengakses proses file tutorial, pilih Yes untuk mengizinkan sampai muncul window baru. Klik kembali tombol Change value sampai pada window gres (Gambar 4) muncul daftar instruksi. Instruksi inilah yang berisi perintah untuk mengubah nilai setiap tombol Change value diklik. Klik tombol Replace dan OK. Klik tombol Stop untuk melanjutkan sanksi aktivitas (meng-unload debugger) kemudian klik tombol Close. Silahkan Anda mengklik tombol Change value maka tombol Next pun akan aktif serta nilai tidak berubah sama sekali.

 Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan Hacking Games Menggunakan Cheat Engine
Gambar 4. Menangkap Instruksi Dengan Debugger.
Level 6
Pointer memang agak sulit untuk dipelajari oleh pemula. Namun dengan pointer, Anda sanggup dengan gampang dalam bermain-main untuk mengubah suatu nilai pada isyarat pemicu event.
Ada suatu nilai yang bernilai 100 dan dua tombol pada level ini, yaitu Change value dan Change pointer.Change value untuk mengubah nilai sedangkan Change pointer bertujuan untuk mengubah nilai dan lokasi nilai tersebut.

Pertama, carilah alamat dari nilai di memory. Lakukan First Scan  dengan Value bernilai 100. Klik kembalo tombol Hit me sampai nilai berubah dan lakukan Next Scan. Klik 2x pada alamat yang ditemukan sampai muncul daftar detil alamat tersebut. Pada daftar detil, klik kanan dan pilih Find out what writes to this address. Klik kembali tombol Hit me supaya debugger sanggup menangkap isyarat yang aktif. Setelah ada isyarat tertangkap, klik More Information untuk menampilkan isyarat detil sehabis event tereksekusi. Pada window gres yang gres muncul (Gambar 5), terdapat baris yang berwarna merah dimana breisi alamat dan isyarat MOV.  Nilai dari pointer tujuan pada isyarat MOV inilah yang akan digunakan nantinya.

 Ada beberapa tujuan dikala bermain curang dalam suatu permainan Hacking Games Menggunakan Cheat Engine
Gambar 5. Tampilan Window Extra Info.
Lakukan First Scan dengan Value berisi nilai pointer tujuan. Pointer sanggup berupa register EAX atau EDX. Jangan lupa untuk mencentang opsi Hex alasannya ialah nilai pointer berupa bilangan heksa. Setelah ditemukan alamat yang berisi nilai pointer tersebut, klik 2x juga pada alamat tersebut. Selanjutnya yaitu dengan mengklik tombol Add Address Manually kemudian centang opsi Pointer dan isi Address of pointer dengan nilai dari alamat pertama pada daftar. Klik tombol OK. Kini di daftar detil ada 3 data. Ubah nilai Value dari data ketiga menjadi 5000 sehingga data pertama pun juga menjadi 5000. Centang juga opsi Active pada data supaya tidak ikut tereksekusi. Klik tombol Change pointer dan tombol Next pun menjadi aktif.

Level 7
Pada level 7 ini berisi teknik code injection untuk mengubah suatu nilai pada memory dengan cara menginjeksi kode ke proses yang aktif. Nilai yang mesti diubah yaitu nilai Health dengan nilai inisial yaitu 100. Seperti biasa, temukan alamat dari nilai dan cari isyarat yang menulisi nilai tersebut dengan Find out what writes to this address. Pada window debugger, pilih sajian Show Disassembler. Pilih sajian Tools kemudian Auto Assemble. Pada window Auto Assemble, pilih sajian Template – Code Injection, kemudian klik tombol OK untuk melanjutkan proses. Muncul template atau kode yang sanggup digunakan untuk menginjeksi menyerupai sebagai berikut :

alloc(newmem,2048) //2kb should be enough
label(returnhere)
label(originalcode)
label(exit)

newmem: //this is allocated memory, you have read,write,execute access
//place your code here

originalcode:
dec [ebx+00000454]

exit:
jmp returnhere

"Tutorial-i386.exe"+226BC:
jmp newmem
nop
returnhere:

Kopi baris yang berisi kode original yaitu dec [ebx+00000454]. Di bawah baris newmem, isi dewngan kode berikut :

add [ebx+00000454], 2

Kode original sendiri berisi isyarat dec yang akan mengurangi nilai sedangkan kode yang gres dibentuk yaitu untuk menambah nilai dengan angka dua. Klik tombol Execute dan pilih Yes untuk melanjutkan. Kini setiap tombol Hit me diklik, nilai Health akan bertambah sebanyak dua. Dengan sedikit pemahaman isyarat assembler, teknik code injection ini mudah diterapkan dan efisien.

Demo Cheating
Demo disini akan memakai game DotA Allstars. Jalankan Frozen Throne.exe. Misalkan Anda menentukan Local Area Network untuk bermain di dalam jaringan LAN. Setelah game dimulai dan Anda telah menentukan Hero, segera gunakan Cheat Engine untuk me-load proses Frozen Throne.exe. perhatikan jumlah gold yang Anda miliki, contohnya 4015.

Pada Cheat Engine, isi Value dengan 4015 diikuti angka nol sehingga menjadi 4015. Klik tombol First Scan. Kembali ke layar DotA, beli item sehingga jumlah gold berkurang. Misalkan jumlah gold kini menjadi 3515. Isi di Value dengan nilai 35150 dan klik tombol Next Scan sampai muncul alamat dari nilai tersebut. Klik 2x pada alamat tersebut supaya muncul pada daftar detil pada bab bawah. Pada daftar tersebut, klik 2x nilai 35150 dan ubah menjadi 10000000. Lihat kembali pada layar DotA dan gold Anda kini telah bertambah banyak.

Ditulis untuk PC Media edisi 10 2011

Related Posts