Cara Perlindungan Otomatis Kalau Terdapat Rumus Pada Ms. Excel - Gasskeun Cara Perlindungan Otomatis Kalau Terdapat Rumus Pada Ms. Excel | Gasskeun

Cara Perlindungan Otomatis Kalau Terdapat Rumus Pada Ms. Excel

Beberapa alasan yang dilakukan oleh pengguna Excel saat ingin memproteksi atau mengamankan rumus contohnya tidak ingin bahwa rumus tersebut dirubah oleh user lain yang tidak bertanggungjawab. Untuk memproteksi rumus di Ms. Excel tentunya Anda harus memakai sajian Review kemudian klik perlindungan dan Anda disuruh untuk memasukan password dan sanggup juga diabaikan tanpa password.

Jika rumus yang ada pada worksheet tersebut jumlahnya tidak sedikit tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu untuk memproteksi rumus tersebut. Tenang untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara dan pada kesempatan kali ini saya akan memakai VBA sebagai alternatif jikalau ingin mempercepat dan otomatis tanpa memakai sajian Review terlebih dahulu.

Baca:
3 Cara Melakukan Proteksi dengan Macro (VBA)

Bagaimana cara perlindungan cell jikalau terdapat rumus?

Untuk perlindungan rumus secara otomatis saya menambahkan satu buah module yang nantinya module tersebut akan dipanggil melalui button yang disiapkan pada worksheet namun bekerjsama untuk mekanisme Anda juga sanggup melaksanakan saat worrkbook open atau worksheet cange terserah mau memakai mekanisme yang mana.

Langkah untuk melaksanakan hal tersebut tidaklah sulit menyerupai apa yang Anda bayangkan namun tentunya bagi orang awam yang belum pernah sama sekali berguru VBA atau macro hal ini menjadi pertanyaan besar bagaimana sanggup hal tersebut dilakukan.



Cara yang dilakukan Anda sanggup menambahkan module dan silakan tambahkan coding berikut ini

Sub ProteksiRumus()
With ActiveSheet
.Unprotect
.Cells.Locked = False
.Cells.SpecialCells(xlCellTypeFormulas).Locked = True
.Protect AllowDeletingRows:=True
End With
End Sub

Dari koding tersebut excel akan melaksanakan perlindungan jikalau worksheet aktif dan perlindungan dilakukan untuk mengunci atau lock. Anda sanggup tambahkan button untuk memanggil module tersebut pada worksheet kemudian silakan sambungkan melalui macronya



Silakan akhiri dengan klik OK dan untuk mengetesnya silakan buatkan satu buah rumus terserah mau rumus Vlookup, Max atau rumus lainnya yang terpenting disini harus terisi formula (rumus) kemudian silakan klik tombol tersebut dan apa yang terjadi jikalau Anda akan mengeditnya tentunya tidak akan sanggup alasannya ialah rumus tersebut telah diproteksi. Anda harus unprotect terlebih dahulu untuk mengedit rumus tersebut dari sajian Review.

Semoga bermanfaat


Related Posts