Cara Menciptakan Nomor Halaman Di Word Untuk Skripsi Berbeda Letak Dan Format - Gasskeun Cara Menciptakan Nomor Halaman Di Word Untuk Skripsi Berbeda Letak Dan Format | Gasskeun

Cara Menciptakan Nomor Halaman Di Word Untuk Skripsi Berbeda Letak Dan Format

Skripsi yaitu salah satu jenis karya ilmiah yang dalam penyusunannya mempunyai aturan-aturan tertentu, salah satu hukum yang harus digunakan dalam penulisan skripsi yaitu letak penomoran halaman (page number) dan format penomoran halaman yang digunakan.

Pada dokumen non karya ilmiah umumnya penomoran setiap halaman letaknya selalu konsisten / tetap, sedangkan pada skripsi penulisan nomor halaman letaknya sanggup berbeda antara setiap halaman, selain itu jenis format penomorannya juga berbeda satu sama lain.

Aturan penomoran halaman skripsi (karya tulis ilmiah)

Untuk skripsi hukum penomoran setiap halaman yaitu sebagai berikut:

1. Halaman untuk setiap awal penggalan atau halaman yang ada judul Bab di atasnya, umumnya letaknya ada di penggalan bawah tengah dengan format penomoran 1,2,3...dst.

Sedangkan untuk halaman penggalan lainnya yang tidak ada judul bab, maka penomoran halaman letaknya di penggalan sudut kanan atas dengan format urut 1,2,3....dst.

Kurang lebih terlihat menyerupai gambar di bawah ini:


2. Penomoran halaman-halaman sebelum bab, menyerupai penomoran halaman kata pengantar, daftar isi daftar gambar letaknya di penggalan bawah tengah dengan format romawi kecil i,ii,iii,iv,v....dst.


Cara menciptakan nomor halaman berbeda letak di word untuk skripsi

Untuk menambahkan nomor halaman di microsoft word bahu-membahu sangatlah mudah, namun secara bawaan penomoran halaman di microsoft word sifatnya konsisten, artinya dikala anda menambahkan nomor halaman, maka setiap halaman akan mempunyai format penomoran yang sama secara urut dengan letak yang sama.

Namun untuk menciptakan penomoran halaman berbeda untuk halaman tertentu di microsoft word (ms. word) bukanlah suatau hal yang mustahil, alasannya yaitu microsoft word baik itu microsoft word 2007, word 2010, word 2013 hingga word 2016 sudah menyajikan fasilitasnya.

Sayangnya fitur untuk menciptakan penomoran berbeda untuk setiap halaman di ms word tersebut sedikit tersembunyi, sehingga tidak heran banyak pengguna yang tidak mengetahui caranya atau lupa alasannya yaitu memang jenis hukum penomoran berbeda setiap halaman memang jarang sekali digunakan kecuali untuk karya tulis ilmiah menyerupai skripsi, thesis, makalah dan kartya tulis ilmiah lainnya.

 Langkah-langkah untuk menciptakan nomor halaman di ms word beda letak untuk skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya yaitu sebagai berikut:


1. Pastikan semua penggalan skripsi ada di 1 dokumen

Jika dokumen skripsi anda terpisah di beberapa file,  maka silahkan satukan dulu menjadi 1 dokumen, selain sanggup mempermudah penomoran, ini juga akan memudahkan kita membuat daftar isi secara otomatis.

2. Pastikan halaman jilid memakai format untuk halaman cover.

Anda sanggup menciptakan formar cover menggunakan menu Insert > Cover Page, kemudian silahkan pilih format cover yang tersedia.

3. Masukan Nomor halaman

Anggap saja anda sudah mempunyai satu dokumen karya ilmiah di microsoft word yang siap di berikan nomor, untuk memperlihatkan penomoran, langkahnya sebagai berikut:

LANGKAH #1:
Berikan penomoran romawi di posisi bawah tengah, penomoran dengan angka romawi umumnya diberikan pada beberapa halaman awal selain halaman isi bab, menyerupai halaman kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dll letaknya di penggalan bawah tengah.

Untuk santunan format number halaman romawi, silakan klik pada halaman yang ada judul KATA PENGANTAR, kemudian pilih menu insert > page number >bottom of page > Plan Number 2 (agar posisi number di bawah tengah halaman)

Skripsi yaitu salah satu jenis karya ilmiah yang dalam penyusunannya mempunyai hukum Cara menciptakan nomor halaman di word untuk skripsi berbeda letak dan format

Nomor pun akan dibubuhkan di penggalan bawah tengah halaman.

b. Kemudian selanjutnya  pilih lagi menu insert / sajian design  > page number >format page number, kemudian pilih format romawi i, ii, iii



Lalu tekan tombol Ok.

Untuk keluar dari mode edit page number, silahkan pilih menu design >Close Header anda footer di sebelah kanan, atau anda juga sanggup double klik di tengah halaman mana saja.

Sampai langkah di atas maka semua halaman ms word anda dari mulai Kata pengantar terus ke bawah akan mempunyai nomor romawi berurutan.

Nomor romawi seharusnya hanya untuk halaman awal saja sebelum isi, seperti halaman kata pengantar, daftar isi dan daftar gambar, sedangkan halaman isi BAB karya ilmiah harus memakai penomoran dengan angka 1,2,3.... dan seterusnya.

LANGKAH #2: Penomoran Isi penggalan skripsi
Penomoran untuk isi penggalan skripsi yang ada goresan pena judul BAB dan sub BAB, umumnya memakai format penomoran 1,2,3... secara berurutan, letak penomorannya berbeda antara halaman yang ada judul penggalan dengan halaman selanjutnya.

Untuk Halaman setiap awal Bab (yang ada goresan pena judul BAB) penomoran diletakan di penggalan bawah tengah. sedangkan untuk halaman lanjutan penggalan posisi nomor ada di pojok kanan atas.

Caranya:
Cara untuk memperlihatkan penomoran yang ada judul bab, silahkan klik Pada halaman yang ada tulisan  judul bab, misal halaman BAB I PENDAHULUAN, pastikan kursor ada di sebelah kiri Tulisan BAB

Kemudian pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous
Dengan menentukan sajian tersebut Biasanya goresan pena akan bergeser ke bawah 1 baris, silahkan betulkan saja nanti terakhir sehabis penomoran.

d. Lalu double klik pada penggalan footer hingga penggalan footer yang ada nomor halaman dalam mode edit dan nomor halaman terseleksi menyerupai gambar di bawah ini:

Skripsi yaitu salah satu jenis karya ilmiah yang dalam penyusunannya mempunyai hukum Cara menciptakan nomor halaman di word untuk skripsi berbeda letak dan format

Lalu Hilangkan centang menu Link to Previous agar halaman tersebut mempunyai prilaku berbeda tidak mengikuti prilaku halaman sebelumnya.

Kemudian pilih menu Insert > page numbers > Format page Number..., kemudian pilih Number format 1,2, 3, kemudian opsi Start at silahkan masukan nomor halaman tersebut, misal 1


Lalu tekan tombol OK.
Dengan menekan tombol OK, halaman tersebut terus hingga ke halaman bawah setelahnya akan mempunyai number 1,2,3 dst yang posisinya di penggalan bawah tengah.

Posisi format number 123 di penggalan bawah tengah seharusnya hanya untuk halaman yang ada goresan pena judul penggalan saja, sedangkan untuk penggalan lanjutan (yang tidak ada goresan pena judul bab) penomoran 123 diletakan di pojok kanan atas.

Selanjutnya keluar dari mode editor page number dengan mendouble-klik di tengah halaman atau melalui menu desain > Close Header and Footer.


LANGKAH #3: Penomoran isi yang tidak ada judul Bab
Untuk penomoran halaman isi penggalan yang tidak terdapat judul penggalan letaknya di pojok kanan atas,

Caranya:

a. Silahkan klik halaman penggalan lanjutan yang tidak ada goresan pena judul Bab, pastikan posisi kursor ada di penggalan paling atas di kiri sebelum tulisan.



b. Lalu Pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous

Tujuannya yaitu semoga halaman tersebut dan halaman setelahnya prilakunya sanggup dibedakan dari halaman sebelumnya.

Biasanya goresan pena akan bergeser satu baris ke bawah, silahkan nanti betulkan terakhir sehabis nomor halaman muncul.

c. Di halaman tersebut, Sebelum insert number, Silahkan double klik pada bagian header, kemudian sehabis masuk ke mode editor header, pada menu Design > hilangkan centang Link To Previous





 d. Setelah centang Link to Previous dihilangkan, Kemudian pilih menu Insert > Page Number > Top of Page lalu pilih Palin Number Page 3, semoga posisi number muncul di pojok atas kanan halaman

e. Pilih menu Desin  / sajian insert > Page Number > Format Page Number
Pada obrolan yang muncul, silahkan pilih:

  •  number format pilih 123....
  • pada Opsi start At masukan nomor halaman yang dimaksud misal 2 atau silahkan sesuaikan dengan punya anda.

f. Halaman tersebut umumnya masih ada number di bawah tengah alasannya yaitu mengikuti hukum format penumberan sebelumnya, harus kita hapus.

Double klik penggalan footer, sehabis masuk mode edit footer dan number yang ingin dihapus terseleksi, klik menu desain > hilangkan centang pada menu Link to Previous, Kemudian Pilih menu Insert > page Number > Remove page number, maka Number yang ada di bawah halaman akan terhapus.


Untuk penggalan selanjutnya caranya sama menyerupai yang diuraikan di langkah 3 di atas.

Agar Halaman prilakuknya ingin dibedakan  dengan halaman sebelumnya, maka anda harus melaksanakan break Continuous melalui sajian Page Layout > Breaks > Continuous


Mohon diperhatikan:

Ketika Anda ingin memasukan nomor halaman di halaman tersebut, maka double klik saja pada header atau footer  dimana pisisi  nomor halaman ingin ditampilkan, jangan lupa hilangkan centang link to previous di sajian desin, sehabis itu gres insert number halaman / hapus number halaman yang ingin diubah.

Oh ya untuk menghapus nomor halaman yang tidak ingin tampil di posisi tersebut, anda dihentikan memakai tombol keyboard delete, tapi harus melalui sajian Insert > page number > Remove page number, tapi ingat sebelum menghapusnya anda harus menghilangkan centang Link to Previous di sajian design untuk halaman tersebut


Cara di atas bukan hanya untuk membedakan penomoran setiap halaman anda juga sanggup memakai cara yang sama dikala ingin menciptakan format halaman berbeda satu sama lain, baik itu penomoran, orientasi halaman, ukuran keretas, header and footer dan lain sebagainya.

Silahkan baca:

Cara Membuat landscape pada halaman tertentu saja di ms word
Cara semoga header & Footer berbeda setiap halaman

Demikian artikel mengenai Aturan dan cara Penomoran Halaman Karya ilmiah (skripsi, makalah, tesis) di ms word, semoga membantu.

Related Posts