Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner - Gasskeun Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner | Gasskeun

Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner

Kata binary berasal dari "Bi" yang berarti dua. Kita bisa melihat kata-kata yang sering diawali "bi" menyerupai "bicycle" (dua roda) atau "binocular" (dua mata).

Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya. Setiap kali Anda mengetik pada keyboard. Setiap kali Anda mengirim pesan teks. Setiap kali Anda menghidupkan saklar lampu atau mematikannya.

Satu bit (singkatan dari binary digit) yaitu unit data terkecil dalam komputer, nilainya antara 0 atau 1 (off atau on, palsu atau benar, rendah atau tinggi, iya atau tidak). Dalam satu byte terdapat delapan bit. Jadi, kalau Anda mempunyai dua byte (word) itu berarti 16 bit (2 x 8 = 16), atau 10 bytes yang berarti 80 bit (10 x 8 = 80). Meskipun komputer biasanya menyediakan petunjuk yang sanggup menguji dan memanipulasi bit, mereka umumnya dirancang untuk menyimpan data dan mengeksekusi arahan dalam kelipatan bit yang disebut byte. Dalam sebagian besar sistem komputer, ada delapan bit dalam byte.

Karena semua gosip pada komputer Anda (bahkan satu karakter) lebih besar dari sebuah bit, maka unit terkecil pengukuran yang dipakai untuk mengukur ukuran file yaitu byte.

Teknologi membaca dan menyimpan hanya dua bentuk ini disebut sebagai binary technology (teknologi biner). Sistem nomor yang memakai kedua bentuk ini yaitu binary number system. Sistem tersebut melaksanakan semua penghitungan dan kalkulasi dalam komputer. Semua angka dan karakter juga diubah menjadi kode biner sebelum disimpan di komputer.

Misalnya, menghitung dari nol hingga 10 dalam biner terlihat menyerupai ini: 0, 1, 10, 11, 100, 101, 110, 111, 1000, 1001, 1010

Ada juga kode biner untuk karakter besar dan karakter kecil:

A: 01000001 a: 01100001
B: 01000010 b: 01100010
C: 01000011 c: 01100011

Sebagai pola lainnya lagi, ketika komputer anda perlu menampilkan angka atau karakter dalam alfabet, beliau akan mengelompokkan 8 bit bantu-membantu untuk membuat satu byte. Ingat: satu bit hanya sanggup berbentuk 1 atau 0, sehingga satu kelompok yang terdiri dari delapan 1 dan 0 akan menjadi satu byte.

 Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner

 Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner

Dulu prosesor komputer (misalnya, 8088 dan 80286) hanya memakai 16-bit prosesor, ini berarti prosesor tersebut bisa bekerja dengan 16-bit binary numbers (angka desimal hingga 65.535). Jika ada yang lebih besar maka komputer perlu memecah angka tersebut menjadi bab yang lebih kecil. Kemudian mereka membuat komputer dengan prosesor 32-bit, yang bisa hingga 32-bit binary numbers (angka desimal hingga 4,294,967,295). Komputer ketika ini dilengkapi prosesor 64-bit, yang bisa hingga dengan 64-bit binary numbers (angka desimal lebih dari 18 triliun).

Ada banyak unit gosip yang mengandung kelipatan bit, seperti:

Byte = 8 bit
Kilobit = 1.000 bit
Megabit = 1 juta bit
Gigabit = 1 milyar bit

kecepatan koneksi internet untuk men-download dan meng-upload sering disebut sebagai kecepatan transfer data (data transfer rate, atau bit rates). Bit rate biasanya diukur dalam bits per second (bps). kecepatan transfer data juga sanggup diukur dalam bytes per second (Bps).

Binary Digit ... Mereka mengganda.

Jika diperhatikan setiap kali kita menambahkan digit, kita memperoleh dua kali lipat kemungkinan.
Dengan kata lain, hanya satu digit biner mempunyai 2 kemungkinan posisi (yaitu antara 0 atau 1).

 Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner

 Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner

Dua digit biner mempunyai 4 posisi kemungkinan
Tiga digit mempunyai 8 kemungkinan posisi
Empat digit mempunyai 16 kemungkinan posisi
Lima digit mempunyai 32 kemungkinan posisi
Enam digit mempunyai 64 kemungkinan posisi
dan seterusnya..

Heksadesimal

Terakhir, mari kita lihat relasi antara biner dan heksadesimal.
Terdapat 16 digit Heksadesimal, dan kita sudah tahu bahwa 4 digit biner mempunyai 16 bentuk angka yang berbeda. Nah, ini merupakan bagaimana mereka dihubungkan satu sama lain:

 Kita semua memakai Binary setiap hari tanpa menyadarinya Apa Itu Bit (Binary Digit) - Sistem Bilangan Biner
Jadi, ketika kita memakai komputer (yang lebih suka memakai bahasa biner), kita sudah niscaya lebih suka memakai digit heksadesimal yang jauh lebih gampang dibandingkan dengan 4 digit biner. Contoh, jumlah biner "100110110100" kalau diterjemah yaitu "9B4" dalam heksadesimal.
Sumber http://elevenmillion.blogspot.com/

Related Posts