Tempat Daya Tarik Yang Terdapat Di Area Gunung Papandayan - Gasskeun Tempat Daya Tarik Yang Terdapat Di Area Gunung Papandayan | Gasskeun

Tempat Daya Tarik Yang Terdapat Di Area Gunung Papandayan


Sejarah
Penamaan gunung papandayan terbilang unik sob, pasalnya banyak masyarakat mendengar bunyi ghaib layaknya tukang besi sedang menciptakan suatu perkakas. Setelah dilakukan penyedikan ternyata bunyi yang menyerupai besi itu berasal dari kawah Gunung Papandayan. Karena suaranya yang menyerupai mirip orang pandai besi maka dari situlah asal mula penamaan gunung papandayan sob. "Panday" memiliki arti dalam bahasa sunda yakni Orang yang bekerja keras sebagai pandai besi. Itulah kisah yang disampaikan oleh masyarakat setempat.



Hingga dikala ini status gunung papandayan masih aktif. Kegiatan gunung api papandayan tercatat dalam sejarah, berikut ini tanggal terjadinya letusan gunung papandayan :
12 Agustus 1772.
11 Maret 1923.
15 Agustus 1942 dan
11 November 2002.

Info Wisata
Gunung Papandayang memliki ketinggian 2665mdpl. Di area Gunung Papandayan terdapat berbagai kawasan - kawasan wisata yang wajib untuk dikunjungi satu persatu sob. Diantaranya yaitu kawah, Digunung papandayan terdapat 4 kawah Terkenal yang terbentuk dari bekas letusan yang terjadi. Nama - nama kawah tersebut ialah kawah baru, kawah mas, kawah manuk dan kawah nangklak. Oiya Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya sob.


lalu ada daya tarik lagi yang tak boleh dilewatkan begitu saja sob, yaitu Tegal Alun, Gunung Papandayan (Padang Edelweis ini Terluas se-Asia Tenggara lho sob) tapi sayang waktu admin dan rombongan kesana, bunga ini belum bermunculan.



Dan juga yang terakhir terdapat Hutan Mati (dead forest) lho sob di gunung papandayan ini, kawasan ini sering kali menjadi daya tarik bagi pendaki. Hutan mati ini terbentuk akhir pohon - pohon kerdil yang terkena erupsi gunung papandayan berkali - kali.




Lokasi
Gunung Papandayan berlokasi di desa Sinarjaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kurang lebih sekitar 70km dari tenggara kota Bandung.


Oke sekian dari artikel jalanjalansob semoga artikel ini sanggup membantu kau yang ingin berwisata ke gunung papandayan, Jangan lupa dishare yah semoga orang - orang yang berada di sekitarmu juga tau wisata Gunung Papandayan.

Related Posts