Kode PIN (Personal Identification Number) diciptakan untuk melindungi SIM card dari pengguna yang tidak sah. Kode PIN yang terdiri dari 4 – 8 digit angka ini biasanya diminta saat handphone dihidupkan atau di restart. Jika anda salah memasukkan no pin sebanyak 3 kali, maka kartu anda akan secara otomatis terblokir.
Untuk mengaktifkannya juga mudah, tinggal masuk ke Menu - pilih pengamanan - kemudian aktifkan (beda model hp beda cara atau tampilan menu). Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan pin yang telah diberikan oleh provider anda sebelum karenanya sanggup merubah ke no pin yang anda inginkan.
Kode PUK (Personal Unblocking Key) dan PIN biasanya diberikan bersama Kartu SIM, namun ada juga beberapa operator yg tidak memperlihatkan instruksi PUK ini dalam kartu perdana mereka. Contohnya, untuk Indosat sanggup ditemukan pada SP (starter pack) nya, coba di lihat pada kartu perdananya, gosok dengan coin kemudian akan tampil no puk nya.
Kode PUK dibutuhkan untuk membuka instruksi PIN yang telah terblokir. Jika pUK yang salah dimasukkan sepuluh kali berturut-turut, maka sim card akan terblokir secara permanen.
Jika no pin sudah terlanjur terblokir, salah satu solusinya ialah memasukkan nomor PUK, anda sanggup menanyakan no puk ini ke customer service dan apabila ditanyakan ICCID bacakan saja nomor yang terdapat di belakang SIM card anda.
Cara lainnya ialah mengganti kartu. Ganti kartu sanggup dilakukan di gerai provider masing masing, cukup hanya dengan membawa KTP atau kartu identitas lainnya. Kartu barunya nanti gres akan sanggup dipakai sekitar 1 jam sesudah penggantian kartu.
Bagi yang sedang mencari nomor call center operator providernya masing masing:
Telkomsel
Via ponsel dan telpon rumah (PSTN): 08071811811, 021-21899811.
Via kartu Simpati dan AS: 155 (layanan gosip pelanggan – free) dan 188 (Contact center rp400/panggilan).
Via kartu HALO: 133
Cek pulsa: kartu simpati, Halo dan AS: *888#
Cek pemakaian terakhir: *887#
Cek bonus: *889#
Website: www.telkomsel.com
XL
Telepon: 021-57959817
XL Prabayar: 817 (Customer service, rp600/panggiIan)
XL Pasca Bayar
Xplore: 817 (free)
Cek pulsa
XL Prabayar: *123#
Xplor: *108# (check batas pemakaian)
Website: www.xl.co.id
Indosat
Via PSTN: 021-54388888, 021-30111111 atau 021-30003000
Via Mentari: 222 (free)
Via Matrix / Star One: 111 (free)
Customer service: 100 (rp 400/panggilan)
Cek pulsa: *388# (IM3), *555# (Mentari)
Website: www.indosat.com
Flexi
Call Center : 147
Cek Pulsa : *99 atau *99#
Website : www.telkomflexi.com
Esia
Call Center : *999 atau call *990
Website: www.myesia.com
Axis
Customer Service Axis: 838 atau 08388000838
Cek Bonus : *889#
Cek Pulsa : *888#
Cek Pemakaian Terakhir: *887#
Website : www.axisworld.co.id
3 (Tri/Three)
Customer service: 200 (3 Pra bayar 300/call), 100 (Pasca bayar)
Cek Pulsa : *111*1#
Website : www.three.co.id
Smartfren
08811223344 atau 021-50100000
Call Center : 888
Cek Pulsa : 999
Website : www.smartfren.com Sumber http://elevenmillion.blogspot.com/
Untuk mengaktifkannya juga mudah, tinggal masuk ke Menu - pilih pengamanan - kemudian aktifkan (beda model hp beda cara atau tampilan menu). Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan pin yang telah diberikan oleh provider anda sebelum karenanya sanggup merubah ke no pin yang anda inginkan.
Kode PUK (Personal Unblocking Key) dan PIN biasanya diberikan bersama Kartu SIM, namun ada juga beberapa operator yg tidak memperlihatkan instruksi PUK ini dalam kartu perdana mereka. Contohnya, untuk Indosat sanggup ditemukan pada SP (starter pack) nya, coba di lihat pada kartu perdananya, gosok dengan coin kemudian akan tampil no puk nya.
Kode PUK dibutuhkan untuk membuka instruksi PIN yang telah terblokir. Jika pUK yang salah dimasukkan sepuluh kali berturut-turut, maka sim card akan terblokir secara permanen.
Jika no pin sudah terlanjur terblokir, salah satu solusinya ialah memasukkan nomor PUK, anda sanggup menanyakan no puk ini ke customer service dan apabila ditanyakan ICCID bacakan saja nomor yang terdapat di belakang SIM card anda.
Cara lainnya ialah mengganti kartu. Ganti kartu sanggup dilakukan di gerai provider masing masing, cukup hanya dengan membawa KTP atau kartu identitas lainnya. Kartu barunya nanti gres akan sanggup dipakai sekitar 1 jam sesudah penggantian kartu.
Bagi yang sedang mencari nomor call center operator providernya masing masing:
Telkomsel
Via ponsel dan telpon rumah (PSTN): 08071811811, 021-21899811.
Via kartu Simpati dan AS: 155 (layanan gosip pelanggan – free) dan 188 (Contact center rp400/panggilan).
Via kartu HALO: 133
Cek pulsa: kartu simpati, Halo dan AS: *888#
Cek pemakaian terakhir: *887#
Cek bonus: *889#
Website: www.telkomsel.com
XL
Telepon: 021-57959817
XL Prabayar: 817 (Customer service, rp600/panggiIan)
XL Pasca Bayar
Xplore: 817 (free)
Cek pulsa
XL Prabayar: *123#
Xplor: *108# (check batas pemakaian)
Website: www.xl.co.id
Indosat
Via PSTN: 021-54388888, 021-30111111 atau 021-30003000
Via Mentari: 222 (free)
Via Matrix / Star One: 111 (free)
Customer service: 100 (rp 400/panggilan)
Cek pulsa: *388# (IM3), *555# (Mentari)
Website: www.indosat.com
Flexi
Call Center : 147
Cek Pulsa : *99 atau *99#
Website : www.telkomflexi.com
Esia
Call Center : *999 atau call *990
Website: www.myesia.com
Axis
Customer Service Axis: 838 atau 08388000838
Cek Bonus : *889#
Cek Pulsa : *888#
Cek Pemakaian Terakhir: *887#
Website : www.axisworld.co.id
3 (Tri/Three)
Customer service: 200 (3 Pra bayar 300/call), 100 (Pasca bayar)
Cek Pulsa : *111*1#
Website : www.three.co.id
Smartfren
08811223344 atau 021-50100000
Call Center : 888
Cek Pulsa : 999
Website : www.smartfren.com Sumber http://elevenmillion.blogspot.com/