Cara Menciptakan Channel Youtube Sendiri Untuk Pemula - Gasskeun Cara Menciptakan Channel Youtube Sendiri Untuk Pemula | Gasskeun

Cara Menciptakan Channel Youtube Sendiri Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube sendiri untuk pemula. Namun, sebagai isu awal untuk anda mengenai apa itu YouTube, akan sedikit di jelaskan di sini.  YouTube yaitu sebuah situs yang menyediakan banyak sekali macam konten video online gratis. YouTube didirikan pada 14 Februari 2005 oleh 3 mantan karyawan paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Lalu di akusisi oleh Google pada tahun 2006. Pertanyaannya, mengapa kita perlu menciptakan channel di YouTube?

Jawabannya yaitu dengan mempunyai sebuah channel di YouTube kita sanggup menyaksikan video gratis, menyebarkan video, mendengarkan musik atau bahkan melaksanakan siaran eksklusif sendiri. Ini tentu akan sangat mempunyai kegunaan bagi kita yang mempunyai bisnis untuk sanggup memarketing bisnis apapun yang kita miliki secara live, bukan? Tidak hanya itu, masih banyak laba lainnya jikalau kita mempunyai channel YouTube sendiri. Salah satunya yang kini ini lagi terkenal yaitu "Make Money From YouTube" atau mendapat uang dari YouTube. Ini biasanya dilakukan oleh para YouTuber.

Untuk ketika ini, cara mendapat uang dari YouTube kita tidak akan bahas dulu, alasannya yaitu ada banyak syarat monetisasi YouTube atau  peraturan YouTube terbaru. Jadi, untuk ketika ini kita akan lanjut saja dengan cara menciptakan channel YouTube untuk pemula.


Memiliki akun Google

Memiliki akun Google atau Gmail yaitu merupakan syarat menciptakan channel di YouTube alasannya yaitu dengan satu akun pada Google kita sudah sanggup mengakses banyak sekali macam produk Google lainnya termasuk YouTube. Kaprikornus dengan kata lain kita hanya perlu menciptakan satu akun Google/Gmail saja.  

Contoh sederhananya menyerupai akun Blogger (Blogspot), begitupun juga dengan YouTube. Kesemua platform tersebut berada di bawa Google.  Oleh alasannya yaitu itu, jikalau kita sudah mempunyai akun Gmail sebelumnya maka tidak perlu membuatnya lagi. Tapi jikalau ingin menciptakan yang baru, itu tidak duduk perkara terserah mana baiknya.

Bagi yang ingin menciptakan akun Google/Gmail gres atau belum pernah membuatnya sama sekali, silahkan baca Sejarah Email dan Cara Terbaru Membuatnya di Gmail.


Membuat akun YouTube

Untuk sanggup menciptakan channel YouTube, maka kita harus menciptakan akun di YouTube terlebih dahulu. Namun cara menciptakan akun di YouTube tidak akan dibahas secara panjang lebar di sini. Karena jikalau sudah mempunyai akun Google/Gmail, secara otomatis kita sudah sanggup mengakses dan menciptakan channel di YouTube secara gratis. Yang perlu dilakukan hanya tinggal menuju www.youtube.com lalu klik Sign In di sudut kanan atas. Silahkan isikan email dan password untuk lanjut ke tahap berikutnya.


Membuat Channel YouTube

Cara menciptakan channel YouTube memang merupakan hal yang gampang dilakukan alasannya yaitu hanya dengan tiga langkah saja kita sudah sanggup mempunyai sebuah chanel sendiri. Akan tetapi, kita juga perlu memperhatikan tampilan channel YouTube kita. Karena dengan begitu channel YouTube kita akan terlihat menarik di mata para pengunjung dan mereka tidak bosan. Oleh alasannya yaitu itu, terlebih dahulu kita eksklusif saja menciptakan channel YouTube kita sendiri.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula
Gambar 1 : Cara Membuat Channel YouTube
Penjelasan Gambar
  1. Klik pada gambar User Account kanan atas.
  2. My Channel : Klik my channel. 
  3. Silahkan edit nama channel YouTube jikalau diperlukan.
  4. Create Chanel : Klik create channel untuk menciptakan channel YouTube gres anda.

Mengedit Channel YouTube 

Mengedit tampilan channel YouTube yaitu hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh seorang YouTuber biar chanel yang dimilikinya terlihat menarik dan profesional. Apalagi jikalau ia mempunyai rencana untuk menciptakan channel YouTube terkenal dengan tujuan menghasilkan uang. Tampilan sangatlah penting sebagai salah satu unsur untuk menunjang semua hal tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, simak di bawah ini cara mengedit channel YouTube untuk pemula.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula
Gambar 2 : Cara Customize Channel YouTube
Penjelasan Gambar
  1. Customize Channel : Klik customize channel untuk memunculkan tampilan menyerupai kotak merah di atas.
  2. Klik pada icon pensil untuk mengupload logo atau foto ke channel YouTube. Kemudian kita akan di bawa ke halaman Google About Me untuk mengganti icon logo atau foto.
  3. Add Channel Art : Klik add channel art untuk mengupload banner, background, atau sampul channel YouTube.
Jika belum mempunyai logo atau banner channel YouTube untuk di upload, silahkan lanjut ke pembahasan di bawah ini.


1. Cara Membuat Logo Untuk Channel YouTube

Untuk menciptakan logo channel YouTube di perlukan software desain grafis menyerupai Photoshop, Illustrator, Corel Draw, dll. Akan tetapi bagaimana jikalau kita tidak terlalu hebat menggunakannya, tentu akan menjadi kendala dalam menciptakan logo tersebut. Cara lainnya yaitu eksklusif download saja di internnet, namun ini juga sanggup menjadi duduk perkara terkait hak cipta. Nah, untungnya kini ini ada Canva, software online gratis yang sanggup membantu kita dalam hal cara menciptakan logo channel YouTube online. Untuk itu, silahkan menciptakan akun gratis terlebih dahulu untuk sanggup masuk ke dashboard/halaman utama Canva menyerupai di bawah.

Baca jugaCara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula
Gambar 3 : Cara Membuat Logo Dan Cover Channel YouTube
  • Logo : Klik logo jikalau ingin menciptakan logo.
  • Gambar Saluran YouTube : Klik gambar saluran YouTube jika ingin menciptakan banner YouTube. 
Pada kedua pilihan di atas tadi yang di pilih yaitu logo, maka akan muncul tempilan pengeditan logo di Canva menyerupai di bawah ini.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula
Gambar 3 : Cara Membuat Logo Channel YouTube
Penjelasan Gambar
  1. Template : Klik template untuk sanggup menentukan banyak sekali macam template logo.
  2. Silton Shipping : Pada tutorial kali ini template logo yang di gunakan yaitu SILTON SHIPPING. Namun anda sanggup menentukan apapun sesuai cita-cita masing-masing.
  3. Silahkan kalau mau ganti nama, goresan pena logo, hapus kotak, atau apapun pokonya sesui dengan keinginan. Di sini yang di gunakan MEDIASI VLOG dan grafis/kotak di hapus. 
  4. Ganti warna sesuai selera masing-masing. Untuk sanggup mengganti warna background logo menyerupai di atas, harap klik dulu pada backgroundnya alasannya yaitu kalau tidak icon menyerupai No.4 tidak akan muncul.
  5. Klik pada text editor atau goresan pena logo untuk sanggup melihat icon pengedit warna serta ukuran tulisan. 

2. Cara Membuat Banner Channel YouTube 

Cara menciptakan banner channel YouTube sebenarnya sama saja dengan cara menciptakan logo channel YouTube di atas. Namun pada gambar ke 2 pilih gambar saluran YouTube. Kemudian untuk langkah pengeditannya hampir sama dengan pengeditan logo di atas tadi. Silahkan ikuti caranya di bawah ini.

 Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menciptakan channel YouTube Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula
Gambar 4 : Cara Membuat Cover Channel YouTube
Penjelasan Gambar
  1. Template : Klik pada template untuk menentukan template sesuai selera masing-masing.
  2. Social Media Management : Pada pola di atas yang di gunakan yaitu SOCIAL MEDIA MANAGEMENT.
  3. Ikuti proses pengeditan menyerupai pada cara menciptakan logo untuk channel YouTube.
  4. Klik pada icon anak panah yang mengarah ke bawah untuk mendownload hasil project.
  5. Jenis File : Pilih format yang di inginkan PNG,JPG, PDF, atau yang lainnya.
  6. Unduh : Klik unduh untuk mendownload file Canva ke komputer. Selesai!
Sekarang kita tinggal mengupload logo serta banner channel YouTube yang sudah di buat di Canva tadi. Untuk mengupload logo dan banner tersebut, silahkan langkahnya pada gambar ke 2 di atas. Sampai di sini, sekian dulu pembahasan mengenai Cara Membuat Channel YouTube Sendiri Untuk Pemula.

Related Posts