Cara Mengatasi Cpu Nyala Tetapi Tidak Tampil - Gasskeun Cara Mengatasi Cpu Nyala Tetapi Tidak Tampil | Gasskeun

Cara Mengatasi Cpu Nyala Tetapi Tidak Tampil

Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil



Tips dan Trik Komputer - Pada kali ini saya akan memberi sedikit pengalaman saya wacana Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil. Ketika PC bersama-sama menyala namun tidak menampilkan apa-apa pada monitor.

Kalian melihat lampu led yang terdapat pada casing komputer menyala dan mendengar FAN berputar normal dari dalam PC tersebut, tetapi tidak ada yang muncul di layar monitor kalian. Karena terdapat beberapa penyebab PC kalian tidak menampilkan apapun pada layar monitor. Inilah caranya:

Langkah pertama, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil adalah Uji monitor kalian. Sebelum kalian sanggup memulai untuk mengatasi problem yang rumit serta memakan waktu yang cukup lama, pengecekan pada semua kabel yang terkoneksi PC ke monitor, pastikan monitor kalian tidak bermasalah (sudah di test dengan PC lain). Sangat mungkin kalau problem kalian hanya terletak di monitor.

Langkah Kedua, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil adalah Cobalah kalian menekan tombol reset atau power on/off untuk pastikan semuanya kalian mulai dari awal menyalakan komputer.

Langkah Ketiga, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Dengan mendengarkan bunyi isyarat beep yang keluar dari speaker di dalam CPU kalian masing-masing, kalian akan sanggup mengetahui dari mana asal permasalahan yang terdapat komputer kalian. Sebuah isyarat beep akan memberi tahu kalian di mana penyebab komputer kalian bermaslah. Pilih panduan pada isyarat beep di bawah ini menurut produsen BIOS motherboard kalian:

Jika permasalahan kalian belum sanggup diselesai, kalian sanggup berkunjung kembali
Tips dan Trik Komputer dan melanjutkan untuk membaca artikel yang lebih umum di bawah ini.

Langkah Keempat, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Lakukan reset/clear cmos pada CMOS. Langkah tersebut untuk menghapus memori BIOS pada motherboard kalian dan akan mengembalikan pengaturan BIOS keawal semula. Dari sebuah kesalahan konfigurasi yang terdapat pada BIOS bisa menjadi penyebab PC kalian tidak akan menyala lama. Untuk PC kalian sanggup men-jumper pin yang terdapat pada motherboard kalian atau sanggup melepas baterai berbentuk lingkaran (seperti Batterai Jam Tangan) yang ada pada motherboard kalian masing-masing diamkan dulu sekitar 5-10 menit, kemudian memasangnya kembali. 

Catatan: Jika dengan mereset CMOS sanggup menuntaskan problem kalian, pastikan kalian mencobanya lagi setiap merubah satu pengaturan pada BIOS motherboard kalian, jadi kalau permasalah ini tiba kembali, kalian akan tahu perubahan mana yang sanggup menjadikan masalah.

Langkah Kelima, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Pastikan bahwa pada switch tegangan power supply kalian diatur dengan sangat benar. Jika pada tegangan input untuk power supply kalian tidak sesuai dengan pengaturan di negara kalian, maka jangan kaget komputer kalian mungkin hanya akan menyala sebentar. 
Biasanya komputer kalian tidak akan menyala sama sekali kalau pada switch ini salah, akan tetapi tegangan yang tidak sesuai juga sanggup menjadikan komputer kalian bermasalah.

Langkah Keenam, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Mencabut semua kabel dan hardware dalam PC kalian kemudian pasang kembali. Ada beberapa kemungkinan koneksi / kabel pada sebuah hardware komputer kalian telah longgar atau kurang pass. Coba kalian cabut dan pasang kembali menyerupai kabel power, kabel data, memori, kartu dukungan (VGA, sound card, dll), kabel keyboard dan mouse, dan lain sebagainya.

Langkah Ketujuh, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Jika solusi yang diatas masih tidak sanggup membuahkan hasil, maka lepaskan semua kabel yang terhubung di CPU kemudian pasang kembali CPU hanya kalau kalian menduga mungkin telah longgar atau mungkin belum dipasang dengan benar. 

Langkah Kedelapan, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Periksalah penyebab korsleting listrik di dalam komputer kalian. Terdapat kemungkinan hal inilah yang bisa menjadi penyebab problem pada komputer Kalian. 

Langkah Kesembilan, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Beberapa kasus korsleting listrik yang terdapat di dalam komputer sering disebabkan oleh sekrup, dalam hal ini yang telah kontak fisik dengan logam pada motherboard atau komponen-komponen lainnya. Sekrup yang telah dipakai untuk mengamankan hampir pada setiap komponen potongan dalam kasus termasuk kartu video (VGA), kartu bunyi (Sound Card), hard drive (Harddisk), drive optik (DVD ROM), dll. Coba kalian goyangkan pelan saja PC kalian, kalau ada bunyi gemeretak berarti kemungkinan ada sekrup yang telah lepas, gunakanlah obeng yang kecil dan agak panjang untuk membantu mengeluarkannya sekrup tersebut.

Terdapat korsleting listrik di dalam komputer kalian kadang kala juga disebabkan oleh kabel yang sudah kehilangan lapisan pelindung mereka dan menciptakan kontak fisik dengan komponen internal lainnya.

Langkah Kesepuluh, cCara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Hanya lantaran komputer kalian menyala beberapa ketika tidak berarti bahwa power supply di komputer kalian sudah bekerja dengan sangat baik. Menurut pengalaman saya, pada power supply cenderung menjadikan lebih banyak problem dari pada perangkat keras lainnya dan sangat sering menjadi penyebab komputer bermasalah. Cobalah kalian cek dengan mencoba memakai power supply dari komputer lain.

Langkah Kesebelas, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Nyalakan PC kalian dengan hardware yang penting-penting saja. Tujuannya di sini ialah hanya sementara melepaskan beberapa hardware sebanyak mungkin namun mempertahankan kemampuan komputer kalian semoga tetap menyala. 
    • Jika komputer kalian menyala dan tetap menyala normal, dengan hardware yang penting-penting saja, maka lanjutkan ke Langkah 12.
    • Jika komputer kalian tetap mati dengan sendirinya, lanjutkan ke Langkah 13.

Langkah Keduabelas, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil adalah Pasang kembali pada setiap hardware pelengkap yang lainnya dan uji cobalah komputer kalian sesudah setiap pemasangan satu per satu hardware. 

Karena pada PC kalian dinyalakan hanya dengan hardware terpenting, komponen-komponen tersebut bekerja secara benar. Berarti bahwa pada salah satu hardware pelengkap kalian yang dilepaslah yang sanggup menjadikan komputer kalian mati dengan sendirinya tanpa sebab. Dengan memasang hardware tersebut ke komputer kalian dan selalu melaksanakan pengujian sesudah setiap kalian memasangan satu per satu hardware, kalian akan menemukan hardware yang sanggup menjadikan problem pada PC kalian.

Langkah Ketigabelas, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampiladalah Kalian sanggup menguji PC memakai Power On Self Test card. Jika komputer kalian tetap tidak menampilkan apapun pada layar monitor walaupun hanya dengan hardware yang penting-penting saja, maka POST card akan membantu kalian untuk mengidentifikasi hardware mana yang bermasalah. 



Jika kalian tidak memilikinya atau tidak ada impian untuk membeli POST card, maka lanjutkan ke Langkah 14.

Langkah Keempatbelas, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil adalah Ganti setiap hardware yang terdapat dalam komputer kalian satu persatu dengan hardware yang sama dalam kondisi barangnya yang masih bagus. Lakukan pengecekan setiap penggantian satu per satu komponen, untuk mengetahui hardware mana saja yang bermasalah. Pada sebagian besar pengguna komputer kebanyakan tidak mempunyai kanibalan hardware komputer. Saran saya yaitu kembali ke Langkah 13. Untuk Harga POST card sangatlah tidaklah mahal dan merupakan pendekatan yang paling gampang dari pada kalian membeli semua persediaan sparepart komputer kalian.

Langkah Terakhir, Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil ialah Jika semuanya langkah-langkah diatas gagal, Kalian mungkin perlu untuk mencari pertolongan profesional pada sentra service komputer atau dari service resmi produk komputer kalian masing-masing atau sanggup juga memanggil Teknisi Service Komputer. Jika tanpa POST card atau juga tanpa kanibalan hardware pengganti, kalian tidak akan tahu hardware mana saja yang sanggup bermasalah. Dalam hal ini kalian mempunyai sedikit pilihan selain sanggup mengandalkan individu (belajar di Internet) atau perusahaan yang mempunyai dukungan Teknisi Komputer Panggilan tersebut.

Sekian artikel wacana Cara Mengatasi CPU Nyala Tetapi Tidak Tampil yang saya bisa berikan pengalaman dan artikel kepada kalian. Semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan tunggu artikel selanjutnya di.

 

Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts