Membuat Jaringan Komputer - Gasskeun Membuat Jaringan Komputer | Gasskeun

Membuat Jaringan Komputer

Membuat Jaringan Komputer

 


Tips dan Trik Komputer - Sebelum saya jelaskan bagaimana pengaturan membat jaringan komputer dengan baik dan benar, ada baiknya saya jelaskan apa dan bagaimana sih yang dikatakan jaringan komputer ?.  



Jaringan  Komputer   bukanlah sesuatu yang gres dikala ini. Hampir di setiap perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta bahkan disekolah-sekolah terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi. Internet yang mulai terkenal dikala ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan sanggup saling berinteraksi. Hal ini sanggup terjadi sebab adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda   .   



Ketika kita di rumah mempunyai komputer lebih dari satu, dan masing-masing komputer sanggup terhubung antara satu dengan yang lainnnya supaya sanggup sharing data, printer, sharing koneksi internet dll, kita sanggup lakukan dengan menciptakan jaringan komputer LAN (Local Area Network) sederhana. Ini niscaya akan mempunyai kegunaan daripada ada yang ingin mencetak halaman website dari kamar tetapi semoga sanggup mencetak harus ke printer yang ada di ruang tamu. Kalau ada orang di ruang tamu, minta tolong aja nyalakan printer dan berikan perintah di printer untuk mencetak dari dalam kamar.   



Kali ini kita gunakan koneksi kabel yaitu memakai kabel data UTP ( Unshielded twisted pair ), yaitu standar kabel untuk koneksi jaringan LAN. Komputer yang digunakan pada dikala ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.  



1.     Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua buah, kita hanya cukup menyediakan satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah terpasang dengan konektor RJ-45 (standar konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross / silang.  

2.    Kalau Jumlah komputer yang akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan satu alat yang berjulukan Switch atau Hub. Pada dikala ini harga sebuah switch untuk standar rumah sudah sangat terjangkau.  

3.   Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch memakai kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight / lurus.

4.   Pemasangan konektor pada kabel UTP sanggup dibentuk sendiri, tetapi untuk mudahnya sahabat tinggal pergi saja ke toko komputer yang juga menyediakan peralatan jaringan, dan tinggal bilang untuk membeli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya dengan konfigurasi cross / silang untuk koneksi komputer ke komputer (dua buah komputer), atau straight / lurus untuk koneksi lebih dari 2 komputer / memakai switch.

5.     Masuk ke Network Connection (Start-> Control Panel -> Network Connection)  

6.     Pilih / klik dua Local Area Connection   

7.     Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)   

8.     Klik Use The following IP address, lalu isi IP address dan subnet mask, lalu masukkan no IP sebagai berikut:       

Komputer1 IP address: 192.168.0.1   

Komputer2 IP Address: 192.168.0.2 

Komputer3 IP Address: 192.168.0.3 

Komputer4 IP Address: 192.168.0.4 dan seterusnya. 

Subnet Mask harus sama: 255.255.255.0

9.   Di Komputer1: klik Start -> klik run-> ketik CMD -> klik OK, maka akan tampil Command Prompt  

10.  Ketik ping 192.168.0.2 tekan enter    harus ada reply dari komputer2    

11.  Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lain.    

 

Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts