Membuat Format Tanggal Otomatis Di Textbox Userform Dengan Vba - Gasskeun Membuat Format Tanggal Otomatis Di Textbox Userform Dengan Vba | Gasskeun

Membuat Format Tanggal Otomatis Di Textbox Userform Dengan Vba

Hai semua, udah usang ga posting artikel di blog ini, hemm jadi buat para pelanggan setia blog excel ini mohon maaf alasannya yaitu ada beberapa kesibukan secara offline.

Makara pada artikel kali ini aku akan mencoba bagaimana cara menciptakan textbox yang otomatis menciptakan format tanggal sehingga temen-temen tidak usah menunjukkan tanda "-" atau tanda "/" pada setiap pemisah tanggal bulan dan tahun.

Cara ini memang cukup sederhana namun beberapa kasus programer banyak yang mengindahkan hal ini. Tentunya masih membahas mengenai Excel macro/VBA jadi coding disini memakai bahasa pemrograman visual basic for Application (VBA).

Langkah pertama silakan Anda buat Userform menyerupai berikut ini dan langkah pembuatah Userform telah aku bahas sebelumnya di blog ini silakan baca-baca kembali. Setelah itu tambahkan 1 buah label dan beri nama Caption nya menjadi "Tanggal" kemudian tambahkan juga objek Textbox


Setelah itu kita akan menciptakan coding dari object Textbox tersebut dengan procedure Text_Change. Lalu temen-temen silakan tuliskan coding dibawah ini

Private Sub Textbox1_Change()
If Len(TextBox1.Value) = 2 Then
t = TextBox1.Value
t = t & "-"
TextBox1.Value = t: t = ""
ElseIf Len(TextBox1.Value) = 5 Then
t = TextBox1.Value
t = t & "-"
TextBox1.Value = t: t = ""
End If
End Sub

COding diatas saat Anda mengetikan 24102018 akan tertulis secara otomatis menjadi 24-10-2018



Nah Anda juga dapat mengetikan coding lain untuk menciptakan format tanggal secara otomatis silakan buatkan pola lain untuk latihan contohnya textbox2 dan textbox3 Anda tambahkan kedua objek tersebut dan tambahkan coding dibawah ini pada procedure textbox_change

Private Sub TextBox2_Change()
If TextBox2.TextLength = 2 Or TextBox2.TextLength = 5 Then
    TextBox2.Text = TextBox2.Text + "-"
End If
End Sub

Contoh Lain menampilkan format tanggal otomatis di excel dengan VBA

Private Sub TextBox3_Change()
    If (oldlength > TextBox3.TextLength) Then
        oldlength = TextBox3.TextLength
        Exit Sub
    End If

    If TextBox3.TextLength = 2 Or TextBox3.TextLength = 5 Then
    TextBox3.Text = TextBox3.Text + "/"
    End If
    oldlength = TextBox3.TextLength
End Sub


Ketiga coding diatas fungsinya sama yaitu untuk menciptakan format tanggal otomatis dengan hanya mengetikkan tanggal, bulan dan tahun maka secara otomatis pemisah tanggal bulan dan tahun menyerupai "-" akan muncul jadi Anda akan cepet dalam entry datanya.

Anda juga dapat memodifikasi untuk menambahkan abjad lain sebagai pemisah tanggal bulan dan tahun contohnya "/" menyerupai pola pada coding ke-3 diatas.

Oke, demikian bagaimana cara menciptakan tanggal otomatis pada textbox di Userform dengan memakai macro/VBA biar bermanfaat.





Related Posts