Cara menciptakan daftar isi di Word 2007 - Table of content atau daftar isi, merupakan salah satu elemen penting dari sebuah buku, yang bertujuan semoga pembaca sanggup mengetahui keseluruhan dari isi buku.
Untuk metode pembuatannya, hampir semua orang melakukannya secara manual (Termasuk saya sendiri dulu). Dimana seluruh subjudul cuilan pada buku, saya tulis kembali pada halaman awal. Lumayan cukup bikin repot.
Tapi itu dulu, dan kini tidak lagi. Karena ternyata ada cara untuk menciptakan daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word.
Ya, Microsoft Word, memang mendukung pembuatan table of content, dan sebetulnya sudah usang dari dulu ada. Tapi pembuatannya ini harus dilakukan dengan cara tertentu (Karena itulah kurang banyak yang tahu).
Dan pada tutorial berikut ini saya ingin membahas hal tersebut.. Yakni bagaimana cara buat daftar isi (Otomatis) menggunakan software Office Word versi 2007.
Tutorial ini ditujukan untuk Anda yang belum paham, serta sedang menciptakan makalah, jurnal, skripsi, buku atau dokumen lainnya.
Langsung saja, berikut caranya :
Sebelum melangkah ke tutorial utama, Anda harus terlebih dahulu memberi Heading dan Subheading pada dokumen Anda.
Heading dan Subheading ini fungsinya untuk memilih mana yang judul, dan mana yang subjudul. Tujuannya untuk mengambarkan halaman untuk satu pembahasan tertentu semoga lebih gampang dibaca.
Caranya, Anda sanggup tinggal heading dengan cara memberi judul pada satu pembahasan, dan memberi subheading bila terdapat pembahasan lebih detail. Misalnya ibarat ini :
Gambar diatas hanyalah contoh. Anda harus menyesuaikan heading dan subheading dengan dokumen Anda, alasannya yaitu saya yakin niscaya kadang ada yang berbeda layoutnya.
Nah, bila Anda sudah menciptakan heading dan subheadingnya, lanjut lagi ke langkah berikutnya :
Sebenarnya menciptakan daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2007 ini sangatlah mudah. Daftar isi, kalau dalam bahasa Inggris berarti 'Table of contents'. Nah, pada Word 2007 terdapat opsi Table of Contents yang didalamnya terdapat fitur automatic table.
Langkah 1 : Pertama, silakan buka terlebih dahulu Office Word 2007 Anda, kemudian buka dokumen yang ingin Anda beri daftar isi (Dan sudah diisi heading dan subheading).
Langkah 2 : Klik pada cuilan kosong dimana Anda mau menciptakan daftar isinya (Misalnya di cuilan atas).
Langkah 3 : Selanjutnya, lihat pada menu.. >> Klik References >> Kemudian klik Table Of Contents >> Kemudian pilih model table yang Anda inginkan, antara Automatic Table 1 atau Automatic Table 2.
Langkah 4 : Maka daftar isi otomatis akan secara otomatis dibuat.
Praktis bukan? dan ibarat yang Anda lihat, heading dan subheading yang tadi telah dibuat, akan secara otomatis masuk ke dalam daftar isi tersebut. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mengisinya secara manual.
Untuk metode pembuatannya, hampir semua orang melakukannya secara manual (Termasuk saya sendiri dulu). Dimana seluruh subjudul cuilan pada buku, saya tulis kembali pada halaman awal. Lumayan cukup bikin repot.
Tapi itu dulu, dan kini tidak lagi. Karena ternyata ada cara untuk menciptakan daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word.
Ya, Microsoft Word, memang mendukung pembuatan table of content, dan sebetulnya sudah usang dari dulu ada. Tapi pembuatannya ini harus dilakukan dengan cara tertentu (Karena itulah kurang banyak yang tahu).
Dan pada tutorial berikut ini saya ingin membahas hal tersebut.. Yakni bagaimana cara buat daftar isi (Otomatis) menggunakan software Office Word versi 2007.
Tutorial ini ditujukan untuk Anda yang belum paham, serta sedang menciptakan makalah, jurnal, skripsi, buku atau dokumen lainnya.
Langsung saja, berikut caranya :
Membuat Heading dan Subheading pada dokumen
Sebelum melangkah ke tutorial utama, Anda harus terlebih dahulu memberi Heading dan Subheading pada dokumen Anda.
Heading dan Subheading ini fungsinya untuk memilih mana yang judul, dan mana yang subjudul. Tujuannya untuk mengambarkan halaman untuk satu pembahasan tertentu semoga lebih gampang dibaca.
Caranya, Anda sanggup tinggal heading dengan cara memberi judul pada satu pembahasan, dan memberi subheading bila terdapat pembahasan lebih detail. Misalnya ibarat ini :
Gambar diatas hanyalah contoh. Anda harus menyesuaikan heading dan subheading dengan dokumen Anda, alasannya yaitu saya yakin niscaya kadang ada yang berbeda layoutnya.
Nah, bila Anda sudah menciptakan heading dan subheadingnya, lanjut lagi ke langkah berikutnya :
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007
1. Membuat Daftar Isi Dari Fitur Automatic Table
Sebenarnya menciptakan daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2007 ini sangatlah mudah. Daftar isi, kalau dalam bahasa Inggris berarti 'Table of contents'. Nah, pada Word 2007 terdapat opsi Table of Contents yang didalamnya terdapat fitur automatic table.
Automatic table inilah yang nantinya akan kita buat, untuk dijadikan sebagai daftar isi.
Untuk caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
Langkah 1 : Pertama, silakan buka terlebih dahulu Office Word 2007 Anda, kemudian buka dokumen yang ingin Anda beri daftar isi (Dan sudah diisi heading dan subheading).
Langkah 2 : Klik pada cuilan kosong dimana Anda mau menciptakan daftar isinya (Misalnya di cuilan atas).
Langkah 3 : Selanjutnya, lihat pada menu.. >> Klik References >> Kemudian klik Table Of Contents >> Kemudian pilih model table yang Anda inginkan, antara Automatic Table 1 atau Automatic Table 2.
Langkah 4 : Maka daftar isi otomatis akan secara otomatis dibuat.
Praktis bukan? dan ibarat yang Anda lihat, heading dan subheading yang tadi telah dibuat, akan secara otomatis masuk ke dalam daftar isi tersebut. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mengisinya secara manual.
Cara Merapihkan Daftar Isi
Setelah mengikuti tutorial tadi, langkah terakhir Anda tinggal merapihkan daftar isi yang telah dibentuk tersebut. Untuk merapihkannya tinggal diadaptasi dengan kebutuhan saja.
Nah, untuk yang penting-pentingnya, mungkin Anda sanggup melaksanakan hal berikut :
- Mengganti judul daftar isi : Klik pada goresan pena Content atau Table of content kemudian sesuaikan ganti tulisannya ibarat biasa :
- Menggeser judul ke cuilan tengah : Lakukan blok pada goresan pena judul, kemudian klik Ctrl + E :
- Memberi Bold : Klik pada goresan pena yang ingin ditebalkan, kemudian klik Ctrl + B :
- Mengupdate Table : Jika Anda melaksanakan perubahan penomoran halaman atau perubahan pada heading / subheading, saya sarannkan untuk klik Update Table >> Lalu klik Update Page number (Halaman) atau Update entire table (Keseluruhan daftar isi)
Nah, dengan begitu secara otomatis daftar isi akan berubah menyesuaikan apa yang telah Anda ubah sebelumnya. Dengan catatan, untuk Update entire table, penggantian judul heading, subheading dan bold yang telah dilakukan nanti akan hilang.
2. Cara Membuat Daftar Isi Titik-Titik Otomatis Di Microsoft Word 2007
Kurang cocok dengan cara tadi atau punya layout dokumen yang berbeda? Nah, mungkin Anda sanggup menciptakan daftar isinya secara manual.
Ya, daftar isi pada Word, juga sanggup dibentuk secara manual. Namun yang paling repot, itu yaitu mengetik titik-titiknya yang notabene cukup banyak.
Nah, menggunakan cara ini Anda sanggup menciptakan daftar isi titik-titik secara otomatis menggunakan Office Word 2007 :
Langkah 1 : Pada dokumen Anda, buat halaman kosong di page 1, kemudian klik references >> Table of contents >> kemudian pilih Manual table.
Langkah 2 : Setelah itu Table Of Contents akan secara otomatis dibentuk di laman kerja.
Seperti yang Anda lihat, daftar isi tersebut masih belum rapih dan pastinya belum sesuai dengan dokumen Anda.
Sekarang Anda tinggal mengganti judul, memberi spasi serta menyesuaikan nama dan halamannya saja. Contohnya ibarat ini :
Nah, gampang bukan? Ketimbang mengetik secara full manual, menggunakan cara ini jauh lebih simpel. Anda tinggal merubah beberapa cuilan daftar isinya saja juga sudah cukup.
Penutup...
Demikian, sedikit warta dari saya wacana bagaimana caranya untuk menciptakan daftar isi di Microsoft Office Word 2007 secara otomatis.
Pada tutorial ini, saya buat langkah-langkahnya sesimpel dan sejelas yang saya bisa. Karena itu, mungkin ada perlu beberapa penyesuaian kembali pada dokumen Anda.
Kesimpulannya secara basic, menciptakan daftar isi itu tidaklah sulit. Hanya saja menyesuaikan daftar isi dengan dokumen yang telah dibentuk itulah yang mungkin perlu dipahami.
Nah, bila ada langkah yang tidak dimengerti, silakan tanyakan lewat kotak komentar dibawah,
Semoga bermanfaat,
Pada tutorial ini, saya buat langkah-langkahnya sesimpel dan sejelas yang saya bisa. Karena itu, mungkin ada perlu beberapa penyesuaian kembali pada dokumen Anda.
Kesimpulannya secara basic, menciptakan daftar isi itu tidaklah sulit. Hanya saja menyesuaikan daftar isi dengan dokumen yang telah dibentuk itulah yang mungkin perlu dipahami.
Nah, bila ada langkah yang tidak dimengerti, silakan tanyakan lewat kotak komentar dibawah,
Semoga bermanfaat,