Beberapa Cara Mengaktifkan Range Dengan Coding Vba (Macro Excel) - Gasskeun Beberapa Cara Mengaktifkan Range Dengan Coding Vba (Macro Excel) | Gasskeun

Beberapa Cara Mengaktifkan Range Dengan Coding Vba (Macro Excel)

Coding VBA sangat berperan penting untuk membantu kita dalam menciptakan sebuah keputusan yang membutuhkan pengolahan data memakai Ms. Excel tentunya berbagai hal yang belum saya pahami dan masih banyak juga hal yang belum pernah saya coba sebelumnya untuk berguru mengenai VBA.

Bagaimana cara mengaktifkan range atau menentukan range memakai coding VBA atau lebih dikenal dengan macro. Memilih range biasanya kita cukup memindahkan pointer memakai anak panah (arrow) pada keyboard atau mengklik eksklusif atau bahkan drag range mana yang akan dipilih. Namun Anda juga dapat menentukan range memakai coding VBA


Bagaimana Cara Memilih Range memakai Coding VBA Excel?

Sebuah pertanyaan yang sempurna bagi Anda yang sedang membutuhkan bahan mengenai VBA Excel sebab pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya hingga tuntas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menentukan range atau alamat range memakai VBA tentunya cara ini memang banyak digunakan oleh seorang programmer VBA Excel saat mereka menciptakan aplikasi berbasis VBA namun jikalau Anda belum pernah mencobanya silakan baca dan simak baik-baik.

Prosedur Pemilihan range dengan coding VBA
Range(“NamaRange”).Activate

Cara Pertama
Cara pertama sebetulnya juga biasa dilakukan oleh saya sendiri, jikalau Anda melihat mekanisme pemilihan range maka cukup sederhana. Misalnya saya akan menentukan range A1:C10 maka cukup Anda ketikan coding VBA nya ialah :

range("A1:C10").active

Sebenarnya Anda juga dapat mengetikkan range("A1:C10").select keduanya sama saja berfungsi untuk menentukan dan mengaktifkan range yang dimaksud. range A1:C10 biasanya disebut dengan range banyak (multiple) jikalau Anda akan memakai pemilihan range single cukup tuliskan range("A1").active


Cara Kedua
Cara kedua ini juga biasa dilakukan untuk menentukan range contohnya saya akan menentukan dengan teladan yang sama yaitu menentukan range A1:A10 maka Anda dapat mengetikan pemilihan range dengan cara sebagai berikut :

Range(Cells(1, 1), Cells(10, 3)).Activate

Jika Anda memakai cara kedua ini alhasil akan sama yaitu menentukan range A1:C10 Intinya ialah cells(1,1) ialah A1 sedangkan cells(10,3) ialah cell C10 Jika Anda menentukan cara kedua Anda harus paham sebab memang kebalikan dari cara 1 jikalau cara 1 dibaca A1 sedangkan cara 2 dibaca (1,1)

Demikian biar bermanfaat.

Baca:
Range Selection dengan VBA

Related Posts