Biografi Ken Kutaragi — Penemu Mesin Console Game Playstation - Gasskeun Biografi Ken Kutaragi — Penemu Mesin Console Game Playstation | Gasskeun

Biografi Ken Kutaragi — Penemu Mesin Console Game Playstation


Ken Kutaragi yaitu penemu game PlayStation yang sekarang banyak dimainkan kalangan belum dewasa dan remaja. Ia dilahirkan pada tanggal 8 Agustus 1950 di Tokyo, Jepang. Sewaktu kecil ia sangat rajin dan tergolong dalam murid yang cerdik dan mendapat nilai bagus. Ia suka memperhatikan mainan, dan bagaimana cara kerja mainan itu, sampai sekarang Kutaragi menjadi tertarik pada barang elektonik dan ia tekuni lagi ketertarikan itu dengan berguru di Denki Tsushin University. Kutaragi bukanlah keturunan konglomerat, ia hidup sederhana dan berbisnis pada sebuah pabrik percetakan, di situlah Kutaragi banyak berguru dan membuatkan kemampuan.

Tergolong dalam siswa yang cerdas, gampang sekali untuknya mendapat kerja dan ketika itu ia bekerja dengan Sony sesudah menamatkan gelar insinyur bidang elektro. Kutaragi yaitu spesialis masalah solver. Pekerjaan yang ia lakukan selalu berjalan dan berhasil, salah satunya proyek penciptaan liquid crystal plays dan kamera digital.

Ia membuat mesin console game PlayStation dimulai pada simpulan tahun 1980. Ia terinspirasi pada putrinya yang memainkan sebuah Famicom. Awalnya Kutaragi ingin berbisnis video games, tapi Sony mengacuhkannya. Di sisi lain ada perusahaan lain yang mencium kemampuan Kutaragi yaitu Nintendo, dan memintanya untuk dibuatkan chip, tapi tetap saja ia menolak alasannya yaitu sedang bekerja untuk Sony.

Setelah bencana itu, tanpa sepengetahuan siapapun ia mengerjakan proyek diam-diam untuk perusahaan Nintendo. Ia mendesain sebuah chip SPC700. Dan alhasil Sony mengetahui apa yang dikerjakan Kutaragi untuk Nintendo perusahaan pesaing Sony. Kutaragi hampir saja dipecat, seandainya CEO Sony yaitu Norio Ohga, tidak turun tangan. Dia meminta Kutaragi menuntaskan kiprah sampingannya itu.



Kutaragi yang suka membongkar mengusut barang mekanik ini terus meminta Sony untuk membiayai riset pembuatan teknologi yang diaplikasikan untuk PS yaitu Super NES CD. Pihak Sony masih mencurigai ambisi itu, tapi beruntungnya Norio Ohga mendukungnya Kutaragi. Sehingga pada tahun 1990, sudah resmi Sony meriliskan produk PS. Dan PlayStation telah tiba ke dunia kemudian populer dan mendatangkan banyak dollar untuk Sony. Hingga pada tanggal 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi sebayak 100 juta PS. Dan itu membuat Kutaragi resmi sebagai presiden Sony Computer Entertainment pada 1997.

Itulah Biografi Ken Kutaragi Penemu Mesin Console Game PlayStation yang mendapat reputasi baik, dan sebagai masalah solver yang membawa kesuksesan.

Related Posts