Cara Biar Artikel Cepat Terindex Google - Gasskeun Cara Biar Artikel Cepat Terindex Google | Gasskeun

Cara Biar Artikel Cepat Terindex Google

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di halaman pertama google.

Namun persaingan ini semakin ketat dan sulit untuk mendapat posisi teratas di google.

Tanpa kita telusuri juga hal ini sudah niscaya terjadi, banyak artikel atau postingan gres yang di terbitkan setiap hari oleh pemilik website maupun blogger di seluruh dunia.

Bayangkan saja bila niche atau tema website kita mempunyai jumlah pesaing yang banyak tentu kesempatan untuk menempati urutan pertama di google juga akan semakin sulit.

Apalagi baru-baru ini google sudah menerapkan algoritma baru, tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua.

Sebenarnya supaya artikel dapat di index google dalam waktu beberapa detik saja dapat dilakukan dengan mudah, Anda hanya perlu melaksanakan submit URL gres ke google search console.

Hal ini juga sudah bukan diam-diam lagi, sudah semenjak beberapa tahun kemudian saya menerapkan cara ini sehabis posting artikel gres di blog.

Dalam waktu beberapa menit saja atau bahkan hanya perlu beberapa detik saja artikel sudah dapat tampil di hasil pencarian google, dan kalau beruntung dapat ada di halaman pertama dan urutan teratas.

Cara ini memang sangat ampuh untuk mempercepat indeks artikel blog atau website, namun ada beberapa hal yang gres dan berbeda dari cara sebelumnya.

Faktor utama supaya artikel cepat terindex google bukan lagi melalui submit URL melainkan Fetch as google yang dapat Anda lakukan pada google webmaster.

Walaupun begitu saya tetap melaksanakan kedua hal tersebut.

Tapi masih ada faktor lain juga supaya postingan website atau blog menjadi nomor 1 di google, mari kita bahas bersama cara supaya artikel cepat terindex google di bawah ini.

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

1. Daftarkan Blog / Website ke Google Webmaster

Agar blog atau website muncul di google, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke Google Search Console atau yang biasa kita kenal sebagai Google Webmaster.

Tujuan mendaftarkan blog atau website Anda ke webmaster tool ini yakni untuk memverifikasi bahwa Anda merupakan pemilik resmi blog atau website tersebut.

Baca juga: Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster

Jika Anda sudah berhasil memverifikasi situs Anda, maka dalam kurun waktu beberapa hari saja blog atau website Anda sudah dapat muncul di google.

2. Tambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Setelah mendaftarkan blog Anda ke webmaster tool dan sudah berhasil memverifikasinya, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menambahkan sitemap blog Anda ke google webmaster.

Baca juga: Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster

Sitemap atau peta situs ini berfungsi untuk memudahkan robot atau spider untuk melaksanakan perayapan (crawling) ke seluruh URL yang ada pada sitemap situs Anda.

Pada umumnya sitemap blog berisi sekumpulan artikel, mulai dari yang paling usang semenjak pertama Anda menciptakan blog sampai postingan terbaru.

Khusus untuk pengguna platform blogger, secara default sitemap blog Anda sudah ada tanpa perlu menambahkannya ke webmaster tool, namun untuk melaksanakan beberapa adaptasi maka Anda perlu menabahkannya.

Untuk pengguna wordpress, mungkin Anda perlu menambahkannya dengan cara menginstal sebuah plugin, sitemap ini harus ada dan bersifat wajib.

Dengan memakai sitemap, setiap konten yang ada di blog atau website Anda akan terindex secara otomatis, namun dengan jangka waktu tertentu dan tergantung seberapa cepat google melaksanakan perayapan pada situs Anda.

3. Melakukan Ping ke Google Webmaster

Perhatian! Untuk dikala ini melaksanakan ping ke webmaster tool sedang mengalami kendala, hal ini sudah terjadi semenjak beberapa bulan lalu.

Ping Google Webmaster Tool:
https://www.google.com/webmasters/tools/ping
blogsearch.google.com/ping

Jika Anda membuka kedua URL di atas mungkin akan muncul sebuah pesan Error 400 atau Bad Request.

Meski sendang mengalami masalah, saya harap fitur ini dapat dipakai kembali.

Oleh sebab itu, saya tetap menambahkan ping ke google webmaster di artikel ini sebab melaksanakan ping ke google dapat juga untuk mempercepat index sebuah artikel atau blog Anda.

4. Melakukan Submit URL ke Google Webmaster

Dulu, atau beberapa bulan kemudian untuk mempercepat artikel supaya dapat terindex di google dapat dengan cara melaksanakan submit URL di google search console.

Tapi, yang saya alami hal ini tidak secepat dulu.

Biasanya sehabis submit URL artikel muncul akan terindex dalam hitungan detik atau menit, tapi kini perlu waktu berhari-hari supaya artikel terindeks google.

Namun hal ini masih perlu Anda lakukan untuk mempercepat index artikel Anda di hasil penelusuran google, silahkan lakukan submit URL gres dengan membuka tautan ini.

https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

Fitur ini membantu untuk memberitahu setiap URL gres yang akan di tambahkan pada indeks google, namun tidak menjadi jaminan atau prediksi kapan artikel atau postingan gres Anda akan muncul di indeks google.

5. Melakukan Fetch as Google di Google Webmaster

Pada akun resmi twitter Google Webmaster mengatakan:
For normal crawling and indexing, just use a sitemap file. To submit individual URLs, use Fetch as Google. But if you just want to click "↻ recrawl," we're never gonna let you down.
Dari kutipan di atas, dapat kita ketahui bahwa untuk perayapan dan indeks normal cukup memakai sitemap yang artinya dengan memakai sitemap saja secara otomatis website dan konten yang ada pada situs Anda akan otomatis di index namun dengan jangka waktu tertentu.

Untuk melaksanakan submit URL individu ibarat halaman atau artikel gres dapat memakai Fetch as Google, jadi kalau Anda sudah memposting atau mempublish artikel gres silahkan lakukan Fetch as Google ini di Google Search Console.

Tapi untuk fitur "↻ recrawl" ini belum tersedia baik di webmaster tool yang usang maupun webmaster tool yang baru, kita tunggu saja update dari google webmaster.

Untuk melaksanakan Fetch as Google silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Masuk ke Gooogle Search Console.
2. Pilih salah satu website atau blog Anda yang sudah di verifikasi.
3. Kemudian klik pada pecahan Crawl > Fetch as Google.
4. Lalu masukan URL artikel ibarat gambar di bawah ini dan klik Fetch.

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

5. Lalu klik Request Indexing.

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

6. Kemudian akan muncul popup, silahkan verifikasi reCAPTCHA kemudian pilih Crawl only this URL kemudian klik Go.

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Catatan:
Submit URL dan Fetch as Google: Jika Anda ingin memakai fitur ini lebih baik menggunakannya maksimal 10 kali per hari sebab ada batas maksimalnya dan akan di reset setiap minggu.

Cara Mengetahui Apakah Artikel Sudah Terindex Atau Belum

Cara paling gampang untuk mengetahui apakah artikel atau postingan yang gres saja kita publikasikan sudah terindex atau belum cukup mudah.

Jika Anda memakai browser Google Chrome, caranya buka Google Penyamaran dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + N kemudian ketik URL google.com atau google.co.id sehabis itu tulis URL artikel yang gres Anda publish, misalnya ibarat gambar di bawah ini.

Semua orang tentu menginginkan supaya website atau blog mereka muncul di  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Itulah artikel mengenai cara supaya artikel cepat terindex google, dengan menerapkan cara ini saya yakin setiap artikel yang Anda publish akan cepat diindex google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Sumber https://www.caramanual.com/

Related Posts