Lengkap Panduan Cara Gampang Tayammum Bagi Umat Islam - Gasskeun Lengkap Panduan Cara Gampang Tayammum Bagi Umat Islam | Gasskeun

Lengkap Panduan Cara Gampang Tayammum Bagi Umat Islam


Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam

situsislami.net - halo sobat semua, jumpa lagi dengan admin yang insya allah selalu update aneka macam artikel, baik itu mengenai islmi,pendidikan,serta tutorial seputar blogger. namun admin di sini lebih memfokuskan kepada artikel islami. 
Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam
tata cara tayammum

Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam - segala puji hanya milik allah swt. hidup kita,mati kita semua ada pada ketentuan allah swt. sholawat serta salam agar selalu tercurahkan kepada sang revolusi dunia,sang legenda islam ,sang pembela islam yaitu rosululloh saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang menerang,yakni adanya islam wal iman.

tidak jarang dari kita melihat sebagian dari saudara kita di kalangan kaum muslimin yang masih gila dengan istilah tayammum, namun sudah sebagian lainnya kata tayammum ini sudah tidak gila lagi di kehidupan sehari harinya. sebelum kita lanjut ke yang lebih inti lagi, admin di sini ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai tayammum

pengertian Tayammum Adalah

tayammum secara bahasa dapat di artikan sebagai Al Qosdu yang berarti Maksud. sedangkan secara istilah dalam syari'at islam ialah sebuah peribadatan kepada allah berupa mengusap wajah serta kedua tangan kita memakai sho'id yang bersih. Sho'id sanggup di artiken seluruh permukaan bumi yang sanggup di gunakan u tuk bertayammum baik yang terdapat tanah di atasnya ataupun tidak.

Untuk Dalilnya mengenai tayammum adalah.

Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam
dalil tayammum
untuk media yang sanggup di gunakan untuk tayammum adalah
permukaan bumi yang higienis baik itu berupa pasir,batuan,tanah yang kering serta abu yang bersih.hal ini berdasarkan hadist rosululloh dari sobat Hudzaifah Ibnul Yaman RA.

جُعِلَتِ الأَرْضُ كُلُّهَا لِى وَلأُمَّتِى مَسْجِداً وَطَهُوراً

“Dijadikan (permukaan, pent.) bumi seluruhnya bagiku (Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam) dan ummatku sebagai daerah untuk sujud dan sesuatu yang dipakai untuk bersuci”.

jika suatu ketika ada yang menyampaikan bukankah dalam hadist Hudzaifah Ibnul Yaman Rosululloh Bersabda Tanah...?! Kita Katakan Sama Yang di katakan oleh Ash Shon'ani rohimahullah. dalam tanda kutip "Penyebutan Sebagian Anggota Lafadz Umum Bukanlah Pengkhususan"

dan perlu sobat ketahui juga, bahwa dalam hal ini merupakan pendapat Al Auzaa'i, Sufyan Ats Tsauri Imam Malik, Imam Hanifah, Syaikh Al Albani dan masih banyak yang lainnya yang tidak sanggup saya sebutkan satu persatu.

Keadaan yang Menyebabkan Untuk bertayammum adalah

1. jikalau tidak ada air, baik dalam keadaan safar atau juga dalam keadaan perjalanan
2. terdapat air namun( Dalam Jumlah Terbatas )serta bersamaan dengan kebutuhan lain yang memerlukan air tersebut. pola semisal minum serta memasak.
@ Adanya Kekhawatiran jikalau bersuci dengan air, maka akan membahayakan tubuhnya
@ Tidak bisa menggunakanmair Untuk Berwudhu Di karenak lagi sakit
@ Khawatir kedinginan Jika bersuci dengan Air Dan tidak Adanya Yang sanggup Menghangatkanair tersebut.

Gambar tata Cara Tayammum


Dan dalam salah satu lafadz riwayat Bukhori ialah sebagi berikut,

وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً

“Dan dia mengusap wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan sekali usapan”.

Berdasarkan hadits di atas kita sanggup menyimpulkan bahwa tata cara tayammum dia shallallahu ‘alaihi was sallam ialah sebagai berikut.

1. Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
2. Kemudian menyapu punggung telapak ajun dengan tangan kiri dan sebaliknya.
3. Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.
4. Bagian tangan yang diusap ialah kepingan telapak tangan hingga pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak hingga siku ibarat pada ketika wudhu
5. Tayammum sanggup menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
6. Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.

Pembatal Tayammum

 

Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam Lengkap Panduan Cara Praktis Tayammum Bagi Umat Islam
pembatalan tayammum



sekian artikel ini admin tulis, agar bisa bermanfaat, silahkan di share jikalau berdasarkan sobat ini sebuah kebaikan. sekian dari saya, wassalam

Sumber https://www.situsislami.net/

Related Posts