Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel - Berhati-hatilah terhadap pengeluaran kecil. Keretakan kecil sanggup menenggelamkan kapal besar. Begitulah perkataan bijak salah seorang tokoh Amerika Serikat yang telah meninggalkan banyak karya selama hidupnya.
Dari perkataan bijak tersebut sanggup kita ambil kesimpulan bahwa pengeluaran kecil ibarat membayar parkir, rokok, ngopi, dan belanja online, akan menjadikan kita mengalami kerugian besar apabila kita tidak sanggup mengontrolnya.
Seseorang yang sanggup mengatur segala sesuatu dalam hidupnya, termasuk aktivitas kegiatan sehari-hari hingga laporan keuangan hariannya, dan dengan kedisiplinannya secara konsisten menjalani hidupnya dengan teratur, mengalahkan rasa malas dan perilaku acuhnya, maka orang tersebut sanggup dikatakan telah menjalani kehidupan yang efektif.

Untuk sanggup mencapai segala harapan kita selama hidup, dengan usia produktif kita yang sangat terbatas, sangat dianjurkan untuk menjalani kehidupan seefektif mungkin.
Nah, kali ini Blog akan sharing sedikit mengenai pemanfaatan MS Excel untuk menciptakan laporan keuangan sederhana kita sehari-hari. Bagi Anda yang memulai berguru hidup mandiri, anak kost-an hingga yang sudah berumah tangga, sangat dianjurkan untuk mencoba trik ini.
1. Buatlah tabel dengan format ibarat gambar di bawah ini.
Dari perkataan bijak tersebut sanggup kita ambil kesimpulan bahwa pengeluaran kecil ibarat membayar parkir, rokok, ngopi, dan belanja online, akan menjadikan kita mengalami kerugian besar apabila kita tidak sanggup mengontrolnya.
Seseorang yang sanggup mengatur segala sesuatu dalam hidupnya, termasuk aktivitas kegiatan sehari-hari hingga laporan keuangan hariannya, dan dengan kedisiplinannya secara konsisten menjalani hidupnya dengan teratur, mengalahkan rasa malas dan perilaku acuhnya, maka orang tersebut sanggup dikatakan telah menjalani kehidupan yang efektif.
Untuk sanggup mencapai segala harapan kita selama hidup, dengan usia produktif kita yang sangat terbatas, sangat dianjurkan untuk menjalani kehidupan seefektif mungkin.
Nah, kali ini Blog akan sharing sedikit mengenai pemanfaatan MS Excel untuk menciptakan laporan keuangan sederhana kita sehari-hari. Bagi Anda yang memulai berguru hidup mandiri, anak kost-an hingga yang sudah berumah tangga, sangat dianjurkan untuk mencoba trik ini.
1. Buatlah tabel dengan format ibarat gambar di bawah ini.
2. Jika sudah, catat tiap pemasukan dan pengeluaran ke dalam tabel tersebut.
- No : banyak kegiatan pemasukan dan pengeluaran tiap bulan
- Tanggal : tanggal terjadinya tiap pemasukan dan pengeluaran
- Keterangan : rincian kegiatan pemasukan dan pengeluaran
- Debet : pemasukan
- Kredit : pengeluaran
Masukkan rumus berikut ke dalam sel F3.
=IF(OR(D3<>0;E3<>0);SUM(D$3:D3)-SUM(E$3:E3);0)
4. Copy dan paste rumus Saldo pada sel F3 ke sel-sel dibawahnya, lebih cepat dengan cara drag kursor ke bawah (auto fill).
5. Isi kolom jumlah pemasukan, pengeluaran, dan saldo dengan rumus dasar Excel.
- D8 : =SUM(D3:D7)
- E8 : =SUM(E3:E7)
- F8 : =D8-E8
Cobalah untuk konsisten melaksanakan pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda tiap bulan dan rasakan perbedaannya.
Sekian artikel Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel, kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kotak komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, ya!
Sumber https://duarupa.blogspot.com/
5. Isi kolom jumlah pemasukan, pengeluaran, dan saldo dengan rumus dasar Excel.

Cobalah untuk konsisten melaksanakan pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda tiap bulan dan rasakan perbedaannya.
Sekian artikel Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel, kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kotak komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, ya!
Sumber https://duarupa.blogspot.com/
- D8 : =SUM(D3:D7)
- E8 : =SUM(E3:E7)
- F8 : =D8-E8
Cobalah untuk konsisten melaksanakan pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda tiap bulan dan rasakan perbedaannya.
Sekian artikel Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel, kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kotak komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, ya!
Sumber https://duarupa.blogspot.com/
Related Posts
- Fungsi Tanda $ Dolar Sel Acuan Diktatorial Pada ExcelFungsi Tanda $ Dollar Absolute Cell Reference Pada Excel - Sebelum memahami apa fungsi absolut, terlebih dahulu kita pahami apa itu sel referensi. D ...
- Cara Memakai Rumus Fungsi Sumif Dan Sumifs ExcelCara Menggunakan Rumus Fungsi SUMIF dan SUMIFS di MS Excel - Setelah sebelumnya kita berguru wacana rumus dasar penjumlahan Excel, kali ini blog aka ...
- Cara Gampang Menggabungkan Data Sel Di ExcelCara Menggabungkan Data Sel di Excel - Kali ini blog akan membuatkan 3 cara untuk menggabungkan data di dalam sel Excel. Data yang hendak digabungk ...
- Cara Memakai Rumus Vlookup Dan Hlookup ExcelFungsi dan Memahami Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di MS Excel - Salah satu rumus pada Microsoft Excel yang harus Anda kuasai yaitu rumus ...
- Fungsi Dan Cara Memakai Rumus If Pada Microsoft ExcelFungsi dan Cara Menggunakan Rumus IF di MS Excel - Salah satu rumus yang paling sering dipakai pada Microsoft Excel yaitu rumus IF. Kali ini blog m ...
- Cara Copy Paste Cepat Di Excel (Auto Fill)Tips dan Trik Copy Paste Cepat di MS Excel (Auto Fill) - Apa itu auto fill? Auto Fill yaitu suatu fungsi dalam Excel untuk mengisi sel kosong secara ...