Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer - Gasskeun Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer | Gasskeun

Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer

 Dalam sejarah jaringan komputer diseluruh dunia dan dimulai pada tahun  Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer


Tips dan Trik Komputer - Dalam sejarah jaringan komputer diseluruh dunia dan dimulai pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk pertahanan Advance Research Projects Agency (DARPA) yang bertujuan mengadakan penelitian wacana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. 
 
Program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET (Advance Research projects Agency Network). Pada tahun 1970, terdapat lebih dari 10 komputer yang telah berhasil terhubung (satu dengan yang lainnya) yang saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan aktivitas e-mail yang ia ciptakan pada setahun yang kemudian untuk riset ARPANET.  
 
Program e-mail tersebut begitu gampang dan lansung terkenal ketika itu. Pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai sebuah lambang yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, sebuah jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan secara meluas hingga luar Amerika Serikat. Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer di University College yang berada London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama pula, dua orang andal komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar dan menjadi cikal bakal pedoman sebuah International Network. Ide ini telah dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.

Hari bersejarah berikutnya yang terjadi pada tanggal 26 Maret 1976. Pada ketika itu, Ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, terdapat lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau Network.

Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin membuat Newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). Pada tahun 1981, France Telecom membuat trobosan gres dengan meluncurkan sebuah telepon televisi pertama dunia (orang sanggup saling menelepon sambil berinteraksi dengan Video link).

Seiring berjalannya dengan bertambahnya komputer yang membentuk sebuah jaringan, diharapkan sebuah protokol resmi yang sanggup diakui dan sanggup diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, ketika pada tahun 1982 dibuat sebuah komisi yaitu Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP), yang kita kenal hingga hingga ketika ini. Sementara itu, di daratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network (Eunet) yang mencakup wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name system (DNS). Dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. Pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang terhubung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer atau lebih.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer sanggup berinteraksi secara eksklusif dengan pengiriman pesan (Chatting). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berafiliasi melonjak 10 kali lipat. Tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 yakni tahun yang paling bersejarah sepanjang masa, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang sanggup menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk sebuah jaringan. Program tersebut yang dinamakan dengan WWW atau World Wide Web.

Pada Tahun 1992, komputer yang sanggup saling tersambung dan membentuk sebuah jaringan sudah melampaui lebih dari satu juta komputer. Pada tahun yang sama terdapat sebuah istilah yang keren pada masanya, yaitu Surfing (Menjelajah). Tahun 1994, terdapat situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan begitu subur (setidaknya, pada ketika itu terdapat 3.000 alamat halaman) dan dalam bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail telah muncul di aneka macam situs. Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer Dunia terus dan semakin berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama didunia, yaitu Yahoo!. yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan final tahun 1994.



Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts