Cara Memakai Aplikasi Canva Untuk Pemula - Gasskeun Cara Memakai Aplikasi Canva Untuk Pemula | Gasskeun

Cara Memakai Aplikasi Canva Untuk Pemula

Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books.  Fusion Books sendiri merupakan alat desain online yang di kembangkan oleh  Melanie Perkins dan Co-founder Cliff Obrecht pada sekitaran tahun 2012. Tools ini  mulanya hanya bertujuan untuk memudahkan para siswa dan guru dalam menciptakan buku tahunan mereka sendiri. Namun menyadari bahwa teknologi yang sedang mereka kembangkan sanggup dipakai jauh lebih luas lagi. Maka Melanie Perkins dan Cliff Obrecht setuju untuk mengalihkan ke Cameron Adams sebagai Co-founder Canva.


Fitur-Fitur Canva

Fitur-fitur Canva sanggup di katakan sangatlah lengkap alasannya sanggup memudahkan siapapun dalam mengerjakan project yang berkaitan dengan desain grafis. Fitur-fitur tersebut antara lain, fitur pelurus foto, fitur pemangkas gambar (crop image), fitur penambah teks ke foto, fitur pembuat gelembung percakapan (seperti di komik), penyempurna foto, pemburaman foto, Vinyet foto (kesan jadul), Ikon gratis, bingkai foto, stiker, dan masih banyak lagi yang sanggup kita coba.

Fitur-fitur ini sangat mempunyai kegunaan dan sudah banyak di gunakan untuk pembuatan feeds media umum (Cover atau Background foto Instagram, Facebook, Twitter, dll), media promosi (Canva untuk Iklan Digital, ), pembuatan template dokumen (Menggunakan Canva untuk CV, Presentasi dll), konten blog,  pembuatan announcement, sampai cover e-book.


Kelebihan dan Kekurangan Canva

Kelebihan  Canva
  • Canva tidak perlu di instal di komputer alasannya berbasis aplikasi web.
  • Canva mendukung bahasa jawa, sunda, Indonesia, dan lain-lain.
  • Tampilan Canva sangat sederhana namun user friendly.
  • Mudah di gunakan oleh siapapun alasannya adanya fitur drag and drop.
  • Tersedia banyak sekali font dan template yang menarik.
  • Hasil project desain sanggup di download dan di simpan dalam banyak sekali format (JPG,PNG,PDF,dll).
  • User atau pengguna Canva sanggup membagikan hasil karya mereka serta melaksanakan kerja sama dengan tim atau desainer lainnya dalam hal menghasilkan desain yang lebih menarik dan profesional.

Kekurangan  Canva
  • Canva membutuhkan koneksi internet untuk sanggup digunakan.
  • Di butuhkan biaya 1$/project untuk sanggup mendownload atau menyimpan file Canva ke komputer untuk penggunaan layout atau back ground premium. 

Saran : gunakan gambar/foto sendiri saja

Baca juga : 10 Situs Penyedia Gambar serta Foto Gratis Legal



Cara Menggunakan Aplikasi Canva 

1. Cara Membuat Akun di Canva 

Sebelum menggunakan aplikasi Canva, terlebih dahulu kita harus melaksanakan pendaftaran atau registrasi. Tidak perlu khawatir alasannya mendaftar ke Canva gratis! alias tidak di pungut biaya. Untuk itu pribadi saja ikuti tutorial di bawah ini untuk menciptakan akun di Canva.

 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 1 : Tampilan Halaman Utama Canva

Silahkan menuju official site Canva di www.canva.com dan akan muncul tampilan menyerupai di atas. Pilih salah satu sesuai dengan kriteria masing-masing. Supaya tidak galau pilih saja Personal (home, family or friends) hingga muncul tampilan pendaftaran menggunakan akun Facebook, Gmail (akun Google), dan Sign Up With Email


Jika ingin cepat silahkan pilih salah satu tadi, menggunakan Facebook atau Gmail. Namun, kalau menentukan mendaftar menyerupai biasa silahkan pilih Sign Up With Email dan akan muncul tampilan menyerupai di bawah ini.

 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 2 : Cara Mendaftar Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Nama Lengkap : Isikan User Name, tidak perlu nama sasli.
  2. Email : Isikan email aktif.
  3. Konfirmasi Email : Isi kembali email yang sama dengan di atas tadi (No. 2).
  4. Kata Sandi : Isikan password.
  5. Seperti biasa, centang untuk mengkonfirmasi kalau anda bukan robot dengan cara mengisi CAPCTHA.
  6. Klik Daftar.

Setelah melaksanakan pendaftaran menyerupai di atas maka akan muncul tampilan yang menanyakan Apa pekerjaan anda? Silahkan lewati saja dengan mengklik pada bab bawah. Begitu juga dengan Tambahkan tim untuk berkolaborasi pada desain, lewati saja. Sampai di sini kita sudah mempunyai akun di Canva.


2. Cara Menggunakan Apikasi Canva Untuk Pemula

Cara menenggunakan aplikasi Canva untuk pemula ini di tujukan bagi mereka yang belum memahami bahwa caranya sebetulnya sama saja dengan menggunakan software desain grafis lainnya. Seperti Illustrator, Corel Draw, Sketsa, dll. Hanya saja untuk penggunaan Canva memang lebih mudah dari pada software-software desain yang sudah di sebutkan tadi. Oleh alasannya itu, kini sesudah kita melaksanakan langkah-langkah tadi, saatnya kita menuju laman utama/dashboard Canva.

 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 3 : Tampilan Halaman Dashboard Canva
Penjelasan Gambar
  1. Klik pada hidangan pencarian dan akan muncul banyak kategori desain. Kita sanggup menentukan sesuai dengan project apa yang akan kita kerjakan. Namun, pada tutorial kali ini projectnya yakni mendesain Wallpaper Desktop
 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 4 : Cara Memilih  Template di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Template : Klik untuk memunculkan pilihan templatedan cari Wallpaper Desktop Kreatif.  Jika sudah anda temukan silahkan klik dua kali. Maka desain anda akan menyerupai tampilan di atas.
  2. Text Edit Klik pada text editor hingga muncul titik putih di setiap sudut. Ini juga akan memunculkan hidangan edit pada bab atas yang di garis merah.
  3. Klik pada gambar kawasan sampah untuk menghapus text edit tadi. Lakukan juga pada bundar kotak putih pada desain menyerupai di atas.
 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 5 : Cara Memilih Font Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Text : Klik pada hidangan text editor untuk melihat daftar pilihan font.
  2. Klik dua kali goresan pena font THE ART OF FERMENTATION lalu ganti kalimatnya dengan yang kita inginkan. Saya menggunakan kalimat Judul: MEDIASI BLOG dan bab bawahnya, Deskripsinya : yakni situs kawasan untuk berguru dan membuatkan pengetahuan seputar blog untuk pemula
  3. Klik pada text editor untuk menggeser ke posisi tengah serta memunculkan titk putih dan hidangan edit menyerupai di atas. Coba perhatikan bundar merah pada titik putih. Ini mempunyai kegunaan untuk memperlebar text editor dengan cara tekan Shift tahan pada keybord laptop/PC anda, kemudian letakan cursor mouse sempurna pada titik putih yang di lingkari merah tadi kemudian geser mouse untuk memperbesar atau memperkecil text editor.
  4. Posisi : Klik  pada posisi untuk mengatur ketepatan posisi lebih akurat baik itu tengah, samping kiri, kanan, atas, dan bawah. Lakukan percobaan sesuai harapan masing-masing.
  5. Pisahkan : Klik pisahkan untuk memisahkan jenis goresan pena pada bagian-bagian text editor tadi (lihat no 3). Klik pada kolom paling atas SECTION 1.2 alasannya niscaya sudah terpisah dari THE ART OF FERMENTATION tadi yang sudah di ganti MEDIASI BLOG. Kita juga sanggup menggabungkan judul dan deskripsi tadi dengan cara klik Gabungkan yang muncul sesudah kita klik pisahkan. Penggabungan penting antara keduanya biar pengaturan posisi kalimat text editor lebih mudah.
  6. Hapus goresan pena SECTION 1.2.
  7. Jarak : Klik pada jarak untuk mengatur jarak kiri-kanan dan atas-bawah setiap huruf. Lakukan eksperimen sendiri sesuai keinginan.
  8. Atur warna dengan cara klik pada karakter A pada hidangan edit bab atas.
  9. Silahkan atur besar kecil karakter dengan cara klik ke hidangan edit bab atas.
 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 6 : Cara Memilih Elemen Di Canva
Penjelasan Gambar
  1. Elemen : Klik pada elemen untuk memunculkan daftar elemen dan pilih sesuai keinginan.
  2. Klik dua kali pada elemen kotak hitam untuk memunculkan elemen menyerupai pada project di atas. 
  3. Posisi : Klik pada posisi untuk mengatur letaknya. Silahkan perbesar kotak biar kalimat text editor berada di bab tengah (lihat pembahasan no 3 di atas). Ingat dalam kondisi ini kita tidak sanggup lagi mengedit kalimat pada text editor. Kecuali kita geser dulu kotaknya ke bab luar.
  4. Silahkan atur warna biar supaya terlihat transparan. Pada project desain di atas posisinya ada pada 50.
  5. Unduh : Klik anak panah yang mengarah ke bawah pada bab kanan atas untuk menyimpan file Canva ke komputer.
  6. PNG : Klik png untuk mengatur format file. Di atas yang di pilih PNG karena kualitas png biasanya lebih baik.
  7. Unduh : Silahkan klik unduh untuk mendownload file Canva ke komputer. Selesai!
 Canva yakni sebuah tools desain online yang pada awalnya berjulukan Fusion Books Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula
Gambar 7 : Contoh Hasil Desain Wallpaper Desktop Dari Canva

Demikianlah hasil simpulan project dari menggunakan aplikasi Canva yang suda coba kita buat tadi, tidak mengecewakan bukan?. Hasil dari project ini sanggup kita gunakan untuk banyak sekali hal menyerupai wallpaper, feed media sosial, postingan blog atau web, back ground, dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Related Posts