+11 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca Di Android Paling Mudah - Gasskeun +11 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca Di Android Paling Mudah | Gasskeun

+11 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca Di Android Paling Mudah

Masalah “SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal” memang sudah sering terjadi pada smartphone Android. Selain itu, duduk masalah lain mungkin timbul lantaran SIM Card tidak terbaca sama sekali.

Hal semacam ini tentunya sangat menyebalkan. Kita jadi susah menelepon, mengirim SMS atau mengakses internet. Mau ngapa-ngapain jadi serba susah.

 memang sudah sering terjadi pada smartphone Android +11 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Android Paling Mudah

Tapi permasalahan menyerupai HP Android tidak ada sinyal, kartu SIM tidak ada layanan, SIM Card panggilan darurat, SIM Card tidak terbaca maupun sinyal HP hilang-timbul, sebetulnya masih sanggup diatasi.

Penyebab SIM Card (Kartu SIM) Tidak Terbaca di Android


HP Android yang sinyalnya tiba-tiba hilang atau no signal biasanya disebabkan oleh kerusakan IC antena.

Namun, mungkin ada hal lain yang menimbulkan duduk masalah ini muncul. Kita tidak tahu secara pasti, penggalan mana yang sebetulnya rusak kalau tidak dicek terlebih dahulu.

Bisa saja, permasalahan ini hanya lantaran lokasi tempatmu berada sedang tidak ada sinyal, operator sedang gangguan atau kartu SIM yang kau gunakan rusak.

Wajar jikalau kau sering mengalami sinyal 4G hilang atau sinyal 3G hilang pada tempat yang lokasinya belum menjangkau sinyal operator tertentu. Misalnya ketika di kota kau pakai Indosat IM3 Ooredo sanggup menjangkau 4G LTE, namun ketika di desa kau hanya akan mendapati sinyal H+ atau EDGE. Dan mungkin yang lebih, SIM Card yang kau gunakan tidak terbaca sama sekali (no signal).

Cuaca yang jelek juga sanggup memengaruhi permasalahan ini. Apalagi hujan deras disertai guntur, maklumi saja jikalau sinyal smartphone jadi naik turun dan mendadak hilang.

Penyebab eksternal semacam ini mungkin sanggup diatasi dengan mudah, tapi kalau penyebab internal (pada smartphone itu sendiri) maka akan susah diatasi. Kalau sudah bicara soal kerusakan pada hardware, maka sanggup saja kau harus merogoh kocek lebih dalam.

Bagaimana Cara Mengatasi SIM Card Android Tidak Terbaca?


Untuk memperbaiki SIM Card Android tak terbaca, kita mungkin sanggup mengatasinya tanpa root dan tanpa factory reset terlebih dahulu.

Cara-cara sederhana tampaknya masih sanggup kita lakukan.

1. Airplane Mode (Masuk Pada Mode Pesawat)

Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu mencoba untuk menguji kondisi mode pesawat di smartphonemu.

Caranya mudah, kau hanya perlu mengusap layar dari ujung ke bawah. Setelah itu akan muncul sajian cepat.
  • Cari “Mode Pesawat” kemudian aktifkan.
  • Diamkan smartphone dalam mode pesawat selama beberapa menit.
  • Selanjutnya, matikan mode pesawat.
  • Setelah itu, biasanya sistem akan secara otomatis melaksanakan pencarian ulang untuk mencari sinyal.
Perhatikan dengan seksama, bagaimana kondisi sinyalnya. Ada perubahan atau tidak.

2. Restart Smarpthone

Kalau cara pertama belum membuahkan hasil, silahkan restart smartphonemu. Bisa juga dengan mematikan smartphone selama beberapa menit kemudian menyalakannya kembali.

Singkatnya, ini melaksanakan restart smartphone yang baik :
  • Kalau pilih restart, maka smartphone akan otomatis mati dan hidup kembali. Namun kau juga sanggup menentukan untuk mematikan smartphone secara manual.
  • Setelah smartphone mati, silahkan tunggu hingga beberapa menit. Pastikan tidak tersisa daya yang muncul pada layar.
  • Kalau bukan baterai tanam, silahkan lepas baterai dan SIM Card.
  • Kemudian, pasang kembali baterai dan kartu sim ke lokasi semula.
  • Terakhir, hidupkan smartphone dengan menekan tombol power.
Biasanya, sinyal yang tadi hilang akan muncul dengan sendirinya. Smartphone akan otomatis melaksanakan pencarian sinyal dan diperbarui ulang.

3. Atur Otomatis Memilih Jaringan

Kartu SIM tidak terbaca atau sinyal tidak muncul pada Android sanggup juga dikarenakan pengaturan jaringan yang salah. Kalau kita mengatur smartphone pada jaringan 4G ONLY atau 3G ONLY, maka masuk akal jikalau Android tidak ada sinyal.

Smartphone Android akan menangkap sinyal tertentu saja, padahal lokasi yang ditempati tidak ada sinyal tersebut. Mungkin ada, tapi paling H+ atau EDGE saja. Tapi tentu ini masih mending ketimbang tidak ada sinyal sama sekali.

Cobalah atur jaringan ke semua opsi, caranya menyerupai ini:
  • Buka sajian “Setelan / Pengaturan / Settings”.
  • Cari sajian “Pengaturan jaringan / Networks”.
  • Pilih “Jaringan Seluler / Mobile Network”.
  • Kemudian, aktifkan opsi “Otomatis / Automatically” untuk jenis jaringan yang dipilih.
  • Selanjutnya pada sajian “Operator jaringan / Pilih operator jaringan”, coba aktifkan mode “Pilih jaringan otomatis dan bukan Manual”.
Setiap smartphone tentu mempunyai nama konfigurasi yang berbeda. Kamu hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan cara di atas.

Misalnya nih buat Smartphone Android Xiaomi, kau sanggup mengetikkan *#*#3646633#*#* kemudian pilih “Network Selection”. Selanjutnya, ubah SIM 1 dengan GSM / WSDMA (auto).

4. Periksa Pengaturan APN

Selain mengubah jenis sinyal ke semua jaringan, silahkan cek juga pengaturan APN yang kau terapkan.

Masing-masing operator niscaya punya Access point untuk saling terhubung ke jaringan. Jadi, selalu periksa Access point kartu SIM yang dipakai khususnya sesudah kau mengganti kartu SIM-nya.

Cara memeriksanya menyerupai ini:
  • Masuk ke “Settings / Pengaturan / Setelan”.
  • Pilih “Connections” kemudian pilih “More Network”.
  • Akan ada beberapa opsi, silahkan ketuk “Access Point Name”.
  • Di sini, silahkan cek kondisi Access point pada operator yang kau gunakan.

5. Bersihkan Cache dan Junk File

Sampah file yang tidak dibersihkan menyerupai cache, log, history atau sisa-sisa uninstall aplikasi mungkin saja memengaruhi kondisi jaringan. Untuk itu, tidak ada salahnya jikalau kau membersihkan smartphonemu dengan baik dan benar.

Silahkan masuk ke Settings > Storage > Internal Storage > Cached Data.

Kalau ingin lebih praktis, silahkan gunakan beberapa aplikasi pembersih Android yang sudah kami ulas di artikel sebelumnya.

6. Lepas dan Periksa SIM Card

Tiga cara sebelumnya masih gagal juga? Sekarang saatnya kau menilik SIM Card yang kau pasang.

Tujuannya untuk memastikan bahwa HP Android itu memang tidak sanggup menangkap sinyal, bukan lantaran kesalahan pemasangan SIM Card.

Coba lepas terlebih dahulu dari slotnya, mungkin kau itu salah pasang. Kamu juga sanggup membersihkan lempengan kuning di kartu memakai karet penghapus / kain bersih. Bersihkan dengan satu arah dan lakukan pelan-pelan.

Setelah itu masukkan kembali dan nyalakan smartphone Android-mu. Kalau tidak terbaca juga, silahkan copot lagi kartunya dan pasangkan ke smartphone lain. Cek apakah smartphone sanggup menangkap sinyal atau tidak.

Kalau ternyata SIM Card terbaca, maka sanggup saja yang bermasalah ada di smartphone pertama. Sebaliknya, kalau SIM Card masih tidak terbaca, maka kerusakan terjadi pada SIM Card itu sendiri.

Logikanya menyerupai itu, silahkan analisa lebih lanjut...

7. Periksa Slot SIM Card

Sewaktu menilik SIM Card, kau juga sanggup menilik slotnya. Bisa juga sambil pencucian untuk mengatasi SIM tidak terbaca atau tidak ada layanan. Karena mungkin saja, slot SIM Card ada gangguan.

Caranya juga simpel, ini langkah-langkahnya:
  • Coba gosok pelan-pelan pada ujung slot dan cek kondisinya secara visual, masih normal atau sudah ada yang bengkok/aus.
  • Periksa secara mendetail dan bersihkan dengan hati-hati biar kotoran atau abu yang melekat sanggup hilang.
  • Untuk membersihkannya, coba tiup-tiup terlebih dahulu. Kalau mau langsung, silahkan gunakan ujung cotton bud yang sudah ditetesi minyak kayu putih dan bersihkan secara perlahan.
Memang ada beberapa model smartphone yang susah untuk dijangkau, jadi silahkan akali dengan kapas yang sudah dibasahi minyak kayu putih. Bersihkan secara perlahan dan hati-hati.

8. Periksa IMEI Android

Kalau kau suka ngoprek sistem Android, maka sanggup saja menjadikan crash/error yang tidak disadari.

Hal ini yang mungkin menjadi penyebab kenapa sinyal smartphone jadi hilang total. Mungkin nomor IMEI-nya sudah hilang lantaran unsur ketidaksengajaan.

Kamu sanggup mengecek nomor IMEI dengan cara ini :
  • Buka sajian “Panggilan atau Dial”
  • Ketikkan isyarat diam-diam *#06#
  • Cek apakah ada nomor IMEI yang muncul atau tidak. Kalau muncul nomor seri IMEI, periksa kembali dengan nomor IMEI di kardus smartphone Android yang kau miliki.
Kalau kesannya berbeda, silahkan hubungi service center resmi terdekat (bila masih garansi) atau tiba ke tukang reparasi terpercaya untuk memperbaiki kesalahan pada nomor IMEI smartphone kesayanganmu.

9. Kembali ke Setelan Pabrik

Jika cara-cara yang sudah disebutkan belum berhasil juga, cara terakhir mungkin dengan mengatur ke setelan pabrik atau Factory Reset. Sebelum melaksanakan hal ini, silahkan backup semua data penting yang kau miliki untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Factory reset belum berhasil juga? Silahkan lakukan hard reset. Caranya mirip-mirip, hanya beda sedikit.

Catatan : Sebelum mereset ke setelan pabrik, kau benar-benar harus sudah membackup data ke microSD atau ke harddisk komputer. Kalau smartphonemu brand Xiaomi, silahkan ingat-ingat email dan password akun Mi Cloud.


10. Flash


Tidak ada salahnya mencoba untuk flash jikalau poin 6 belum berhasil. Flash ini dimaksudkan untuk smartphone yang ada duduk masalah pada ROM. Mungkin lantaran upgrade sistem, Android malah jadi bermasalah.

Untuk flash HP tentu setiap brand dan model berbeda-beda. Silahkan siapkan ‘senjata perang’ menyerupai VMware, kabel data, tools flashing dan komputer/laptop.

Lakukan step-by-step biar flash Android sanggup berjalan sebagaimana mestinya.

11. Service

Ini merupakan solusi terakhir. Kalau semua sudah dilakukan dan tidak berhasil juga, silahkan tiba ke tukang reparasi HP terdekat di kotamu. Pastikan mereka yaitu orang-orang handal dan sudah terpercaya.

Bawa smartphone Androidmu ke sana dan sampaikan segala keluhan yang kau alami. Harga untuk memperbaiki SIM Card tidak terbaca biasanya berada di sekitaran 70 – 120 ribuan (berbeda-beda tergantung model, brand dan tukang servicenya sendiri). Mungkin lantaran ada penggantian hardware menyerupai IC untuk sinyal ada yang bermasalah.

Akhirnya pembahasan kita selesai hingga di sini. Mengatasi SIM Card tidak terbaca memang gampang-gampang susah. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan biar smartphone Android sanggup berjalan sebagaimana mestinya.

Yang penting, dicoba dulu!
Sumber https://www.rambat.id/

Related Posts