Tokopedia yaitu salah satu online marketplace terkenal di Indonesia dengan pengguna yang sangat banyak. Saya sendiri sebagai penulis yaitu salah satu member yang juga sering membeli barang disana.
Selama saya belanja disana jujur, belum ada duduk kasus berarti. Sekalipun ada, saya sanggup menyelesaikannya dengan cepat, alasannya sanggup dibilang sistem Tokopedia ini memang sangat bagus.
Namun, untuk Anda yang sedang ada duduk kasus lain yang belum diselesaikan, dan mungkin Anda sedang perlu bantuan, Anda sanggup menggunakan salah satu cara terbaik, yakni dengan menghubungi Call Center atau CS Tokopedia.
Untuk menghubungi CS Tokped, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan. Karena sebetulnya disana ada beberapa halaman yang disediakan khusus untuk kontak.
Dan disini saya ingin menyebarkan sedikit tutorial caranya, khusus untuk Anda yang sedang membutuhkannya.
Berikut pembahasannya :
1. Pertama buka terlebih dahulu halaman Pusat Bantuan di https://www.tokopedia.com/bantuan
2. Geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami
3. Selanjutnya, silakan pilih salah satu kategori sesuai yang Anda butuhkan
4. Pilih lagi detail duduk kasus atau pertanyaan yang Anda alami secara spesifik
5. Setelah berhasil diarahkan ke halaman yang sesuai, Anda akan melihat sebuah artikel perihal detail dari pertanyaan atau duduk kasus tersebut, serta tanggapan atau solusinya. Jika Anda tetap butuh dukungan CS, silakan geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami
6. Kirimkan pertanyaan Anda disana, disertai foto atau screenshots yang dibutuhkan.
7. Terakhir tinggal tunggu saja tanggapan dari CSnya.
Untuk melaksanakan seluruh langkah diatas, Anda perlu login terlebih dahulu ke akun Anda. Dan perlu diketahui, tidak semua kategori ada tombol 'Hubungi Kami'. Makara silakan sesuaikan kembali.
Sedangkan Instagram, setahu saya dikhususkan untuk info atau promo saja. Tapi saya lihat disana banyak juga follower yang mengirimkan pertanyaan mereka. Kalau Anda ingin mencobanya juga, silakan follow dulu instagram Tokopedia (@Tokopedia) atau di www.instagram.com/tokopedia.
Kemudian coba DM atau kirimkan pertanyaan Anda dengan cara komentar pada salah satu postingan disana.
Selama saya belanja disana jujur, belum ada duduk kasus berarti. Sekalipun ada, saya sanggup menyelesaikannya dengan cepat, alasannya sanggup dibilang sistem Tokopedia ini memang sangat bagus.
Namun, untuk Anda yang sedang ada duduk kasus lain yang belum diselesaikan, dan mungkin Anda sedang perlu bantuan, Anda sanggup menggunakan salah satu cara terbaik, yakni dengan menghubungi Call Center atau CS Tokopedia.
Untuk menghubungi CS Tokped, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan. Karena sebetulnya disana ada beberapa halaman yang disediakan khusus untuk kontak.
Dan disini saya ingin menyebarkan sedikit tutorial caranya, khusus untuk Anda yang sedang membutuhkannya.
Berikut pembahasannya :
- Baca juga : Cara Cek Resi JNE Dari Website Yang Down
Cara Kontak Tokopedia Supaya Chat Cepat Dibalas
1. Melalui Halaman Layanan Pengguna
Halaman ini yaitu halaman yang paling sering digunakan pengguna Tokopedia, khususnya yang sedang butuh dukungan atau ada pertanyaan. Lewat halaman ini Anda nanti akan dibantu oleh salah satu CS Tokopedia sesuai standar operasional. Caranya menyerupai ini :
1. Pertama buka terlebih dahulu halaman Pusat Bantuan di https://www.tokopedia.com/bantuan
2. Geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami
3. Selanjutnya, silakan pilih salah satu kategori sesuai yang Anda butuhkan
4. Pilih lagi detail duduk kasus atau pertanyaan yang Anda alami secara spesifik
5. Setelah berhasil diarahkan ke halaman yang sesuai, Anda akan melihat sebuah artikel perihal detail dari pertanyaan atau duduk kasus tersebut, serta tanggapan atau solusinya. Jika Anda tetap butuh dukungan CS, silakan geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami
6. Kirimkan pertanyaan Anda disana, disertai foto atau screenshots yang dibutuhkan.
7. Terakhir tinggal tunggu saja tanggapan dari CSnya.
Untuk melaksanakan seluruh langkah diatas, Anda perlu login terlebih dahulu ke akun Anda. Dan perlu diketahui, tidak semua kategori ada tombol 'Hubungi Kami'. Makara silakan sesuaikan kembali.
2. Melalui Halaman Fanspage Facebook
Hampir semua marketplace online ketika ini punya Fanspage Facebook, termasuk Tokopedia. Di Facebook, terdapat fitur kirim pesan, dan kalau kita menggunakan fitur ini di halaman Tokopedia, kita sanggup dibantu oleh CSnya disana. Caranya menyerupai ini :
1. Silakan login terlebih dahulu akun Facebook Anda menyerupai biasa.
2. Kemudian cari Fanspage Tokopedia pada kolom search. Pastikan yang sudah verified atau sudah ada centang biru. Atau kalau mau cepat sanggup buka https://facebook.com/tokopedia
3. Klik Kirim Pesan di bab kanan atas
4. Selanjutnya akan muncul kotak chat. Silakan kirim pesan atau pertanyaan disana sesuai yang Anda butuhkan disana. Anda juga sanggup menambah lampiran screenshots.
5. Tunggu beberapa ketika hingga CSnya menjawab pertanyaan Anda. Biasanya kurang dari 10 menit.
Saya pribadi juga suka menggunakan cara ini. Alasannya alasannya setiap hari saya selalu membuka Facebook, dan menghubungi CS juga sanggup dilakukan dengan gampang lewat Messenger. Bagaimana kalau Anda belum punya akun Facebook? Nah, mungkin Anda juga sanggup menggunakan Twitter.
3. Melalui Halaman Resmi Twitter
Sama menyerupai Facebook, Tokopedia juga mempunyai akun Twitter dimana kita sanggup mendapat info atau promo terbaru. Dan kalau ada pertanyaan, kita juga sanggup mengirimkannya pribadi disana. Caranya menyerupai ini :
1. Silakan login terlebih dahulu ke akun Twitter Anda. Dan pastikan Anda sudah Follow Tokopedia di @TokopediaCare.
2. Silakan buka salah satu post pada timeline Tokopedia Care (Yang mana saja), kemudian tanyakan hal yang Anda butuhkan disana.
3. Setelah itu Anda tinggal menunggu saja hingga CSnya menjawab pertanyaan Anda.
Selain komentar pada salah satu Tweet, Anda juga sanggup mengirimkan pesan (DM).
Adakah Cara Lainnya?
Secara umum, 3 metode diatas yaitu cara yang biasa dipakai, dan berdasarkan saya sudah mencukupi. Apalagi penerapannya mudah, hanya beberapa menit.
Sebenarnya ada beberapa cara lain, menyerupai menggunakan Chat Bot atau Live Chat. Namun, kedua fitur tersebut terbatas untuk member dengan status Gold dan Platinum saja keatas saja.
Ada juga cara dengan menghubungi Instagram dan melalui Call Center. Untul Call Center Tokopedia, dari beberapa sumber katanya sudah dinonaktifkan (Tapi mungkin Anda sanggup mencobanya).
Kemudian coba DM atau kirimkan pertanyaan Anda dengan cara komentar pada salah satu postingan disana.
Penutup...
Menghubungi CS Tokopedia, tidaklah sulit. Namun terkadang masih banyak juga yang belum paham, terutama untuk orang-orang yang gres mengenal dan gres menggunakan Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan sanggup membantu Anda menuntaskan pertanyaan atau duduk kasus Anda.
Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada penulis, silakan kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini. Akan sebisa mungkin saya bantu.
Sekali lagi, agar bermanfaat.