6 Penyebab Komputer Tidak Dapat Booting Dan Cara Mengatasinya - Gasskeun 6 Penyebab Komputer Tidak Dapat Booting Dan Cara Mengatasinya | Gasskeun

6 Penyebab Komputer Tidak Dapat Booting Dan Cara Mengatasinya


Tips dan Trik Komputer - Kerusakan komputer yang paling sering terjadi ialah pada permasalahan komputer yang tidak sanggup booting (tidak masuk windows). 6 Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya Disini ada beberapa faktor yang sanggup terjadi, diantaranya:
  • Komputer tidak sanggup booting dengan menampilkan pesan error, komputer sanggup booting namun lalu muncul bluescreen dan komputer booting namun lalu restart lagi. 
  • Untuk memecahkan dilema komputer tidak sanggup booting tersebut, ada beberapa tips yang sanggup kalian lakukan, sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi, diantaranya:

#1.  Komputer tidak sanggup booting alasannya ialah mati total. 
Cara mengatasi komputer tidak sanggup masuk windows yang pertama yaitu Untuk komputer yang tidak nyala (mati total) atau tidak ada tampilan dan bunyi sama sekali, coba dicek terlebih dahulu arus listrik dan periksa kondisi Power Supply pada komputer kalian. Jangan lupa Cek kabel-kabel yang terpasang, mulai dari kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, Kabel Power ke Monitor atau Kabel Monitor ke CPU dan Kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dengan portnya dan kencang, serta arus listriknya ada dan stabil.

#2.  Komputer tidak sanggup booting alasannya ialah dilema pada BIOS. 
Perbaiki komputer tampak mati total dan tidak mau booting sama sekali alasannya ialah adanya dilema pada BIOS. Berdasarkan dari beberapa pengalaman saya, ternyata kerusakan komputer blank atau mati total sehingga tidak sanggup booting, hal ini sanggup diatasi dengan cara mereset BIOS komputer (Clear Cmos). Jika kipas Processor/VGA berputar, tetapi komputer masih tidak menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard kalian atau motherboard kalian memang sudah rusak.

#3.  Komputer tidak sanggup booting alasannya ialah harddisk tidak terdeteksi/terbaca. 
Komputer restart terus dan tidak sanggup masuk windows yang ketiga yaitu Kasus ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan Disk Boot failure. Dan untuk mengatasi dilema ini, kita sanggup melaksanakan beberapa hal diataranya:
  1. Mengecek kondisi kabel IDE atau SATA dari Motherboard ke Harddisk, dan pastikan sudah terpasang dengan benar.
  2. Untuk 2 harddisk IDE yang terpasang pada 1 kabel IDE, Cek posisi jumper untuk setingan Master dan Slave supaya jangan tertukar.
  3. Cek apakah Harddisk sudah terdeteksi oleh BIOS atau belum. Kalau belum terbaca oleh BIOS berarti masalahnya ada pada Harddisk tersebut.
  4. Coba sentuh permukaan Harddisk, untuk Harddisk yang hidup akan terasa getarannya sperti  mesin yang sedang berputar.

#4.  Komputer tidak sanggup booting alasannya ialah permasalahan pada RAM (Memory) dan VGA card. 
Untuk 6 Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya permasalahan ini biasanya ditandai dengan terdengarnya bunyi beep yang berulang-ulang pada speaker, dan tampilan monitor yang tidak mau keluar. Untuk mengeceknya :
  1. Lepas Memory atau VGA Card, Pin-nya dibersihkan oleh penghapus pensil dan dipasangkan kembali dengan benar.
  2. Pasang Memory di slot yang lain.
  3. Untuk Memory yang lebih dari satu, Lepas dan ditest satu per satu pada slot yang sama atau berbeda.
  4. Kalau masih terdengar bunyi beep, Coba ganti Memori atau VGA Cardnya dengan yang lain sesuai tipenya.
  5. Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU menyala berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilan, maka kemungkinan VGA Card komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA Card yang lain sesuai tipenya atau cek VGA tersebut di komputer lain.

#5.  Komputer yang tidak mau booting alasannya ialah processornya kepanasan. 
   Komputer tidak sanggup masuk windows alasannya ialah Processor yang sudah Overheat, alasannya ialah itu sanggup juga menjadikan komputer kalian mati dan ketika dihidupkan tidak mau booting lagi atau merestart lagi. Untuk itu lakukan langkah berikut:
  1.     Cek kondisi Heatsink dan Fan Processor, apakah Fan berputar dengan normal atau tidak berputar sama sekali? Biasanya kotor atau sanggup jadi ada kerusakan sehingga Fan terlepas dari dudukannya.
  2.      Kalau komputer masih sanggup masuk ke BIOS, maka temperatur processor kalian sanggup dilihat pada pecahan Hardware Monitor.
  3.     Pastikan kondisi fan dan Heatsink Processor dalam keadaan normal, sehingga processor tidak mengalami kepanasan (overheat).

#6. Komputer tidak sanggup booting alasannya ialah harddisk atau sistem windows yang corrupt.
Hal ini sanggup dilihat dari pesan komputer yang menunjukkan adanya file yang rusak atau hilang. 6 Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya Untuk mengatasinya:
  1. Cek kondisi Memory, jikalau terpasang lebih dari satu dan tidak sesuai (tidak kompatibel) biasanya muncul pesan error sistem windows yang corupt, jadi lepaskan memory yang tidak sejenis.
  2. Cek Harddisk apakah ada Bad Sectornya atau tidak.
  3. Repair Windows kalian atau Install Ulang sistem operasi komputer kalian. 

Memang ketika komputer atau laptop sedang bermasalah kita sangat risau. Apalagi ketika sedang ada pekerjaan yang harus di selesaikan secara mendesak. Makara biar artikel kali ini sanggup membantu kalian dalam memecahkah dilema komputer tidak sanggup booting. Itulah 6 Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya. Semoga sanggup bermanfaat bagi kalian semua.

Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts