Mengenal Jaringan Komputer - Gasskeun Mengenal Jaringan Komputer | Gasskeun

Mengenal Jaringan Komputer

 berhubung sehingga memungkinkan pengguna jaringan sanggup saling bertukar dokumen dan data Mengenal Jaringan Komputer

Tips dan Trik Komputer - Jaringan didefinisikan sebagai   sebuah kelompok komputer, printer, dan peralatan lain yang saling   berhubung sehingga memungkinkan pengguna jaringan sanggup saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bahu-membahu menggunakan perangkat yang dihubungkan dengan jaringan.

Internet adalah jaringan yang sanggup dikategorikan sebagai WAN (Wide Area Network)  menghubungkan berjuta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, di   mana setiap orang yang memiliki komputer sanggup dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melaksanakan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) menyerupai Telkom Speedy, atau INDOSATnet.

Sehingga jaringan internet sanggup diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional)  sebab menghubungkan komputer dalam   internasional   atau sebagai internet working (jaringan antar jaringan) sebab menghubungkan berjuta jaringan di   seluruh dunia.  

Jenis - Jenis Jaringan Komputer
Secara umum, jaringan   bisa   dibagi atas:  

  •  LAN (Local Area Network)
LAN (Local area Network) Sebuah LAN yaitu jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan menyerupai sebuah kantor di sebuah gedung atau sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya   dijadikan   sebuah file server. Yang mana dipakai untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur acara jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang sanggup dipakai oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. mengenal jaringan komputer Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. 

  • MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network)  Sebuah   MAN biasanya mencakup area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai referensi yaitu: mengenal jaringan komputer  jaringan bank di   mana beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan yang lain.

  • WAN (Wide Area Network) / Jaringan Area Skala Besar
WAN (Wide Area Network) yaitu Jaringan yang lingkup areanya sudah memakai sarana satelit ataupun kabel bahari (Fiber Optic) sebagai referensi keseluruhan jaringan Bank BNI yang ada di Indonesia, ataupun yang ada di negara-negara lain. Mengenal Jaringan Komputer dengan memakai sarana WAN, sebuah bank yang ada di Bandung sanggup menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, memakai banyak cara untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global menyerupai internet. Tapi, bagaimanapun juga antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu dengan lainnya.


Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts