Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya - Gasskeun Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya | Gasskeun

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya


Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan mengenai apa saja keistimewaan sholat Tahiyatul Masjid atau yang juga disebut sebagai sholat untuk menghormati masjid. Hukum sholat ini sejatinya sunnah, bukan wajib. Namun sunnahnya yaitu sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadist, “Shalat itu sebaik-baik perbuatan, baik sedikit ataupun banyak.” (Hadist Riwayat Ibnu Majah).
 saya sudah menjelaskan mengenai apa saja  Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya
sholat tahiyatul masjid

Selain itu Rasulullah SAW juga pernah bersabda : Bilamana seseorang diantara kau masuk Masjid, janganlah pribadi duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid)." (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)


Sholat ini dapat dilakukan kapan saja ketika kau memasuki masjid. Namun sebaiknya, dikala pertama kali memasuki masjid kau pribadi melaksanakan sholat Tahiyatul Masjid, tidak mengerjakan sholat lainnya terlebih dahulu. Dan tentunya jangan lupa sebelumnya ambil wudhu terlebih dahulu guna mensucikan diri dari hadas kecil.
 Baca Juga : Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat ini dalam syariat dilaksanakan dengan dua rakaat dan 1 kali dalam. Selebihnya tidak dijelaskan lagi dalam hadist, dan seusai melakukakannya dapat melaksanakan shalat lainnya, baik itu sholat wajib ataupun sholat sunnah selain tahiyatul masjid. Nah bagaimana untuk tata caranya? Apakah sama menyerupai sholat biasa? Atau berbeda dan ada bacaan khusus?

 Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid

Yap benar sekali, sholat Tahiyatul Masjid memang tidak terlalu jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada niat saja. Adapun bacaan niat dari sholat ini yaitu : "Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok'ataini lillaahi ta'aalaa". Niat diucapkan dari dalam hati.

Berikut ini tata urutan sholat Tahiyatul Masjid dari niat sampai salam


1. Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca doa iftitah (Sunnah)
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat Pendek
6. Ruku'
7. I'tidal
8. Sujud
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud
11. Berdiri lagi
12. Kembali ke nomor 3 - 10
13. Tasyahud akhir
14. Salam
15. Selesai

Nah, tidak sulit bukan? Maka dari itu yuk mulai dikala ini biasakan diri untuk melakukan sholat Tahiyatul Masjid, sebagai bentuk penghormatan kita akan bangunan suci yang sangat disukai oleh Allah SWT.

Sumber https://www.situsislami.net/

Related Posts