Pengertian Bandwidth Dan Throughput - Gasskeun Pengertian Bandwidth Dan Throughput | Gasskeun

Pengertian Bandwidth Dan Throughput

Pengertian Bandwidth dan Throughput

Tips dan Trik Komputer  - Alhamdulillah dan selamat pagi bagi pengguna komputer di mana saja berada di pagi hari aku akan membagi hasil posting terbaru dengan Judul  pengertian Bandwwith dan Throughput  berikut dibawah ini pengertian Bandwwith dan Throughput sebagai berikut:



1. Pengertian Bandwidth
Bandwidth yaitu suatu ukuran dari banyaknya gosip yang sanggup mengalir dari suatu kawasan ke kawasan lain dalam suatu waktu tertentu. Broadband sanggup digunakan untuk mengukur baik pedoman data analog maupun pedoman data digital.


Unit yang digunakan untuk Bandwdth yaitu bps (bit per second). Unit ini berarti jumlah bit yang sanggup mengalir tiap detik melalui suatu media. Seperti yang kita ketahui bit (binary digit) hanya terdiri dari dua angka yaitu 0 dan 1.

Bandwidth menyerupai diungkapkan di atas yaitu kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan, yaitu jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu, contohnya dalam satu detik. Misalnya server anda terhubung melalui kabel telepon anda menghubungkan terhubung dengan modem ke Internet Service Provider (ISP) dengan bandwidth 56Kbps. Semakin lebar bandwidth yang ada tentu data yang disetujui akan semakin besar
Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth dibagi menjadi 2 yaitu Bandwidth Digital dan Bandwidth Analog. Berikut yaitu klarifikasi masing - masing Bandwidth tersebut:
  • Bandwidth Digital yaitu jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik / bps) yang sanggup dikirim melalui sebuah susukan komunikasi tanpa adanya penyimpangan.
  • Bandwidth Analog yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang sanggup memilih banyaknya gosip yang sanggup dikirim dalam satu waktu.
Konsep broadband ini tentu saja juga mempunyai kelemahan, broadband tidak sanggup menghitung menurut kondisi jaringan yang sebenarnya.

2. Pengertian Throughtput
Troughput yaitu bandwidth yang bergotong-royong (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melaksanakan transfer file dengan ukuran tertentu. Bagaimana cara mengukur bandwidth? dan Bagaimana hubungannya dengan throughput?

Seperti telah diulas di atas, bandwidth yaitu jumlah bit yang sanggup dikirim dalam satu detik sedangkan throughput walau pun mempunyai satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang bergotong-royong (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

Jika contohnya bandwidth yang Anda tahu yaitu 64 kbps, kemudian Anda ingin men-download file di internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah hingga ke komputer Anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun yang terjadi bergotong-royong file tersebut datang dalam waktu 8 detik. Makara bandwidth yang bergotong-royong atau yang disebut throughtput yaitu 128kb / 8 detik = 16 kbps.
Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput:
  1. Piranti jaringan.
  2. Tipe data yang ditransfer.
  3. Topologi jaringan.
  4. Banyaknya pengguna jaringan.
  5. Spesifikasi komputer client / user.
  6. Spesifikasi komputer server.
  7. Induksi listrik dan cuaca.
Demikianlah artikel wacana Pengertian Bandwwith dan Throughput, biar artikel ini sanggup bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan hingga jumpa kembali pada update artikek terbaru lainya bersama dengan kami di it-artikel.com



Sumber https://otakit33.blogspot.com/

Related Posts