Fungsi Hlookup Vlookup Ms Excel:Step By Step - Gasskeun Fungsi Hlookup Vlookup Ms Excel:Step By Step | Gasskeun

Fungsi Hlookup Vlookup Ms Excel:Step By Step

Fungsi HLookup VLookup yaitu salah satu formula microsoft excel yang sering dipakai saat kita berinteaksi dengan ms excel, fungsi HLookup VLookup secara sederhana boleh kita katakan sebuah fungsi untuk melaksanakan pencarian pada table yang berisi data tertentu dengan tujuan untuk mendapat data yang kita inginkan pada table tersebut. bekerjsama baik HLookup maupun VLookup dua-duanya yaitu identik namun perbedaannya terletak pada rujukan table yang  dipakai untuk pencarian. kalau kita memakai fungsi VLookup berarti table yang dijadikan pencarian harus disajikan dalam bentuk vertikal, sedangkan kalau kita memakai formula HLookup, maka table sumber pencarian harus kita sajikan dalam bentuk table horizontal, namun meskipun rumus tersebut berbeda fungsinya tetap saja sama yaitu untuk melaksanakan pencarian pada table yang berisi data tertentu.

Untuk Kasus ibarat apa Formula HLookup VLookup kita gunakan?

Untuk sebagian pemula yang gres mengenal ms excel, barangkali akan banyak pertanyaan mengenai fungsi yang satu ini, kapan kita harus memakai Fungsi ini ? atau untuk masalah ibarat apa fungsi HLookup VLookup ini kita gunakan?, praktis saja kita memakai fungsi Hlookup VLookup kalau kita sudah tau penggunaanyaa, bekerjsama fungsi ini dipakai saat kita harus mengisi data dalam ms excel namun ada ketentuan-ketentuan atau syarat yang harus kita tempuh terlebih dahulu, untuk mengisinya.

sebagai contoh:
dalam sebuah perusahaan untuk mengisi honor pokok pegawai, ada syarat-syarat yang harus ditempuh, misalkan besarnya honor pokok pegawai tergantung dari golongan pengawai tersebut, misal syaratnya yaitu sebagai berikut:

a. Jika pegawai tersebut golongannya yaitu I maka gajinya 1000.000

b. Jika golongannya II maka 2.000.000 dan

c. Jika golongannya III maka 3.000.000

nah untuk kasusu ibarat itu, salah satu alternatif yang sanggup kita gunakan yaitu dengan fungsi HLookup VLookup, sanggup saja kita isi tanpa memakai formula dengan mengisinya secara langsung, itu juga kalo data pegawainya sedikit, kalo data pegawainya sudah ratusan barangkali kurang efektif kalo kita mengisinya satu persatu dengan melihat golongan masing-masing pegawai dengan jumlah yang banyak, tentunya akan memakan waktu yang lama.

Perlu dicatat penggunaan fungsi HlookupVlooup hanya untuk masalah dimana syarat-syaratnya sederhana, ibarat pola diatas, namun kalau syaratnya sudah melibatkan lebih besar atau lebih kecil ibarat pola masalah dibawah ini: itu tidak sanggup memakai fungsi halookup vlookup:

Sebagai contoh, syarat berikut tidak sanggup memakai fungsi HLooup Vlookup secara pribadi karen syaratnya sudah melibatkan tanda tanda >,<,>=,<=, AND dll
pola kasus:
Misal untuk mengisi data kelulusan siswa ada syarat atau ketentuan yang harus kita tempuh syaratnya yaitu sebagai berikut:
1. Jika nilai < dari 60 maka "tidak lulus"
2. Jika nilai >60 dan nilai <80 maka "Lulus dengan syarat"
3. kalau nilai >=80 maka "lulus memuaskan"

kalau data excel yang harus kita isi terdapat syarat-syarat diatas, kita tidak sanggup memakai fungsi HLookup VLookup alasannya yaitu cukup komplek, data tersebut masih sanggup kita pecahkan dengan alternatif formula microsoft excel lainnya yang paling cocok untuk memecahkan problem ibarat itu kita harus memakai rumus IF, barangkali di artikel lainnya akan dibahas.
Sebagai contoh, syarat berikut tidak sanggup memakai fungsi HLooup Vlookup secara pribadi karen syaratnya sudah melibatkan tanda tanda >,<,>=,<=, AND dll
pola kasus:
Misal untuk mengisi data kelulusan siswa ada syarat atau ketentuan yang harus kita tempuh syaratnya yaitu sebagai berikut:
1. Jika nilai < dari 60 maka "tidak lulus"
2. Jika nilai >60 dan nilai <80 maka "Lulus dengan syarat"
3. kalau nilai >=80 maka "lulus memuaskan"

kalau data excel yang harus kita isi terdapat syarat-syarat diatas, kita tidak sanggup memakai fungsi HLookup VLookup alasannya yaitu cukup komplek, data tersebut masih sanggup kita pecahkan dengan alternatif formula microsoft excel lainnya yang paling cocok untuk memecahkan problem ibarat itu kita harus memakai rumus IF, barangkali di artikel lainnya akan dibahas.

Ciri Table Vertical dan Table Horizontal


Related Posts

Matikan AdBlock

Agar blog Ini tetap berjalan, matikan AdBlock atau masukkan blog ini ke dalam whitelist.
Terima kasih.