Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula - Gasskeun Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula | Gasskeun

Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula

Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula - Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel ialah paket aplikasi microsoft office besutan microsoft yang dipakai untuk keperluan pengolahan data dalam bentuk perhitungan, dengan memakai ms excel segala proses yang berkaitan dengan perhitungan tidak perlu lagi memakai alat bantu hitung ibarat contohnya kalkulator atau sejenisnya, cukup dengan memakai ms excel proses-proses perhitungan akan gampang untuk diproses, sebab ms excel sudah dilengkapi dengan kemudahan mesin penghitung canggih didalamnya, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan perhitungan kompleks sekalipun akan gampang untuk diproses, yang terang untuk melakukannya kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara menginstruksikan ms excel lebih jauh.

Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel ialah paket aplikasi microsoft office  Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula

 

Istilah Dasar Ms Excel yang harus dipahami? 

 

Sebelum berinteraksi dengan microsoft excel lebih dalam, ada beberapa istilah yang benar-benar harus kita pahami dan harus selalu kita ingat, istilah-istilah tersebut akan sering kita gunakan dalam proses perhitungan dengan memakai microsoft excel. berikut beberapa istilah penting yang harus dipahami sebelum kita berinteraksi dengan microsoft excel:

#1. Cell
#2. Range
#3. Block atau seleksi
#4. Drag atau tarik

Berikut penjelasannya:

1. Cell, Apa itu Cell ?, cell ialah setiap satu kotak yang membentuk table( ingat hanya satu kotak ya), Perlu kita tahu bahwa area kerja microsoft excel ialah table, dan harus diingat yang namanya table, niscaya terdiri dari baris dan kolom, pertemuan baris dan kolom akan membentuk kotak-kotak horizontal dan kotak vertikel, setiap satu kotak lebih dikenal dengan istilah cell, dan kumpulan dari kotak-kotak tersebut kita mengenalnya dengan nama table, anda niscaya tau bentuk table bukan, ya table terdiri dari baris dan kolom, kolom ialah yang berjejer ke samping dari kiri kenanan, sedangkan baris ialah yang berjejer ke bawah dari atas ke bawah, berikut gambaran table ms excell:


Bisa kita lihat pada gambaran gambar diatas, kolom ialah yang berjajar dari kiri kekanan,  kepala kolom biasanya mempunyai label A, B, C dan seterusnya, sedangkan baris ialah yang berjajar dari atas kebawah, kepala baris biasanya mempunyai label 1, 2, 3 dan seterusnya, dan yang disebut dengan Cell ialah setiap satu kotak pertemuan antara kolom dan baris, nama cell secara otomatis biasanya mewakili kolom dan barisnya, kolomnya apa dan barisnya baris berapa, itu akan menjadi nama cell secara otomatis, coba lihat gambaran gambar diatas, saya kasih teladan cell  dengan nama cell C3, artinya cell kolom C baris ke 3, begitu juga untuk cell-cell lainnya.
2. Range, Apa itu Range ? range atau sanggup disebut jangkauan, ialah kumpulan dari cell-cell yang terdapat di ms excell yang berkelompok, kumpulan cell itu berarti lebih dari satu cell atau kotak ya, range juga secara otomatis mempunyai nama, nama range, biasanya nama cell yang letaknya paling pojok kiri atas digabung dengan nama cell yang letaknya paling bawah atau di pojok kanan bawah, serta diberi tanda pemisah titik dua, berikut gambaran teladan range:

Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel ialah paket aplikasi microsoft office  Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula

Coba lihat gambar diatas, yang saya beri kotak itu ialah teladan dari range, harus diingat nama range ialah campuran nama cell-cell yang dipisahkan oleh titik dua ":",  yang letaknya pojok kiri atas dengan pojok kanan bawa sepeti kotak warna merah (bisa disebut dengan nama range B2:C8), atau cell-cell yang letaknya paling atas dengan yang letaknya paling bawah ibarat diperlihatkan pada kotak warna biru (bisa kita sebut dengan range D2:C7), atau cell yang letaknya paling kiri dengan cell yang letaknya paling kanan, ibarat diperlihatkan oleh kotak warna hojau (bisa kita sebut dengan range A9:C9), dan nama range selalu dipisahkan dengan titik dua ":". nama range wajib anda ketahui sebab untuk proses perhitungan, dan formula atau rumus perhitungan range selalu dilibatkan.

3. Block atau menentukan atau menyeleksi, istilah blok atau seleksi ialah istilah bukan hanya di ms excel saja, istilah ini bahkan dikenal untuk istilah dikomputer untuk aplikasi lainnya, didalam ms excel, block ialah menentukan cell-cell dalam ms excel dengan memakai mouse supaya cell-cell tersebut menjadi terseleksi, atau terpilih, caranya klik pada cell kemudian tanpa dilepas, kita geser kekiri atau kebawah, sesuai dengan cell-cell yang ingin kita pilih, block sangat penting penggunaannya untuk mendekorasi tampilan hasil kerja dalam ms excel.

4. Drag atau Gusur atau Seret,  harus kita bedakan antara block atau seleksi dengan drag atau gusur atau seret, tujuan blok ialah untuk menentukan cell-cell supaya diseleksi atau disorot, sedangkan drag atau seret tujuannya ialah untuk menduplikasi isi suatu cell, atau menduplikasi formula atau rumus perhitungan yang terdapat dalam suatu cell yang kita seret, meskipun block dan drag sama-sama memakai mouse, namum cara keduanya berbeda, dikala kita ingin melaksanakan drag atau seret, maka mouse terlebih dahulu harus di arahkan pada titik kotak kecil pada cell atau range yang kita block sebelumnya, ilustrasinya ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:


Kita lihat gambaran pada gambar diatas, untuk menyeret maka terlebih dahulu mouse harus diletakan sempurna di titik kotak kecil hitam yang letaknya di pojok kanan bawah, ibarat terlihat pada gambar diatas, kemudian klik dan tahan kemudian di drag ke bawah, kiri, kanan atau atas, sesuai kemana isi cell tersebut ingin kita duplikasi, ingat dengan melaksanakan drag berarti kita akan menduplikasi isi cell atau formula yang terdapat pada cell yang kita drag tersebut, jikalau dalam cell tersebut terdapat formula, maka yang di duplikasi atau dikopi ialah formulanya, jikalau tidak terdapat rumus atau formula, maka yang diduplikasi ialah isi cellnya,

Lihat gambar diatas, jikalau cell B3 ibarat terlihat pada gambar, yang bertuliskan kata "Aku" kita tarik atau drag ke bawah hingga dengan cell B10, maka isi cell dengan goresan pena "aku" akan diduplikasi dari cell B3 hingga dengan cell B10 secara otomatis, akan terlihat ibarat gambar dibawah ini:

Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel ialah paket aplikasi microsoft office  Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula

Jika kita berhasil akan nampak ibarat gambar diatas, isi cell yang bertulisakan saya yang pada walnya terletak hanya pada Cell B3, kini menjadi terkopi atau diduplikasi hingga dengan  cell B10 secara otomatis dan cepat. harus terus diingat teknik drag atau tarik, akan sering dipake dikala kita berinteraksi dengan ms excel, tujuannya ialah mempercepat pekerjaan, sehingga ms excel benar-benar menjadi solusi yang efektif  untuk membantu pekerjaan yang kita inginkan.


Istilah istilah diatas ialah istilah yang sangat penting sekali yang harus anda pahami, dan istilah diatas ialah yang akan sering kita libatkan dan gunakan dalam berinteraksi dengan ms excel,

Demikian artikel sederhana yang sanggup saya share ihwal Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula, semoga bermanfaat.
Kita lihat gambaran pada gambar diatas, untuk menyeret maka terlebih dahulu mouse harus diletakan sempurna di titik kotak kecil hitam yang letaknya di pojok kanan bawah, ibarat terlihat pada gambar diatas, kemudian klik dan tahan kemudian di drag ke bawah, kiri, kanan atau atas, sesuai kemana isi cell tersebut ingin kita duplikasi, ingat dengan melaksanakan drag berarti kita akan menduplikasi isi cell atau formula yang terdapat pada cell yang kita drag tersebut, jikalau dalam cell tersebut terdapat formula, maka yang di duplikasi atau dikopi ialah formulanya, jikalau tidak terdapat rumus atau formula, maka yang diduplikasi ialah isi cellnya,

Lihat gambar diatas, jikalau cell B3 ibarat terlihat pada gambar, yang bertuliskan kata "Aku" kita tarik atau drag ke bawah hingga dengan cell B10, maka isi cell dengan goresan pena "aku" akan diduplikasi dari cell B3 hingga dengan cell B10 secara otomatis, akan terlihat ibarat gambar dibawah ini:

Microsoft excel atau lebih dikenal dengan ms excel ialah paket aplikasi microsoft office  Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula

Jika kita berhasil akan nampak ibarat gambar diatas, isi cell yang bertulisakan saya yang pada walnya terletak hanya pada Cell B3, kini menjadi terkopi atau diduplikasi hingga dengan  cell B10 secara otomatis dan cepat. harus terus diingat teknik drag atau tarik, akan sering dipake dikala kita berinteraksi dengan ms excel, tujuannya ialah mempercepat pekerjaan, sehingga ms excel benar-benar menjadi solusi yang efektif  untuk membantu pekerjaan yang kita inginkan.


Istilah istilah diatas ialah istilah yang sangat penting sekali yang harus anda pahami, dan istilah diatas ialah yang akan sering kita libatkan dan gunakan dalam berinteraksi dengan ms excel,

Demikian artikel sederhana yang sanggup saya share ihwal Dasar Microsoft Excel : Untuk Pemula, semoga bermanfaat.

Related Posts

Matikan AdBlock

Agar blog Ini tetap berjalan, matikan AdBlock atau masukkan blog ini ke dalam whitelist.
Terima kasih.