Cara Mengaktifkan Wifi Di Router - Perbedaan Wep, Wpa & Wpa2 - Gasskeun Cara Mengaktifkan Wifi Di Router - Perbedaan Wep, Wpa & Wpa2 | Gasskeun

Cara Mengaktifkan Wifi Di Router - Perbedaan Wep, Wpa & Wpa2

Jaringan internet nirkabel di rumah-rumah telah menjadi terkenal meskipun banyak juga yang khawatir soal radiasi, dan banyak juga sang pemilik meninggalkan jaringan mereka terbuka dan rentan terhadap koneksi yang tidak diinginkan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga jaringan Anda yaitu mengaplikasikan password untuk mengamankan jaringan. Berikut cara memasangnya.


  • Login ke halaman pengaturan router Anda dan Buka tab Wireless untuk mengedit settingan wifi (cari kepingan wireless security settings). Nama tab ini berbeda-beda dari router ke router lain, tapi umumnya terletak di “Wireless Settings” atau “Security Settings”.
rumah telah menjadi terkenal meskipun banyak juga yang khawatir soal radiasi Cara Mengaktifkan WiFi di Router - Perbedaan WEP, WPA & WPA2
  • Pilih jenis enkripsi. Sebagian besar router mempunyai beberapa pilihan yang disediakan dikala tiba ke kepingan ini. Klik untuk mengaktifkan WPA-PSK (Wireless Protected Access) atau WPA2-PSK enkripsi baik memakai pilihan sajian drop-down atau centang-kotak. Pilihannya biasanya antara WEP, WPA-PSK (Personal), atau WPA2-PSK. Jika mau, anda bisa pilih WPA2 sebab itu dikategorikan enkripsi paling kondusif dalam jaringan nirkabel. Beberapa router yang lebih bau tanah tidak mempunyai opsi ini.

    Beberapa perangkat yang lebih bau tanah tidak sanggup terhubung ke jaringan yang memakai WPA2. Anda perlu mengingat ini kalau Anda mempunyai beberapa perangkat yang lebih bau tanah yang hendak Anda pasang ke jaringan.

    Pilih algoritma AES untuk WPA2-Personal. Jika Anda diberi pilihan, pilih AES sebagai algoritma enkripsi untuk keamanan WPA2 Anda. Pilihan lainnya yaitu TKIP, yang lebih bau tanah dan kurang aman. Beberapa router hanya sanggup menentukan AES. AES kependekan dari Advanced Encryption Standard dan merupakan set algoritma terbaik untuk enkripsi nirkabel.
rumah telah menjadi terkenal meskipun banyak juga yang khawatir soal radiasi Cara Mengaktifkan WiFi di Router - Perbedaan WEP, WPA & WPA2
  • Masukkan passphrase dan SSID. SSID yaitu nama jaringan anda, dan passphrase perlu dimasukkan oleh setiap perangkat yang terhubung ke SSID itu. Sandi atau password Anda lebih baik memakai kombinasi dari huruf, angka dan simbol semoga susah ditebak orang.
  • Save pengaturan gres atau settingan gres Anda kemudian refresh (restart) router tersebut. Sebagian besar router akan otomatis restart dengan sendirinya dan tiap perangkat yang sebelumnya terhubung akan mental keluar lagi sehingga perlu login dengan password gres semoga sanggup kembali terhubung.
  • Jika router Anda tidak refresh secara otomatis, Anda perlu melaksanakan ini secara manual. Untuk me-refresh router Anda, matikan power dan hitung hingga 10 sebelum kemudian hidupkan kembali dan biarkan berjalan melalui siklus boot (tunggu hingga semua lampu menyala).

Perbedaan Antara WEP, WPA, dan WPA2

WPA memakai TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) sementara WPA2 bisa memakai TKIP maupun algoritma AES yang lebih maju.

WPA diciptakan untuk menggantikan WEP (Wired Equivalent Privacy) sehabis ditemukannya kelemahan serius yang membuatnya sangat gampang untuk diakses. Meskipun jauh lebih sulit untuk dibobol, hal itu masih mungkin terjadi dengan memakai alat-alat yang lebih canggih.

Konfigurasi WPA yang paling umum yaitu WPA-PSK (Pre-Shared Key). Key yang dipakai oleh WPA yaitu 256-bit, peningkatan yang signifikan dari 64-bit dan 128-bit key yang dipakai dalam sistem WEP.

WEP dan WPA memakai RC4, algoritma stream cipher software yang rentan terhadap serangan. Karena memakai RC4 dengan ukuran key nya yang kecil, dan administrasi key yang buruk, cracking software bisa membobol WEP dalam hitungan menit.

WPA dikembangkan sebagai solusi sementara atas banyaknya kekurangan dari WEP ini. Namun, WPA masih rentan sebab didasarkan pada stream cipher RC4; perbedaan utama antara WEP dan WPA yaitu WPA menambahkan protokol keamanan ekstra yang dikenal sebagai TKIP pada cipher RC4 tersebut. Tapi RC4 itu sendirinya begitu bermasalah sehingga Microsoft mendesak pengguna dan perusahaan untuk menonaktifkannya dan mengeluarkan update pada bulan November 2013 yang menyingkirkan RC4 dari Windows.

rumah telah menjadi terkenal meskipun banyak juga yang khawatir soal radiasi Cara Mengaktifkan WiFi di Router - Perbedaan WEP, WPA & WPA2

Tidak menyerupai pendahulunya, WPA2 memanfaatkan Advanced Encryption Standard (AES) dan CCMP, pengganti TKIP. AES begitu kondusif sehingga berpotensi mengambil jutaan tahun untuk serangan brute-force dari sebuah superkomputer untuk memecahkan enkripsi. Secara teoritis, passphrase dibentuk dengan algoritma AES yang sangat sulit untuk dibobol. Kebanyakan pengguna wifi kini cenderung memakai WPA2 demi keamanan jaringan nirkabel mereka.

Salah satu kelemahan dari WPA2 ini yaitu jumlah processing powernya yang diperlukan untuk melindungi jaringan Anda. Ini berarti diperlukan perangkat yang lebih canggih atau powerful sehingga sanggup mencegah penurunan kinerja jaringan dari tugas-tugas yang berat.

Selain itu, ada spekulasi yang didasarkan pada leaked dokumen National Security Agency (NSA) Edward Snowden, bahwa AES mempunyai setidaknya satu kelemahan: backdoor yang mungkin sengaja dibuat. Secara teoritis, backdoor tersebut akan memungkinkan pemerintah AS untuk mendapat susukan ke jaringan lebih mudah. Dengan enkripsi AES sebagai tulang punggung keamanan WPA2, keberadaan backdoor inilah penyebab keprihatinan bagi masyarakat luas.
Sumber http://elevenmillion.blogspot.com/

Related Posts