Menampilkan Data Terbesar Dengan Kondisi - Gasskeun Menampilkan Data Terbesar Dengan Kondisi | Gasskeun

Menampilkan Data Terbesar Dengan Kondisi

Rumus untuk menampilkan data paling besar yaitu memakai MAX, namun bagaimana bila kita mempunyai sederetan data atau mempunyai jumlah data yang banyak dan kita tampilkan data terbesarnya? Nah disini kita gunakan 2 buah rumus yaitu MAX dan IF dan menyerupai kita ketahui bersama bahwa rumus IF dipakai untuk mengetahui data dengan kondisi tertentu.

Oke contohnya saya mempunyai data menyerupai tabel berikut ini



Dari tabel diatas yaitu tabel sebelah kiri terdapat data nilai dimana nilai tersebut satu orang nama mempunyai 2 buah data nilai contohnya Salsabila ada yang nilainya 50 ada juga yang nilainya 75. Dan di tabel yang kedua sebelah kanan kita akan mencari nilai terbesar dari nama Salsabila yaitu bila ada dua nilai yang dimiliki oleh Salsabila antara 50 dan 75 maka yang akan ditampilkan pada tabel kedua sebelah kanan yaitu angka 75 alasannya yaitu 75>50.

Baca:
Rumus MAX untuk Mencari Nilai Tertinggi

Untuk menghasilkan angka terbesar dari masing-masing nama yang tercantum pada tabel kedua maka silakan tuliskan formula

=MAX(IF($C$3:$C$20=F3;$D$3:$D$20))

Kemudian Anda silakan tekal CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan dan sehabis Anda lakukan hal tersebut silakan drop and drag rumus tersebut kebawah dan hasilnya



Secara otomatis rumus tersebut menghasilkan nilai terbesar dari tabel sebelah kiri dan walaupun data yang dimiliki oleh masing-masing nama lebih dari 2 maka rumus tersebut akan tetap menampilkan nilai terbesar.

Demikian agar bermanfaat.


Related Posts