Biografi Taylor Swift — “The America’S Sweetheart” - Gasskeun Biografi Taylor Swift — “The America’S Sweetheart” | Gasskeun

Biografi Taylor Swift — “The America’S Sweetheart”


Taylor Alison Swift atau lebih sering dikenal dengan nama Taylor Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989 ialah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktris asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai “America’s Sweetheart”. Ia dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania, dari pasangan Andrea Finlay dan Scott Kingsley Swift. Neneknya dari pihak ibu, Marjorie Finlay ialah seorang penyanyi opera. Ia mempunyai seorang adik pria yang berjulukan Austin Swift.

Kemudian ia-pun pindah ke Nashville, Tennessee, pada usia 14 tahun untuk mengejar karier di musik country. Lalu ia menandatangani kontrak dengan label berjulukan Big Machine Records dan menjadi penulis lagu termuda yang pernah dipekerjakan oleh Sony/ATV Music publishing house. Perilisan dari self-titled debut album Swift pada tahun 2006 menjadikannya sebagai bintang musik country. Dari single ketiganya, "Our Song" menjadikannya sebagai orang termuda yang sendirian menulis dan menampilkan lagu nomor satu di Hot Country Songs chart. Sehingga mebawanya mendapatkan nominasi Best New Artist di Grammy Awards 2008.

Pada tahun 2008, album kedua Swift, yang diberi nama “Fearless”, dirilis . Dengan single andalan berjudul "Love Story" dan "You Belong with Me". Fearless menjadi album terlaris tahun 2009 di Amerika Serikat. Album ini membawa Swift memenangkan empat Grammy Awards. Selain itu, album ketiga dan keempat Swift, yaitu “Speak Now” di tahun 2010 dan “Red” di tahun 2012, keduanya telah terjual lebih dari satu juta kopi dalam ahad pertama rilis di AS. Di album “Speak Now” dengan salah satu single yang berjudul "Mean" memenangkan dua Grammy Awards, sementara single di album “Red” yang berjudul "We Are Never Ever Getting Back Together" dan "I Knew You Were Trouble" menjadi hits di seluruh dunia. Serta album kelima Swift, berjudul “1989”, yang dirilis pada tahun 2014 telah terjual lebih banyak semenjak awal perilisan dibandingkan dengan album-album lain selama 12 tahun terakhir, yang menciptakan Swift menjadi artis pertama dan satu-satunya yang mempunyai tiga album terjual lebih dari satu juta kopi di ahad pertama rilis. Sementara itu, singlenya yang berjudul "Shake It Off", "Blank Space", dan "Bad Blood" berhasil mencapai peringkat satu pada Billboard Hot 100.



Taylor Swift juga dikenal berkat narasi lagu yang ia buat menurut atas pengalaman pribadinya, sehingga pendengar sanggup mencicipi arti yang begitu dalam dan seakan-akan faktual dan kita sendiri yang mengalaminya. Prestasi lainnya yang telah Swift raih diantaranya, 7 Grammy Awards, 22 Billboard Music Awards, 11 Country Music Association Awards, 8 Academy of Country Music Awards, dan 1 Brit Awards.

Dia ialah salah satu best selling artists of all time, yang mana telah berhasil menjual lebih dari 40 juta album termasuk 27,1 juta di AS dan 130 juta download single. Swift juga menjadi tugas pendukung dalam beberapa film termasuk Valentine's Day (2010) dan The Giver (2014). Pada 2015, Swift menjadi perempuan termuda yang pernah dimasukkan dalam daftar Forbes "100 Most Powerful Women", dan berada di peringkat nomor 64. Ia juga termasuk sukses dalam out of the box, yang awalnya mengusung genre Country dan kini menjadi beralih ke genre Pop, yang semakin menciptakan dirinya populer dan menginspirasi banyak orang.

Related Posts