Cara Hard Reset / Factory Reset Semua Hp Samsung - Gasskeun Cara Hard Reset / Factory Reset Semua Hp Samsung | Gasskeun

Cara Hard Reset / Factory Reset Semua Hp Samsung

Hard reset atau factory reset pada smartphone Samsung dilakukan untuk mengganti semua konfigurasi ke pengaturan default / pabrik.
Dengan mereset ke kondisi awal, ponsel Samsung jadi terasa menyerupai gres beli.

Untuk mereset OS Android pada Samsung, kita dapat melaksanakan hard reset atau factory reset. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi aneka macam problem yang terjadi pada smartphone.

Hard reset atau factory reset pada smartphone Samsung dilakukan untuk mengganti semua konf  Cara Hard Reset / Factory Reset Semua HP Samsung

Berbagai permasalahan pada sistem operasi Android menyerupai gagal booting / bootloop, aplikasi pihak ketiga yang tidak dapat dihapus, smartphone lemot atau sekadar mengembalikan pengaturan ke kondisi semula agar kinerja ponsel lebih enteng.

Apa efek sampingnya? Seluruh data dan aplikasi yang ada pada smartphone akan terhapus secara permanen. Tidak dapat dikembalikan lagi.
Bisa dibilang, factory reset ini sama dengan install ulang sistem operasi di Android. Jadi, kita harus hati-hati untuk melaksanakan tindakan ini.

Pastikan data-data yang kita punya sudah dibackup ke daerah penyimpanan yang lebih kondusif menyerupai di harddisk laptop / komputer. Kalau ingin praktis, kita juga dapat memindahkannya ke Cloud Storage menyerupai Google Drive atau DropBox.

Ada bermacam-macam cara untuk melaksanakan factory reset, baik itu melalui sajian pengaturan Android “Backup and Reset”, menekan isyarat belakang layar pada dial pad perangkat atau melalui Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi secara bersamaan.

1. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Menu Pengaturan Android


Cara yang paling gampang untuk mereset HP Samsung tentu saja dengan mengatur konfigurasi di sajian pengaturan. Silakan simak panduan berikut:

Masuk ke sajian "Pengaturan / Settings / Setelan".

Scroll ke bawah, kemudian cari dan buka opsi "Backup and Reset".

Scroll ke bawah lagi dan ketuk "Factory Data Reset".

Ketuk opsi “Reset Device”.

Ketuk "OK/Yes" untuk mengunci opsi yang kau pilih.

HP Samsung akan melaksanakan restart otomatis. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 – 5 menit.

Tunggu hingga proses selesai.

2. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Dial Pad


Selain melalui sajian pengaturan, hard reset atau factory reset ponsel Samsung juga dapat dilakukan melalui papan telepon atau dial pad. Kita hanya perlu mengetikkan isyarat belakang layar Samsung, maka akan muncul aneka macam opsi yang dapat kita manfaatkan.

Silakan buka sajian Telepon (tempat untuk memasukkan nomor telepon).

Lalu tekan isyarat belakang layar Samsung *#*#7780#*#*, kemudian tekan tombol Panggil.

Akan muncul jendela untuk konfirmasi, silakan tekan “OK / Yes” untuk melanjutkan proses.

HP Samsung milikmu akan restart dengan sendirinya. Umumnya, proses ini berlangsung sekitar 2 – 5 menitan.

Tunggu hingga proses benar-benar selesai.

3. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Recovery Mode (CWM)


Sekadar informasi, Recovery Mode merupakan sajian yang tersedia pada smartphone untuk memberi saluran pengaturan khusus menyerupai menghapus partisi kedua memori, instal stock ROM, backup & restore dan melaksanakan hard reset / wipe data.

Dibanding dua cara sebelumnya, melaksanakan hard reset dengan cara ini mempunyai beberapa keunggulan. Salah satunya ialah sisa-sia file yang ada di smartphone hampir benar-benar bersih. Karena pada dasarnya, Recovery Mode ini dapat mereset sistem dengan cukup bersih.

Silakan lakukan beberapa cara berikut ini :

Matikan HP Samsung milikmu hingga benar-benar mati (tidak ada tampilan apapun).

Tekan tombol "Home + Volume Atas + Power" secara gotong royong hingga HP bergetar kemudian lepaskan.

Pilih sajian "Wipe Data / Factory Reset". Kamu dapat gunakan tombol Volume Atas / Bawah untuk menentukan sajian tersebut dan gunakan Tombol Power.

Pakai juga tombol volume bawah untuk menentukan opsi "Yes - Delete all user data" dan tekan tombol power untuk menetujui opsi yang dipilih.

Tunggulah beberapa ketika hingga proses reset data benar-benar selesai.

Setelah itu, pilih sajian "Reboot system now".

Sampai langkah ini, factory reset / hard reset HP Samsung dapat dikatakan selesai.

Catatan Penting!

Kalau kau termasuk yang awam mengenai permasalahan ini, jangan pernah coba untuk menentukan opsi / sajian lainnya. Ketidaktahuanmu mengenai fungsi dari opsi tersebut mungkin akan berakibat fatal sehingga terjadi crash, error dan permasalahan terkait sistem.

Dengan cara di atas, kita dapat mencoba reset HP Samsung dengan mudah. Berbagai tipe / model HP Samsung dapat memakai langkah-langkahnya, cukup sesuaikan saja dengan perangkatnya.

Ini beberapa pola saluran reset data HP Samsung :
  • Samsung Galaxy Ace Plus : Vol UP + Vol Down + Home.
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330 : Tombol Volume Bawah + Home + Power.
  • Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Fit dan Galaxy Gio : Tombol Home + Power.
  • Samsung Galaxy Tab 7 (P1000) / Galaxy Tab 7 Plus (P6200) : Tombol Volume Atas + Power.
  • Samsung Galaxy 551, Galaxy Pro : Tombol T + Power.
  • Samsung Galaxy Y (Young) CDMA : Non-aktifkan perangkat > Tekan Tombol Power ketika booting (logo Samsung muncul) > Tekan tombol Volume Atas.
Akhirnya kita berada di penghujung artikel. Tutorial hard reset atau factory reset HP Samsung kali ini mungkin dapat membantumu untuk mengatasi aneka macam permasalahan pada perangkat.

Dengan mereset data menyerupai pengaturan pabrik, kau dapat menikmati kembali smartphone layaknya gres beli (konfigurasi & sistemnya).

Selamat mencoba!
Sumber https://www.rambat.id/

Related Posts