Cara Menciptakan File .Txt Dengan Macro Vba - Gasskeun Cara Menciptakan File .Txt Dengan Macro Vba | Gasskeun

Cara Menciptakan File .Txt Dengan Macro Vba

Hallo sahabat Excel-ID usang tidak posting artikel wacana Excel, jadi sebelum aku memulai untuk menulis artikel ini aku mohon maaf sebab kesibukan di dunia Offline sehingga aku belum dapat posting artikel terbaru wacana Excel. Oia Excel-ID juga menggarap versi Youtube nya lho jadi bagi para pecinta tutorial Excel silakan Subscribe channel nya tentunya masih berafiliasi dengan seputar Excel dan Rumus serta Tips dan Triknya.

Oke pada kesempatan kali ini aku akan coba membahas bagaimana cara menciptakan sebuah file dengan extension .TXT alias file notepad tapi tidak usah membuaka file Notepad terlebih dahulu melainkan eksklusif melalui Excel dengan sedikit coding VBA tentunya.

Kenapa aku buatkan tutorial menyerupai ini? Oia ada beberapa email yang masuk dan maaf tidak aku sebutkan nama dan alamat emailnya namun dari isinya beliau menanyakan bagaimana seh caranya menciptakan sebuah file notepad kosong tanpa ada isinya? Jawabannya cukup simpel Anda hanya tinggal menambahkan sedikit coding memakai VBA, kemudian bagaimana caranya?

Oke, caranya yang pertama silakan buat file gres pada Ms. Excel Anda terserah mau versi berapapun mudah-mudahan dapat berjalan dengan normal coding yang akan aku buat pada goresan pena ini. Kalau aku memakai versi office 2010 kebetulan versi office ini berdasarkan aku paling ringan dan mudah.

Setelah Anda menciptakan file gres silakan buat satu buah module untuk menempatkan isi coding buat file txt tersebut. Dan aku kira untuk menciptakan modul sudah pernah aku bahas pada artikel sebelumnya.

Baca juga :
Cara Menambahkan dan Menghapus Module Macro VBA

Setelah itu silakan Anda tambahkan coding berikut ini pada module yang telah Anda buat

Sub BuatFile()
    Dim fso As Object
    Set fso = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")

    Dim Fileout As Object
    Set Fileout = fso.CreateTextFile("D:\FileSaya.txt", True, True)
    Fileout.Write "your string goes here"
    Fileout.Close
End Sub

Hasilnay akan menyerupai gambar berikut ini



Untuk SetFileOut silakan ganti alamat daerah penyimpanan file txt nya dan aku menyimpan file txt tersebut di drive D dengan nama file "FileSaya.txt"

Setelah itu Anda silakan panggil module1 yang telah dibentuk dapat memakai tombol ataupun dapat ditempatkan atau dipanggil saat file excel ini dibuka. Jika Anda memakai tombol pada worksheet caranya yaitu klik sajian Depelover kemudian insert Button dan arahkan ke module yang telah dibentuk tersebut. Kira-kira tampilannya harus sama menyerupai berikut ini


 Lalu silakan akhiri dengan klik tombol OK dan silakan coba klik tombol Button1 tersebut maka apa yang akan terjadi? Sebuah file txt kosong akan dibentuk pada drive D dan risikonya akan menyerupai berikut ini


Jreng.....
File yang ditunjukan oleh anak panah warna merah yaitu merupakan hasil dari coding yang telah Anda buat tadi. Cukup simpel bukan? Silakan kembangkan kembali coding tersebut dan selamat mencoba.



Related Posts