Cara Menciptakan Nomor Otomatis Jikalau Kolom Tertentu Berisi Data Dengan Rumus Counta - Gasskeun Cara Menciptakan Nomor Otomatis Jikalau Kolom Tertentu Berisi Data Dengan Rumus Counta | Gasskeun

Cara Menciptakan Nomor Otomatis Jikalau Kolom Tertentu Berisi Data Dengan Rumus Counta

Serba otomatis memang snagat penting bagi kita yang sedang dikejar deadline kenapa tidak jikalau ada yang lebih cepat dan otomatis kita masih gunakan cara manual. Cara manual kita lakukan jikalau kita tidak mengetahui caranya dan bagi Anda yang sedang mencari cara otomatis menciptakan nomor urut pada Ms. excel berarti Anda sanggup lanjutkan untuk membaca.

Cara menciptakan nomor otomatis disini maksudnya yaitu jikalau data yang kita tentukan berisi data maka nomor akan dibentuk secara urut namun jikalau tidak ada data alias kosong berarti nomor akan dilewat dan dilanjutkan dengan nomor berikutnya sesuai dengan data yang kita beri rumus tersebut.

Baca:
Cara Lain Membuat Nomor Otomatis Menggunakan Rumus

Baiklah berikut teladan sederhana bagaimana cara menciptakan nomor otomatis dengan memakai rumus COUNTA.


Coba perhatikan gambar data diatas jikalau kita perhatikan data yang sebelah kiri yaitu data yang mempunyai jumlah nama sebanyak 11 dan menghabiskan baris sejumlah 15 baris sedangkan data yang kedua pada tabel sebelah kanan terdapat data sebanyak 12 dengan jumlah baris yang sama yaitu 15. Disini berarti ada penambahan satu data yaitu dengan nama "DENA" dengan nomor urut 6 sedangkan pada data sebalah kiri nomor urut 6 yaitu dengan nama "ATIN PRAHITININGSIH".

Secara otomatis data nomor urut akan berubah secara beruruttan jikalau ada penambahan data pada tabel disebalah kanan tersebut. Untuk menciptakan nomor urut otomatis caranya cukup gampang silakan Anda tuliskan rumus pada kolom nomor atau tepatnya apda cell D2 dengan formula

=IF(E2<>"";COUNTA($E$2:E2);"")

Kemudian silakan tarik rumus tersebut ke bawah hingga kepada baris ke-5 sehingga akhirnya akan ibarat tabel diatas tersebut.

Dalam rumus diatas kita akan mengosongkan data jikalau di cell E2 tidak lebih atau tidak kurang dari "" artinya data kosong atau tidak diisi tetapi jikalau pada kolom E terdapat data maka akan dihitung nomor urut sesuai dengan data yang ada pada kolom E tersebut.

Demikian biar bermanfaat, jangan lupa meninggalkan komentar di bawah

Related Posts