Cara Memakai Freeze Panes Di Excel Biar Entri Data Lebih Gampang - Gasskeun Cara Memakai Freeze Panes Di Excel Biar Entri Data Lebih Gampang | Gasskeun

Cara Memakai Freeze Panes Di Excel Biar Entri Data Lebih Gampang

Entri data merupakan hal yang familier di Ms. Excel. Beberapa tahun terakhir yang saya alami ketika bekerja dengan memakai Ms. Excel tentu pernah bertemu dengan yang namanya pengolahan database. Biasanya pengolahan database ini membutuhkan waktu yang cukup usang dikarenakan ada beberapa entri data yang jumlahnya tidak sedikit.

Kenapa harus memakai Freeze Panes? 

Freeze Panes merupakan kemudahan yang tersedia di Ms. Excel yang dapat kita manfaatkan sebagai patokan scrool baik itu secara horizontal maupun vertikal. Freeze Panes sering dipakai para user atau pengguna Ms. Excel alasannya dianggap sangat membantu untuk melihat field yang ketika scrool kafe di gulung maka head Freeze Panes tersebut tidak akan ikut tergulung sehingga ini akan mempermudah bagi user dan tidak perlu mengingat ketika entri data dalam jumlah yang banyak. Untuk definisi saya kira Anda dapat mendefinisikan sendiri mengenai Freeze Panes alasannya mungkin pendefinisian akan berbeda namun secara fungsi akan sama.

Freeze Panes ada 3 jenis yang dapat dipakai oleh user pengguna Ms. Excel
  1. Freeze Panes berfungsi untuk melaksanakan freeze panes di area tertentu antara vertikal dan horizontal sesuai keinginan
  2. Freeze Top Row berfungsi untuk melaksanakan freeze panes pada baris teratas dari sheet.
  3. Freez First Column berfungsi untuk melaksanakan freeze panes pada kolom pertama dari sheet.
Masih banyak yang belum membahas mengenai bahan Freeze Panes Excel ini walaupun ternyata berbagai kegunaan atau manfaat yang dapat kita rasakan yang terang suatu ketika jikalau Anda selalu bekerja memakai jadwal aplikasi pengolahan data angka (Excel) ini tentu akan bertemu dengan kebutuhan memakai kemudahan Freeze Panes.

Bagaimana Cara Menggunakan Freeze Panes?

Cara memakai Freeze Panes tidaklah sulit sebelum Anda mencobanya memang tidaklah terbayangkan apalagi hanya membaca artikel ini saja tanpa Anda praktekan saya yakin Anda akan sulit sekali untuk memahaminya tetapi jikalau Anda sudah pernah mencobanya maka hal itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Menggunakan Freeze Panes tentunya sesuai dengan kebutuhan ibarat yang telah diuraikan diatas bahwa ada 3 jenis Freeze Panes yang dapat kita manfaatkan maka ketiga itulah yang dimaksud sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Cara Menggunakan Fungsi Freeze Panes
Untuk yang pertama Anda dapat lakukan kemudahan Freeze Panes dimana fungsi ini akan secara otomatis jikalau Anda pilih fungsi Freeze Panes maka akan memotong pilihan secara horizontal dan vertikal coba Anda perhatikan gambar dibawah ini


Anda silakan klik sajian View kemudian pilih Freeze Panes dan jangan lupa sebelum klik Freeze Panes anda harus menempatkan posisi pointer pada cell tertentu alasannya posisi  pointer akan memilih lokasi Freeze Panes contohnya saya meletakan posisi pointer pada cell C4 maka jadinya ialah freeze panes akan memotong dari atas mulai cell C1 hingga C3 dan dari kiri ke kanan yaitu posisi A3 hingga dengan C3 dan pada alamat posisi cell tersebut jikalau Anda melaksanakan scrool kebawah maupun ke kanan posisi cell tersebut tidak akan ikut tergulung mengikuti scroll bar.

Yang sering saya lakukan ialah jenis pertama dari fungsi Freeze Panes alasannya hal ini dapat kita custom sesuai kebutuhan dan berbeda dengan fungsi freeze panes yang kedua dan ketiga jikalau Anda memakai fungsi freeze panes yang kedua atau ketiga maka fungsi tersebut akan mencari posisi cell yang kosong biasanya hanya satu baris atau satu kolom saja.

Oke, kini Anda sudah mengetahui bagaimana fungsi Freeze Panes biar bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts