Fakta Menarik Mengenai Gunung Everest - Gasskeun Fakta Menarik Mengenai Gunung Everest | Gasskeun

Fakta Menarik Mengenai Gunung Everest

Bagi para pendaki sanggup mencapai suatu puncak gunung merupakan suatu kebahagian tersendiri alasannya sanggup berada di ketinggian yang belum tentu orang lain sanggup menggapainya.

Ngomongin gunung siapa sih yang tak tau gunung tertinggi di dunia? Sudah niscaya jawabanya Gunung Everest. Yupss Gunung Everest sanggup dibilang kiblatnya para pendaki gunung. Namun untuk sanggup berada dipuncaknya tentu tak gampang sob. Sebelum berpikiran untuk mendaki Gunung Everest mari simak fakta menarik perihal Gunung Everest
Foto: Ist
1. Gunung Paling Tinggi Di Dunia
Gunung Everest berada di lempeng Benua Asia. Pada bab Selatan berbatasan dengan Negara Nepal. Gunung Everest mempunyai ketinggian yakni 8.848 meter di atas permukaan bahari (mdpl) dengan ada sekitar 18 alternatif jalur pendakiannya.

Orang-orang Tibet menyebut Gunung Everest dengan sebutan Chomolungma yang mempunyai arti Mother Goddess of the Universe. Sedangkan Pemerintah Negara Nepal sebelumnya juga memberi nama Sagarmatha, yang sanggup diartikan sebagai Dewi Langit

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Pura Tertinggi Di Indonesia

2. Medan Menuju Puncak Begitu Berat
Oksigen terus menurun jika teman semakin tinggi dari permukaan laut, alasannya tekanan udara semakin rendah menciptakan oksigen lebih menyebar sehingga lebih sedikit. Para pendaki pun membutuhkan sumbangan tabung oksigen untuk sanggup mendaki ke puncak Everest.

Selain oksigen, tebing dengan jurang terjal berada di sisi kanan dan kiri. Serta suhu yang sanggup mencapai -80 derajat Fahrenheit.

Karena hal-hal diatas banyak pendaki meninggal dunia. Menurut laporan data dari Mahitala Unpar, semenjak tahun 1924 sampai 2017 ada sekitar 288 yang meninggal dunia di Everest. Tercatat 168  orang meninggal menuju puncak tanpa pemanis oksigen. Sebanyak 71 orang meninggal sehabis mencapai puncak Everest dan perjalanan turun. Kebanyakan mayatnya masih berada di gunung,

3. Persiapkan Mental dan Fisik
Seperti yang tadi di infokan, medan menuju puncak begitu berat. Maka dari itu persiapkan fisik, peralatan dan kebutuhan di gunung, pengetahuan soal gunung, sampai mental sebelum teman berangkat.

4. Bantuan Sherpa
Suku Sherpa yang tinggal di Nepal Barat biasanya akan membantu para pendaki. Karena orang-orang dari suku Sherpa telah terbiasa dengan ketinggian yang begitu ekstrem di Gunung Everest. Biasanya mereka membantu membawa peralatan pendakian dan memasak di camp.

5. Termasuk dalam Seven Summits Dunia 
Seven Summits merupakan rangkaian tujuh gunung tertinggi di tujuh lempeng benua. Tujuh gunung tersebut yaitu:

  • Gunung Carstensz Pyramid ketinggian 4.884 mdpl di Papua (lempeng Australasia)
  • Gunung Elbrus ketinggian 5.642 mdpl di Rusia (lempeng Eropa)
  • Gunung Kilimanjaro ketinggian 5.895 mdpl di Tanzania (lempeng Afrika)
  • Gunung Aconcagua ketinggian 6.962 mdpl di Argentina (lempeng Amerika Selatan)
  • Gunung Vinson Massif ketinggian 4.892 mdpl di Antartika (lempeng Antartika)
  • Gunung Denali ketinggian 6.190 mdpl di Alaska (lempeng Amerika Utara)
  • Gunung Everest ketinggian 8.848 mdpl di Nepal (lempeng Asia).
Baca Juga : 2 Mahasiswi Indonesia Berhasil Sampai Puncak Gunung Everest dan Mengibarkan Bendera Merah Putih.
Itulah beberapa fakta menarik mengenai gunung tertinggi di dunia yang admin sarikan dari aneka macam sumber

Related Posts